15 Tips Membuat Konten SEO Untuk Mendorong Blog ke Page 1 Google

Membuat konten SEO merupakan upaya untuk mendorong blog naik peringkat ke halaman 1 Google. Namanya juga usaha bisa berhasil bisa tidak. Namun apa salahnya kita berusaha? Jika sudah melakukan optimasi terbaik yakinlah hasilnya akan baik.

Pada postingan ini saya akan sharing cara menulis konten SEO untuk blog atau website. Tips ini berdasarkan penilaian konten SEO oleh plugin Rank Math. Jadi saya tidak mengada-ada agar kelihatan paham SEO. Sekadar berbagi saja sambil menerapkan teori SEO.

Apa itu SEO?

1 tips membuat konten seo

SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Ini merupakan sebuah proses mendapatkan lalu lintas gratis dari hasil pencarian pada mesin pencari. Inti dari SEO menurut panduanim.com adalah menjadikan website sebagai yang terbaik untuk kata kunci yang diinginkan.

Manfaat belajar SEO adalah agar mampu memenangkan persaingan di halaman pertama mesin pencari. Tujuannya bukan untuk bersaing, tetapi untuk mendatangkan lalu lintas gratis dari mesin pencari.

Jalan pintas bagi yang menginginkan kunjungan ke website tanpa SEO adalah memasang iklan. Periklanan yang tengah populer saat ini adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Tips Membuat Konten SEO Untuk Blog/ Website

Mengoptimasi website atau blog tidak terbatas pada konten saja. Ada banyak faktor yang perlu dipelajari lebih dalam lagi. Namun di sini saya akan fokus membahas cara membuat konten SEO.

1. Penempatan kata kunci yang baik

Dikutip dari Moz.com,┬ákata kunci adalah ide dan topik yang menentukan konten Anda. Dalam hal SEO, kata-kata dan frasa yang dimasukkan oleh pencari ke mesin pencari juga disebut “permintaan pencarian.”

Cara membuat konten seo

Google akan menampilkan konten relevan sesuai dengan permintaan pencarian. Sebagai pembuat konten, Anda tentu ingin kata kunci pada blog Anda relevan dengan apa yang dicari orang. Sehingga blog tampil di halaman pertama dan mereka memiliki peluang besar untuk mengunjungi situs Anda.

Baca juga: 5 Langkah Riset Kata Kunci Untuk Menulis Artikel yang Banyak Dicari

Nah di bawah ini ada 7 tips penempatan kata kunci dalam sebuah postingan.

1.1. Penempatan kata kunci pada judul

tips membuat konten seo

Letakkan kata kunci konten Anda pada judul artikel. Yang terbaik adalah simpan di awal. Namun jika tidak memungkinkan boleh disimpan pada 50% kata-kta pertama judul.

1.2. Penempatan kata kunci pada meta deskripsi

cara membuat konten seo

Contoh meta deskripsi wordpress (plugin Rankmath)

alt image cara membuat konten seo

Contoh meta deskripsi blogger

Selain pada judul, kata kunci juga harus disimpan pada meta deskripsi. Blog di blogger sudah ada kolom meta deskripsi di sebalah kanan. Sedangkan pada WordPress Anda perlu menginstall plugin SEO.

1.3. Menyimpan kata kunci pada URL

tips membuat artikel seo

URL konten blog Anda harus mengandung kata kunci. Tidak perlu semua kata dalam baris judul ditulis dalam URL. Cukup kata kuncinya saja.

1.4. Menempatkan kata kunci pada 10% pertama konten

tips membuat konten seo blog

Ada teori yang mengatakan simpan kata kunci pada awal paragraf pertama. Namun jika tidak memungkinkan, kata kunci harus Anda letakkan secara alami pada 10% pertama konten.

1.5. Menyebar kata kunci pada konten

Penyebaran kata kunci dalam membuat konten SEO tidak perlu berlebihan. Biarkan dia muncul dalam tulisan secara alami dan tetap enak dibaca.

1.6. Menyimpan kata kunci pada ALT gambar

alt cara membuat konten seo

Contoh alt image pada WordPress

Alt image pada blogger

Alt image pada blogger

Pada saat menambahkan gambar ke dalam postingan, simpan keyword pada atribut Alt. Dengan begitu gambar nantinya dapat muncul di hasil pencarian Google image.

1.7. Kata kunci terdapat pada sub heading

sub heading membuat konten seo

Penempatan keyword pada sub heading ini ada yang mengatakan penting ada juga tidak. Namun apabila artikel Anda memungkinkan adanya heading apa salahnya menyimpan keyword pada sub heading.

2. Panjang konten agar lebih SEO

Dikutip dari Rankmath, menurut penelitian bahwa panjang artikel SEO terbaik minimal 2.500 kata. Berikut ini tabelnya.

Panjang Kata Skor
Lebih dari 2500 100%
2000-2500 70%
1500-2000 60%
1000-1500 40%
600-1000 20%
Kurang dari 600 0%

Jika merujuk pada teori di atas, bahwa untuk membuat konten SEO panjang katanya minimal 2ooo. Namun ada pengecualian buat deskripsi produk toko online. Pada umumnya deskripsi produk toko online tidak sampai ribuan kata.

