Home / Blogging / Untung Rugi Menggunakan Satu Hosting Untuk Beberapa Blog

Untung Rugi Menggunakan Satu Hosting Untuk Beberapa Blog

Satu server untuk beberapa blog memiliki keuntungan dan kerugian yang harus dipahami sejak awal supaya nantinya kita tidak menyesal menghostingkan beberapa blog dalam server yang sama.

Dalam blog self hosting, kualitas server sangat mempengaruhi kecepatan loading blog. Kemampuan dan fasilitas hosting dalam satu server biasanya berbeda-beda, tergantung paket webhosting yang dipilih. Begitu juga dengan bandwidth, ada yang dibatasi ada pula yang unlimited atau tidak terbatas.

Untung Rugi Menggunakan Satu Hosting Untuk Beberapa Blog
Untung Rugi Menggunakan Satu Hosting Untuk Beberapa Blogting

Jenis hosting yang sering digunakan oleh (mayoritas) blogger Indonesia saat ini adalah share hosting. Namun tidak sedikit, blogger Indonesia yang memilik cloud hosting dan vps hosting, karena kedua jenis hosting ini dinilai lebih baik dari share hosting.

Kelebihan cloud hosting dan vps hosting dibanding share hosting diantaranya adalah akses blog lebih cepat karena hosting tersebut hanya dibagi-bagi dengan pengguna lain, tidak beresiko disuspend oleh provider, resiko down sangat kecil, dan lain-lain.

Namun masalahnya, harga cloud hosting dan vps hosting masih tergolong mahal. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena saat ini telah hadir MetroWorldHost.com, yaitu provider webhosting dalam negeri sebagai solusi vps murah untuk Blogger Indonesia.

Kualitas hosting MetroWorldHost.com ini tidak diragukan lagi, jangankan paket VPS, paket share hosting pun sangat memuaskan. Blog ini juga menggunakan share hosting paket Tier X di Metro World Host.  Loadingnya cepat dan belum pernah down.

Silakan baca juga : Kabar Gembira! MetroWorldHost.com Membuka Program Sponsorship Untuk Blogger Indonesia

Kelebihan dan kekurangan menyimpan beberapa blog dalam satu hosting

Kelebihan:

Kelebihan atau keuntungan menggunakan satu hosting untuk beberapa blog, antara lain:

  • Hemat biaya karena cukup menyewa 1 paket hosting untuk beberapa domain.
  • Efektif mengecek server down atau tidak. Maksudnya, untuk mengetahui apakah web/blog bisa diakses cukup membuka satu blog saja, tidak perlu dites satu per satu. Jika satu blog lancar, maka yang lainpun dipastikan lancar.
  • Tidak banyak password. Cukup satu username dan satu password untuk login ke memberarea dan cPanel untuk beberapa blog. Jika ada username dan password blog yang lupa bisa diganti dari satu cPanel. Jadi kemungkinan lupa password dan tidak bisa login sangat kecil.

Kekurangan:

Selain memiliki kelebihan, menggunakan satu hosting untuk beberapa blog juga memiliki kelemahan atau kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

  • Menempatkan beberapa blog dalam satu hosting resikonya jika server down, maka semua blog tersebut tidak bisa diakses sampai server kembali normal.
  • Jika ada salah satu blog trafiknya sedang tinggi, maka kemungkinan blog lainnya yang bertrafik rendah akan kena imbasnya, misalnya loading menjadi lambat atau out of memory, dan gangguan lainnya.
  • Jika ada blog yang diserang hecker, maka blog lainnya bisa terserang juga.

Itulah untung rugi menggunakan satu hosting untuk beberapa blog sekaligus. Silakan pertimbangkan, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *