Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Blogging / Semangat Ngeblog Down? Coba Simak Tips Ini

Semangat Ngeblog Down? Coba Simak Tips Ini

Semangat ngeblog adalah salah satu modal utama untuk meraih sukses di dunia blogging. Tanpa semangat dan tekad yang kuat, kita akan sulit meraih sukses. Dalam hal apapun. Namun yang namanya manusia, tidak bisa tetap dalam satu keadaan. Ada kalanya semangat ngeblog menggebu-gebu sampai lupa makan, lupa mandi, lupa tidur dan lupa hutang, he… Ada juga kalanya males ngeblog, kalau sedang males-malesnya, jangankan posting, buka blog pun males banget.

Saya sendiri sering merasakan semangat ngeblog tiba-tiba down. Kalau sudah down, butuh waktu buat bangkit lagi. Kali ini saya akan share tips mengembalikan semangat ngeblog kalau sedang down. Namun sebelum itu, kita cari tahu dulu apa penyebab malas ngeblog?

Penyebab Malas Ngeblog

Penyebab malas ngeblog bagi setiap blogger bisa saja berbeda, oleh karena itu pembahasa tentang malas ngeblog akan lebih subjektif, tergantung pengalamannya masing-masing. Berikut ini penyebab malas ngeblog versi saya sendiri.

1. Bosan

Blogging adalah rutinitas di mana kita terus membaca, berpikir dan menulis. Rasa bosan bisa saja hinggap, sehingga semangat ngeblog tiba-tiba down.

2. Kehabisan ide

Kemampuan manusia sangat terbatas, begitu pula dalam hal kreatifitas menulis. Ketika inspirasi sudah meredup, semangat ngeblog mulai turun.

3. Ada kesibukan di dunia nyata

Sebagai makhluk sosial, kita tidak mungkin bisa lepas dari aktifitas dunia nyata. Kalau semangat ngeblog sedang on, tiba-tiba ada hal yang harus diselesaikan di dunia nyata dan butuh waktu berhari-hari, saya sendiri agak malas untuk mulai blogging lagi.

4. Visitor turun

Visitor blog sangat berpengaruh terhadap semangat ngeblog. Kalau grafiknya setiap hari terus naik, biasanya semangat blogging pun ikut naik. Begitu juga sebaliknya, kalau tiba-tiba turun semangatpun ikut terjun.

5. Penghasilan online turun

Selain hobi, blogging kini sudah menjadi lapangan usaha. Nah, biasanya kalau penghasilan dari blog kita menurun, semangat pun ikut menurun.

Dan lain-lain, kalau Anda punya tambahan atau pengalaman pribadi silakan ikut berbagi di kolom komentar.

Cara mengembalikan semangat ngeblog
Source: Goole image

Tips Mengembalikan Semangat Ngeblog

Bagaimana cara mengembalikan semangat ngeblog kalau sedang down?

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Pilih niche yang sesuai passion

Seseorang biasanya cenderung ‘gembira’ melakukan sesuatu kalau sesuai passion atau hobinya. Jadi sebisa mungkin, selain mengikuti minat pembaca, Anda juga membahas konten yang sesuai dengan passion.

2. Ngeblog secara rutin

Atur waktu ngeblog sedemikian rupa, misalnya dibuat jadwal ngeblog. Sehingga ketika sedang malas pun, Anda terikat oleh jadwal yang Anda buat sendiri.

3. Banyak silaturahmi dan bergaul

Ngeblog sendirian itu memang cukup membosankan, terlebih jika di kampung tak ada teman sharing. Cobalah jalin silaturahmi dengan blogger lain melalui blogwalking, bertukar komentar, aktif di forum-forum diskusi atau group media sosial, komunitas blogger, kopdar, dll. Dengan cara begitu, blogger bisa saling support satu sama lain.

4. Pelajari ilmu-ilmu baru

Jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah diperoleh hari ini. Terus kembangkan dan pelajari ilmu-ilmu baru, karena semakin banyak tahu maka kita akan semakin penasaran untuk lebih tahu lagi. Blogging cukup menyenangkan jika kita sudah tahu banyak hal tentang hal-hal yang berkaitan dengan blogging itu sendiri.

5. Rayakan keberhasilan

Keberhasilan dimaksud dalam hal ini misalnya, ketika visitor naik, ketika earning adsense naik atau ketika dapat job review, dan sebagainya. Merayakan keberhasilan tidak harus pesta, bisa dengan makan malam bersama keluarga atau jalan-jalan ke tempat wisata dekat rumah. Selain refreshing, juga bisa mencari ide buat menulis artikel.

Demikianlah tips mengembalikan semangat ngeblog yang telah down, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

2 comments

  1. moch fadhil

    banyak silaturahmi bagus tuh kang
    salam blogger garut kang, hehe

    • Husni Cahya Gumilar

      Silaturahmi itu banyak pahalanya dan bisa membuka pintu rezeki, he
      Salam kang! Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*