Home / Ilmu Sipil / Rumus 4: Cara Menghitung Kebutuhan Batu Untuk Jalan Telford

Rumus 4: Cara Menghitung Kebutuhan Batu Untuk Jalan Telford

Rumus 4: Cara menghitung kebutuhan batu untuk jalan telford – Pembangunan jalan telford sedikit berbeda dengan pembangunan jalan telasah. Perbedaannya terletak pada pemasangan batu, pemasangan batu telasah bagian runcingnya ke bawah sedangkan pemasangan batu pada jalan telford bagian runcingnya di atas permukaan jalan. Namun keduanya mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk pengerasan jalan sebelum dirabat beton atau aspal.

Baca juga : Rumus 2: Cara Menghitung Jumlah Semen Untuk Jalan Rabat Beton

Dalam hal pengadaan bahan, ada rumus khusus cara menghitung kebutuhan batu untuk jalan telford. Tujuan rumus ini adalah untuk menghitung volume batu yang perlu disediakan untuk menjadi lapisan batu utama pada jalan telford.

cara menghitung kebutuhan batu untuk jalan telford

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Untuk Jalan Telford

Volume kebutuhan batu untuk jalan telford dapat dihitung dengan mudah menggunakan rumus di bawah ini:

Jumlah batu (M3) = tebal lapisan batu x lebar perkerasan x panjang jalan x faktor loss

Keterangan :

Tebal lapisan batu dan lebar harus dalam satuan meter, tidak boleh centimeter. Begitupun dengan satuan panjang harus meter, tidak boleh kilometer. Jika satuan tebal dalam centimeter dan panjang dalam hitunagan kilometer, maka satuannya harus dikonversi terlebih dahulu ke satuan meter.

Faktor loss adalah faktor kehilangan akibat bongkar muat, proses pemecahan batu, batu yang disusun rapi tidak makan tempat sebanyak batu yang masih acak-acakan, hanyut terbawa hujang atau berkurang akibat terbawa pulang tidak sengaja.

Faktor loss ini disepakati sebesar 1,3 untuk batu gunung maupun batu kali. Khusus untuk jalan telford, batu harus dipecahkan agar memiliki minimal tiga bidang pecah karena batu bulat tidak akan saling mengikat.

Contoh soal :

Pembangunan jalan telford dengan lapisan batu utama 15/20 dan lebar perkerasan 3,00 meter akan dipasang sepanjang 3,2 kilometer. Berapa kebutuhan batu yang harus disediakan?

Kebutuhan batu adalah 0,20 meter x 3,00 meter x 3200 meter x 1,3 = 2,496 M3.

Demikian penjelasan rumus 4 tentang cara menghitung kebutuhan batu untuk jalan telford. Semoga berguna. Terima kasih.

Baca juga : Rumus 3 : Cara menghitung prosentase kemiringan tanjakan jalan

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *