Home / Pendidikan / Tips Mengajar untuk Guru Baru agar Disukai Murid

Tips Mengajar untuk Guru Baru agar Disukai Murid

Tips Mengajar untuk Guru Baru agar Disukai Murid – Mengajar di depan kelas merupakan aktifitas yang menyenangkan. Ketika sedang mengajar kita bisa melihat wajah polos anak-anak, kita juga bisa melupakan masalah yang sedang dihadapi.

Namun, kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan kadang menjadi beban tersendiri bagi guru baru. Hal serupa pasti pernah dialami oleh guru-guru senior.

Nah, agar kegiatan mengajar yang menyenangkan itu benar-benar Anda nikmati, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara mengajar untuk guru baru agar disukai siswa.

tips mengajar untuk guru baru

Tips Mengajar untuk Guru Baru agar Disukai Murid

Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak tips berikut ini:

#1. Persiapan Mengajar

Tips mengajar yang pertama adalah melakukan persiapan mengajar, misalnya dengan membuat rencana pembelajaran. Dalam rencana pembelajaran dicantumkan dengan jelas metode mengajar apa yang akan digunakan di kelas, media apa yang diperagakan dan sebagainya.

Tahukan Anda? bahwa sebelum mengajar di depan kelas, guru senior juga selalu melakukan persiapan mengajar. Bahkan persiapannya lebih matang dan hat-hati.

#2. Bertanya pada Guru Senior

Tips kedua, jangan malu bertanya. Sebagai guru baru di sekolah, Anda harus pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, pandai-pandailah membangun komunikasi yang baik dengan guru lainnya.

Jangan sungkan untuk bertanya atau konsultasi dengan guru senior bagaimana cara mengajar yang baik dan disukai siswa. Tidak ada salahnya jika Anda juga minta guru senior, teman sejawat atau Kepala Sekolah untuk melihat langsung cara Anda mengajar. Mintalah masukkan pada mereka.

#3. Melihat Cara Guru Lain Mengajar

Tips ketika, sekali-kali Anda bisa mengamati guru lain mengajar, baik guru senior yang disukai siswa maupun sesama guru baru, kemudian perhatikan respon siswa terhadap guru tersebut.

Dari hasil pengamatan tersebut, Anda bisa mengambil pelajaran mana cara mengajar yang disukai siswa dan mana cara mengajar yang kurang baik. Hasil pengamatan cara guru lain mengajar bukan untuk bahan diskusi, tetapi menjadi bahan renungan Anda sendiri.

#4. Tidak Merasa Berkuasa di Kelas

Agar Anda menjadi guru baru yang disukai murid, hindari merasa paling berkuasa di depan kelas. Perlakukan murid-murid dengan baik dan hormat, karena meskipun masih kanak-kanak, mereka mempunyai penilaian terhadap orang lain.

Jika murid-murid menganggap Anda diktator atau guru galak, maka Anda akan kesulitan menyampaikan materi pelajaran karena mereka tidak bisa menerima Anda dengan baik.

Itulah 4 tips mengajar untuk guru baru yang bisa saya share, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga 2 Tips Nyeleneh untuk Menghentikan Kebiasaan Mencontek Pada Anak. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *