5 Langkah Riset Kata Kunci Untuk Menulis Artikel yang Banyak Dicari

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan ide ketika mau nulis artikel blog? Sebelum mengetahui cara melakukan riset kata kunci saya juga sering mengalami hal yang sama.

Ternyata setelah melakukan riset kata kunci, ide itu seolah tidak ada habisnya. Ada ribuan ide untuk menulis artikel hanya dari 1 topik saja. Tinggal kitanya aja mau dan sanggup mengaplikasikan ide tersebut ke dalam konten blog.

Mau tahu cara melakukan riset kata kunci untuk bahan menulis artikel blog? Di sini saya akan 5 langkah praktis mencari ide kata kunci yang banyak dicari.

Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Pada dasarnya kebingungan membuat konten itu muncul kalau kita tidak tahu topik apa yang perlu ditulis. Topik terlalu luas sehingga bingung harus nulis apa dulu. Padahal, dari satu frasa atau kata kunci saja terdapat ribuan ide kata kunci. Dengan membahas topik “surat” saja misalnya, itu bisa jadi satu blog dengan ribuan konten.

Sayangnya kita tidak tahu kata kunci apa saja yang dicari orang dari topik “surat”. Nah, yang lebih tahu (Allah SWT) adalah mesin pencari karena dia yang diminta untuk mencari. Kalau bicara mesin pencari, kita bahas saja Google yang paling banyak digunakan.

Google punya data hasil pencarian. Dia tahu apa saja yang dicari orang, berapa volume pencarian bulanan dari topik tersebut. Google mempunyai tools gratis yang bernama Keyword Planner untuk kita gunakan. Jadi kita bisa menemukan ide kata kunci dari suatu topik dengan melakukan riset keyword pada tools tersebut.

Bagaimana caranya riset kata kunci di Google Keyword Planer?

Sangat sederhana. Ini sudah sering dibahas oleh para master di internet. Cara ini bukan rahasia, namun sayangnya kita jarang melakukan riset keyword sehingga suka bingung kalau mau nulis artikel di blog.

5 Langkah Riset Kata Kunci di Google Keyword Planer

Langkah I: Buka Google Ads

Langkah pertama silakan buka Google Ads. Kemudian login menggunakan akun gmail Anda. Pilih menu Fitur, lalu pilih Keyword Planer.

Bingung nulis artikel blog

Langkah II: Masukan 10 Frasa/ Kata Kunci

Misalnya saya masukkan 10 frasa/ kata kunci yang berhubungan dengan kata ‘surat’. FYI, memasukkan kata ke tools Keyword Planer ini maksimal hanya 10 kata/frasa. Jika sudah selesai, klik Dapatkan Hasil atau tekan Enter.

Bingung nulis artikel blog

Ini sebetulnya saya juga bingung. Dari topik surat, apa saja yang bisa dijadikan artikel blog. Makanya nulis asal saja yang penting berkaitan dengan surat.

Langkah III: Download Ide Kata Kunci

Setelah menemukan hasil ide kata kunci, lalu klik Download Ide Kata Kunci (dalam file Ms. Excel).

Bingung nulis artikel blog keyword planer

Lihat hasilnya. Hasil pencarian ide kata kunci untuk kata dan frasa surat angkanya sangat luar biasa. Total pencarian pada bulan terakhir (Maret 2019) menunjukkan angka 10.154.590. Dan 8.904.370 di antaranya menggunakan perangkat seluler.

Langkah IV: Urutkan Ide Kata Kunci

Buka file hasil download tersebut. Lalu urutkan ide kata kunci berdasarkan jumlah pencarian dari yang terbesar ke yang terkecil. Maksudnya agar kita mengetahui kata kunci apa yang paling banyak dicari di Google.

Klik ikon short & filter di sudut kanan atas Microsoft Excel. Pilih Custom Short.

cara riset kata kunci

Setelah ada munculan short. Pada tab short by pilih colomn C yaitu kolom volume pencarian bulanan. Short on isi dengan values dan pada tab Order pilih Largest to Smallest. Klik OK.

Langkah riset kata kunci

Setelah mempunyai daftar kata kunci maka kita tidak akan bingung lagi harus nulis apa. Tinggal menulis artikel sesuai urutan hasil penelitian ide kata kunci tadi. Dari mulai yang paling banyak dicari hingga yang paling sedikit.

Jadi 1 blog itu sebetulnya bisa diisi hanya dengan membahas 1 topik saja. Tidak perlu khawatir kehabisan ide menulis. Dengan melakukan riset terhadap kata kunci akan membantu Anda menemukan ide.

Langkah V: Sortir Ide Kata Kunci

Langkah terakhir adalah menyortir ide kata kunci. Hapus ide kata kunci yang tidak memungkinkan untuk ditulis. Simpan hasil riset kata kunci tersebut untuk acuan Anda menulis artikel di blog.

Itu hanya contoh saja. Anda tidak perlu membahas tentang surat, sesuaikan saja dengan passion Anda sendiri. Lebih tertarik membuat konten apa?

Setelah mempunyai daftar ide kata kunci, selanjutnya Anda tinggal mencari bahan untuk menulis artikel. Bahan-bahannya bisa dicari lewat internet atau dari perpustakaan.

Cara mudah mencari bahan di internet yaitu masukkan saja kata kuncinya di Google. Kalau ada waktu, baca 10 artikel di halaman pertama Google untuk memperkaya wawasan. Kemudian wawasan yang sudah Anda dapatkan tuangkan ke dalam artikel yang lebih baik dari yang lain.

Setelah ini, saya kira Anda perlu membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul 15 Tips Membuat Konten SEO Untuk Mendorong Blog ke Page 1 Google.

Demikian, semoga 5 langkah praktis riset kata kunci ini dapat membantu Anda menemukan ide menulis artikel. Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Sampai jumpa pada postingan berikutnya!

Tinggalkan Balasan