3. Membuat judul yang menarik

menulis judul menarik

Bisa tampil di halaman 1 Google tidak menjamin blog bakal ramai pengunjung. Orang akan mengeklik judul yang menarik bagi mereka. Jadi sebisa mungkin kita harus membuat judul mencolok dan membangkitkan minat.

Kalau diperhatikan, portal berita besar juga banyak bermain di kata-kata judul. Perhatikan juga judul-judul video Youtube, kalimatnya bikin penasaran. Itu sah saja asal kontennya juga sesuai dengan ‘harapan’ yang ditawarkan pada judul.

4. Panjang judul artikel SEO

Panjang judul artikel seo

Panjang judul artikel SEO terbatas hanya 60 karakter. Bukan kata ya, tapi karakter termasuk spasi antar huruf. Ini menjadi tantangan tersendiri, bagaimana membuat judul menarik dalam kata yang terbatas.

5. Sertakan angka pada judul

Pada konten tertentu, menyertakan angka dalam judul sangatlah penting. Walau bagaimana pun angkat dapat menambah perhatian pembaca. Coba bandingkan judul di bawah ini. Mana yang lebih menarik minat Anda?

angkat pada konten seo

6. Panjang URL SEO

panjang url artikel seo

Panjang URL artikel SEO menurut plugin Rankmath adalah sebanyak 75 karakter. Usahakan tidak lebih dari itu agar artikel blog lebih SEO.

7. Internal dan outbond link

Sertakan link internal dan outbond link yang relevan. Kedua link ini ternyata dapat meningkatkan peringkat SEO konten blog Anda.

8. Eksternal link nofollow

link ekternal no follow cara membuat konten seo

Add rel nofollow pada blog WordPress

 

link ekternal no follow cara membuat konten blog seo

Tambahkan tag rel nofollow pada tautan ke luar situs. Ini untuk memastikan ketika Google mengindeks situs Anda tidak mengikuti situs yang Anda tautkan.

9. Kepadatan kata kunci terbaik

Kata kunci harus tersebat secara alami dalam artikel. Kepadatannya berkisar antara 0,5-2% dari jumlah kata artikel. Misalnya, jika panjang artikel 100 kata maka keyword cukup 5 – (max) 20 kali muncul. Pengulangan keyword juga tidak baik, pertimbangkan untuk membuat pengulangan dengan persamaan kata.

10. Kata kunci tidak pernah dipakai pada pos sebelumnya

Sebaiknya hindari penggunaan kata kunci ganda di halaman atau pos situs Anda. Artinya keyword yang sudah digunakan pada pos sebelumnya tidak dibikin lagi di pos berikutnya.

10. Sertakan gambar atau video

Menurut beberapa studi menunjukkan fakta bahwa manusia mempertahankan:

  • 10 persen dari apa yang mereka BACA
  • 20 persen dari apa yang mereka DENGAR
  • 30 persen dari apa yang mereka LIHAT
  • 50 persen dari apa yang mereka LIHAT dan DENGAR
  • 70 persen dari apa yang mereka KATAKAN dan TULIS
  • 90 persen dari apa yang mereka lakukan

11. Kalimat pendek dan tidak rumit

Hindari pemakaian kalimat yang panjang. Gunakan kata-kata yang tidak rumit agar mudah dipahami. Kecuali untuk konten tertentu seperti pembahasan matematika, teknik sipil atau sastra.

12. Buat paragraf pendek

Buatlah paragraf yang pendek-pendek. Cukup beberapa baris saja per paragraf agar pembaca tidak jenuh. Untuk lolos skor Rankmath, pertahankan agar panjang paragraf tidak lebih dari 120 kata.

13. Buat daftar isi konten

Daftar isi sangat berguna bagi Anda yang membuat tulisan panjang. Tidak semua pembaca ingin menyimak halaman Anda. Miaslnya hanya butuh informasi tertentu saja. Nah untuk membantu mereka menavigasi postingan panjang perlu dibuatkan daftar isi.

Bagi pengguna WordPress dapat membuat daftar isi otomatis dalam postingan memakai plugin Easy Table of Contents.

14. Artikel enak dibaca

Pembaca tidak akan melihat seberapa SEO artikel yang dia baca. Tapi mereka akan merasakan seberapa enak tulisan tersebut dia baca. Saya sadar akan teori ini tapi belum bisa bikin artikel yang enak dibaca.

15. Artikel unik dan berkualitas

Artikel unik artinya tulisan beda dengan yang lain (bukan hasil copas). Sedangkan konten berkualitas menurut teorinya adalah konten yang membahas topik atau suatu masalah secara mendalam. Ini mudah disebutkan, tapi memang sulit dipraktekkan. Perlu latihan terus menerus agar tiasa membuat konten berkualitas.

Demikianlah 15 tips membuat konten SEO untuk blog dan website agar naik posisi ke halaman 1 Google. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika Anda memiliki pengalaman lain silakan sharing melalui komentar. Atau jika ada sesuatu yang salah dalam postingan ini silakan koreksi. Terima kasih.

Komentar Pembaca

Tinggalkan Balasan