Tips Mengganti Template Agar Trafik Tidak Anjlok

Posted on

Mengganti template blog dengan template baru biasanya dapat memberi semangat baru bagi si pemilik blog. Saya sendiri merasakan hal tersebut. Namun kalau keseringan gonta-ganti template, justru malah tidak bagus. Trafik biasanya anjlok drastis. Jadi, gantilah template jika memang dianggap perlu.

Penyebab trafik anjlok setelah ganti template biasanya karena sejumlah faktor. Di antaranya kualitas template baru tidak lebih baik dari template sebelumnya, struktur kode tempate berbeda sehingga mesin pencari menemukan sesuatu yang berbeda di blog kita dan mengakibatkan posisi blog di mesin pencari turun. Turunnya posisi blog di SERP ini jelas akan mengakibatkan jumlah visitor berkurang.

Setelah mengetahui beberapa penyabab trafik blog tiba-tiba turun drastis setelah ganti template, maka kita akan sedikit lebih mudah menemukan formula atau tips mengganti template agar trafik tidak anjlok.

Berikut adalah tips mengganti template agar trafik tidak anjlok:

1. Template baru harus lebih baik dari template sebelumnya

Usahakan mengganti template blog dengan kualitas template yang lebih baik, terutama dari segi SEO dan kecepatannya. Harga mahal dan banyak fitur tidak menjaman sebuah template itu bagus.

2. Copy paste meta tag ke template baru

Setiap template sudah pasti memiliki struktur kode yang berbeda sehingga dapat mengakibatkan ‘kebingungan’ pada mesin pencari. Solusinya copy paste meta tag dari template lama ke template baru. Meskipun tidak menyelamatkan trafik secara utuh, namun berdasarkan pengalaman pribadi, cara ini lumayan ampuh untuk mempertahankan jumlah trafik agar tidak turun secara drastis.

Tips Mengganti Template Agar Trafik Tidak Anjlok

Dari gambar di atas dapat Anda lihat bahwa tanggal 7-9 September visitor tiba-tiba turun. Hal ini disebabkan karena tanggal 6 saya ganti template (blog yang satunya lagi). Tanggal 10 September pengunjung naik lagi karena saya meng-copy paste meta tag dari template lama ke template baru. Alhamdulillah, trafik 90% kembali normal namun agak susah untuk naik lagi.

3. Update konten

Teori ini saya peroleh dari beberapa master, sebelum mengganti template sebaiknya siapkan beberapa artikel untuk selama kurang lebih 7 hari ke depan. Usahakan posting artikel setelah ganti template meningkat minimal 2 kali lipat dari sebelumnya. Misalnya jika sebelumnya posting 1 artikel per hari, maka setelah ganti template usahakan posting lebih dari 2 artkel per hari agar pengunjung tetap stabil.

Apakah normal jika trafik tiba-tiba turun drastis setelah ganti template? saya kira normal-normal saja. Teman-teman tak usah panik. Kalau Anda tanya berapa lama trafik akan kembali normal? saya tidak bisa memastikan. Dengan mencoba tips di atas, trafik blog saya sendiri bisa normal dalam 3 hari.

Itulah 3 tips mengganti template agar pengunjung tidak turun drastis, semoga bermanfaat. Jika Anda punya tambahan atau pengalaman menarik setelah ganti template, silakan share di kolom komentar. Terima kasih.

Husni Cahya Gumilar
Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 thoughts on “Tips Mengganti Template Agar Trafik Tidak Anjlok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *