Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Ilmu Sipil / Rumus 3: Cara Menghitung Prosentase Kemiringan Tanjakan Jalan

Rumus 3: Cara Menghitung Prosentase Kemiringan Tanjakan Jalan

Rumus 3: Cara Menghitung Prosentase Kemiringan Tanjakan Jalan – Melanjutkan pembahasan rumus 7 sebelumnya tentang cara menghitung kebutuhan semen untuk rabat beton dan cara mengukur debit air, sekarang saya akan membahas sedikit tentang cara menghitung prosentase kemiringan tanjakan jalan dalam persen.

Menghitung sudut kemiringan tanjakan jalan sebetulnya sederhana, karena menghitung prosentase kemiringan tanjakan jalan adalah rasio beda tinggi dengan jarak datar (horisontal). Yang harus diperhatikan adalah jarak horisontal akan lebih pendek daripada jarak mengikuti permukaan jalan.

Selisih panjangnya dianggap nol untuk kemiringan di bawah 12%, 1% untuk tanjakan di bawah 20%, 2% untuk tanjakan 25% dan 3% untuk tanjakan 30%.

Cara Menghitung Prosentase Kemiringan Tanjakan Jalan

cara menghitung kemiringan tanjakan jalan dalam persen

Tidak perlu khawatir salah perhitungan, kalau dihitung dengan perkiraan 21% tetapi mendapat hasil kurang lebih 18%, menggantikan faktor pengurangan dari 2% menjadi 1% – hasil tidak akan jauh berbeda.

Tanjakan dalam persen adalah beda tinggi dibagi jarak horisontal x 100%.

Contoh soal:

Jika panjang horisontal (datar) adalah 82 meter, beda tinggi 6,25 meter maka kemiringan tanjakan adalah 6,25 / 82 x 100% = 7,6%.

Itulah pembahasan singkat tentang cara menghitung prosentase kemiringan jalan berdasarkan rumus 7, semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : Rumus 1 : Cara Mengukur Debit Air dengan Alat Sederhana

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*