Home / Tips & Trik / Syarat dan Cara Mengganti Kartu ATM yang Hilang Atau Rusak

Syarat dan Cara Mengganti Kartu ATM yang Hilang Atau Rusak

Kartu ATM hilang atau rusak? Jangan panik, segera urus persyaratannya dan ganti dengan kartu ATM yang baru ke bank tempat Anda menabung.

Kartu ATM memang cukup rawan hilang atau rusak, karena kartu ATM hampir seperti KTP yang selalu dibawa dalam dompet ke manapun kita pergi. Bahan material kartu ATM juga bukan dari bahan kertas yang dilaminating, sehingga mudah patah dan tergores.

Juga tidak menutup kemungkinan kita lupa naruh kartu ATM atau dompet kita jatuh sehingga kartu ATM ikut hilang bersama dompet. Untuk menghindari penyalah gunaan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, sebaiknya segera urus persyaratan untuk mengganti kartu ATM yang hilang dengan kartu ATM baru.

Cara Mengganti Kartu ATM yang hilang atau rusak

Meskipun menyalahgunakan kartu ATM orang lain tidak mudah karena diproteksi oleh PIN, namun alangkah baiknya kartu ATM yang hilang segera diganti agar Anda tidak merasa waswas dan bisa bertransksi menggunakan kartu ATM seperti biasanya.

Baca juga: Syarat dan Cara Membuat Kartu ATM Bank BRI

Syarat Mengganti Kartu ATM yang Hilang atau Rusak

Syarat mengganti kartu ATM rusak adalah:

  • Kartu ATM yang rusak
  • Buku Tabungan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Syarat mengganti kartu ATM yang hilang adalah:

  • Surat Keterangan dari Kepolisian tempat kehilangan kartu ATM
  • Buku Tabungan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Cara Mengganti Kartu ATM yang Hilang atau Rusak

Setelah persyaratan tadi dilengkapi, silakan datang ke kantor bank tempat Anda membuat kartu ATM. Kemdian mintalah nomor antri. Satpam bank biasanya akan menyambut kedatangan nasabah sambil bertanya, “Ada yang bisa dibantu Pak/ Bu?”. Nah, silakan sampaikan maksud untuk mengganti kartu ATM karena hilang atau rusak.

Satpam akan memberikan arahan ke meja mana Anda harus antri. Ikuti arahan satpam bank tersebut sampai proses pengurusan kartu ATM yang hilang atau rusak selesai. Kalau persyaratannya lengkap, proses penggantian kartu ATM akibat hilang atau rusak bisa ditunggu.

Biaya mengurus Kartu ATM yang hilang atau rusak

Biaya mengganti kartu ATM hilang atau rusak berbeda di masing-masing bank, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Tarif maksimal ganti kartu ATM biasanya Rp. 25.000,- bisa dibayar tunai atau potong saldo dari rekening Anda.

Demikianlah syarat dan cara mengurus kartu ATM yang hilang atau rusak agar diganti dengan kartu ATM baru, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *