Home / Blogging / Temukan Ide-Ide Baru di Themeforest

Temukan Ide-Ide Baru di Themeforest

Themeforest.net tidak sekadar menyediakan ribuan template premium kelas kakap dengan harga tinggi, namun banyak inspirasi yang bisa digali di dalamnya.

Themeforest juga bisa bikin galau, ibarat kita bawa uang pas-pasan pergi ke mall, dari rumah mau beli celana pendek, sudah masuk ke mall malah beli underwear. Artinya kita bisa tertarik dengan template untuk fungsi tertentu yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Contohnya saya sendiri, membuka themeforest karena mau nyari template magazine, tapi malah tertarik dengan template listing, direktori, jobboard, booking, dll.

Saya coba menggabungkan fitur-fitur dari 4 template, sehingga tampilannya jadi berbeda. Akhirnya jadilah desain seperti gambar di bawah ini, kombinasi dari beberapa template (termasuk traveloka di bagian footer).

desain web pencari alamat

Untuk membuat website mirip ini, mirip itu, Anda tinggal nyari templatenya di themeforest atau di situs-situs pembuat template. Hampir dipastikan tersedia.

Tapi kalau websitenya mau dikembangkan menjadi website besar dan bonafid, ada baiknya membuat website dengan php. Lebih ringan dan bisa disetting sesuai keinginan.

Silakan baca: Kode Script/ CMS/ Bahasa Program yang Digunakan Traveloka, Utiket dan Situs Booking Lainnya

Tapi kalau sekadar website pribadi atau website kecil yang tidak kinerjanya tidak terlalu kompleks dan visitornya tidak sampai ratusan ribu per hari, membuat website dengan CMS opensource pun sudah lebih dari cukup. CMS yang populer saat ini adalah WordPress.org, Joomla dan Drupal. Anda bisa pilih salah satu.

Meskipun menghabiskan banyak waktu, sampai beberapa hari tidak posting artikel di blog dan menghabiskan paket internet, namun banyak ide dan ilmu baru yang saya peroleh setelah ‘berkelana’ di themeforest. Seperti konsep-konsep membuat website atau aplikasi berbasis web yang belum ada atau persaingannya belum ketat.

Contoh ide sederhana yang (sudah ada) bisa dikembangkan adalah membuat website marketplace rental mobil dengan WordPress, membuat website listing properti dengan CMS WordPress, membuat website freelancer, membuat website booking hotel, website iklan seperti olx dan sebagainya.

Modalnya hanya sewa hosting, beli domain dan beli template.

Stock barang dan kontent kita serahkan kepada user untuk mengisinya. Namun ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, cukup berkeringat untuk memiliki website yang punya ribuan member seperti olx, rumah123, go-jek atau yang lainnya.

Namun begitu, peluang bisnis internet terbuka untuk siapa saja. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *