WordPress Peringkat 1 CMS Terpopuler di Dunia, Lihat Urutan Blogger

Data dari dua sumber yang saya baca menunjukkan bahwa WordPress menempati peringkat 1 sebagai CMS terpopuler di dunia. Sedangkan posisi Blogger.com berada jauh di bawahnya.

Dua situs yang menunjukkan WordPress sebagai peringkat 1 CMS terpopuler dunia adalah sebagai berikut.

1. Grapik CMS terpopuler dari laman Capterra

Dari laman Capterra.com diperoleh data tentang peringkat CMS terpopuler. Dari semua CMS, Capterra menunjukkan bahwa WordPress memiliki 8.042 review dengan rating bintang 4. Jumlah review tersebut merupakan yang terbanyak di antara CMS lainnya.

Ini menunjukkan bahwa pengguna WordPress merasa cukup puas dengan kualitas WordPress.

CMS terpopuler dunia

Sumber: Capterra.com diambil pada 16 April 2019

Masih dari laman Capterra, skor market WordPress juga menempati ranking 1. Angka-angka jumlah customer, user dan sosial media WordPress paling besar di antaranya. Perbedaannya pun sangat jauh. Total skor market WordPress 99, disusul Squarespace 88, Wix 73, Joomla 69.

CMS terpopuler dunia 2

Sumber: Capterra.com diambil pada 16 April 2019

Posisi Blogger pada grafik di atas tidak muncul. Lalu urutan ke berapa Blogger? Mari kita lihat tabel Top In CMS Usage Distribution in the Top 1 Million Sites dari situs Builtwith.

2. Tabel CMS erpopuler dari Builtwith

Coba perhatikan tabel di bawah ini. Laman trends.builtwith.com menunjukkan data yang sama dengan Capterra. WordPress menempati urutan teratas.

CMS terpopuler dunia 2

Sumber builtwith.com diambil pada 16 April 2019

Dari data builtwith kita bisa melihat jumlah website pengguna WordPress mencapai 320.714 atau sekitar 32.07%. Disusul Drupal sebanyak 31.748 atau sebanyak 3.17%.

Baca juga: 7 Langkah Membuat Website Sendiri Dengan WordPress +1 Cara Kilat

Blogger.com hanya menempati urutan ke 8 dengan website sebanyak 7.959 atau sekitar 0.8%.

Apakah grafik dan tabel CMS terpopuler di atas membuktikan bahwa Blogger.com kualitasnya jelek?

Tidak! Tidak sama sekali.

Data di atas hanya menunjukkan popularitas CMS berdasarkan jumlah website/ blog dan review pengguna. Blogger.com tetap menjadi solusi terbaik untuk siapa pun. Tidak benar informasi yang beredar bahwa blogger hanya untuk pemula dan tidak bisa sukses.

Coba Anda buka laman ainamulyana.blogspot.com.

Itu merupakan blog pendidikan yang dibuat di blogger dengan domain dan template gratisan. Tetapi kalau saya buka siang hari pengunjung onlinenya mencapai 1.500 lebih. Saya tidak bisa menduga-duga berapa penghasilannya dari AdSense. Namun yang jelas, itu semua diperolehnya dari blog gratis di blogger.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger + 5 Free Template

Namun setidaknya data tadi memberikan gambaran pada kita bahwa website yang menggunakan WordPress sangat banyak. Tertarik mau buat website dengan CMS WordPress? silakan buka laman Bukasitus.co.id sebagai penyedia jasa pembuatan website WordPress profesional dan murah.

Tinggalkan Balasan