Home / Traveling / Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan

Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan

Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan – Di Indonesia terdiri atas dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Mendaki gunung baik di musim kemarau maupun di musim hujan memiliki tantangan yang berbeda.

Tantangan mendaki gunung di musim kemarau antara lain kesulitan mendapat air di atas puncak, cuaca panas atau terjebak kebakaran hutan. Sedangkan tantangan mendaki di musim hujan biasanya adalah udara terlalu dingin, jalur pendakian licin, ancaman badai dan petir, pemandangan tertutup kabut, dan lain-lain.

tips mendaki gunung musim hujan

Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan

Jika di musim hujan ini Anda punya rencana mendaki gunung, tidak ada salahnya jika menyimak tips mendaki gunung di musim hujan berikut ini.

#1. Persiapan fisik dan mental

Mendaki gunung memang memerlukan ketahanan fisik dan mental, dan mendaki gunung di musim hujan diperlukan ketahanan fisik dan mental yang lebih matang, karena kondisi alam di musim hujan lebih ekstrem dari biasanya. Persiapkan fisik dan mental sebelum mendaki gunung di musim hujan agar pendakian berjalan lancar.

#2. Perlengkapan mendaki gunung

Selain peralatan dan perlengkapan mendaki yang biasa dipakai, perlengkapan yang tidak boleh ketinggalan saat mendaki gunung di musim hujan adalah:

  • Jaket
  • Rain coat (jas hujan)
  • Flysheet / ponco
  • Tenda berteras
  • Kanebo/ spon
  • Trash bag / kantong plastik

Pisahkan dan bungkus perlengkapan berdasarkan fungsinya, misalnya peralatan mandi, bahan bakanan, pakaian ganti, lalu bungkus lagi dengan plastik besar (plastik ikan/trasbag).

#3. Memilih waktu pendakian

Waktu mendaki gunung di musim hujan adalah pagi hari, karena biasanya hujan turun siang atau sore hari. Agar tidak kehujanan di perjalanan, Anda bisa memanfaatkan waktu pagi untuk ngetrip dan usahakan sampai di puncak sebelum hujan. Dengan demikian Anda tidak akan basah kuyup dan leluasa memilih tempat yang aman dan nyaman untuk mendirikan tenda.

#4. Memilih tempat mendirikan tenda

Jika ingin mendirikan tenda di puncak gunung saat musim hujan, sebaiknya tidak tepat di atas puncak yang terbuka agar terhindar dari bahaya badai dan tidak tepat di bawah pohon agar terhindar dari sambaran petir. Tempat yang paling aman untuk camp di musim hujan adalah di areal pos pendakian.

Itulah tips mendaki gunung di musim hujan yang bisa saya share di sini, semoga informasi ini bermanfaat. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *