Home / BPJS / Solusi Jika Kartu BPJS Hilang atau Rusak

Solusi Jika Kartu BPJS Hilang atau Rusak

Solusi Jika Kartu BPJS Hilang atau Rusak – Kartu BPJS ini tidak seperti KTP yang sering dibawa kemana-mana dan selalu ada dalam dompet, kartu BPJS biasanya disimpan di rumah. Namun meskipun jarang dibawa, tidak menutup kemungkinan kartu BPJS hilang atau rusak.

ini solusi jika kartu bpjs hilang atau rusak

Bagaimana jika kartu BPJS hilang atau rusak?

Jika kartu BPJS hilang atau rusak, Anda tidak perlu panik. Jika kartu BPJS hilang, solusinya adalah segera membuat surat kehilangan ke kantor polisi terdekat lalu bawa surat kehilangan tersebut beserta foto copy KTP dan kartu keluarga ke kantor BPJS terdekat. Pihak BPJS akan mengganti kartu BPJS Anda yang hilang dengan kartu BPJS yang baru.

Sedangkan jika kartu BPJS rusak, solusinya bawa kartu BPJS yang rusak tersebut ke kantor BPJS terdekat, maka kartu BPJS Anda yang rusak tadi akan diganti dengan kartu yang baru. Jika Anda mempunyai E-id BPJS, itu juga bisa digunakan untuk berobat ke rumah sakit menggunakan BPJS tanpa harus punya kartu BPJS.

Bagaimana, solusi kartu BPJS hilang dan rusak sangat mudah bukan?

Nomor kartu BPJS dan tanggal pendaftaran BPJS Anda (baca persyaratan dan cara daftar BPJS kesehatan) disimpan di kantor BPJS dan server BPJS, jadi siapapun tidak bisa memalsukan kartu BPJS, dan bagi yang memalsukan kartu BPJS bisa diancam hukuman pidana.

Nah, agar kartu BPJS tidak hilang, lupa naruh atau rusak, Anda harus menyimpannya di tempat yang aman jangan disimpan sembarangan. Karena kartu BPJS digunakan sebagai bukti bahwa Anda terdaftar menjadi peserta jaminan kesehatan nasional.

Itulah cara mengurus kartu BPJS yang hilang atau rusak, semoga informasi ini bermanfaat. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *