Home / Pendidikan / Raida Jabar 2017, Kontingen Banjarwangi Siap Bersaing atau Tenggelam?

Raida Jabar 2017, Kontingen Banjarwangi Siap Bersaing atau Tenggelam?

Raida Jabar 2017 sudah di depan mata. Selama 7 hari, mulai 7 – 14 November 2017, sekitar 15 ribu anggota Gerakan Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dari Kwartir Ranting se-Jawa Barat akan bertemu dalam perkemahan besar di Kiara Payung Camp., Kabupaten Sumedang.

Untuk dapat bergabung dengan belasan ribu anggota Gerakan Pramuka se Kwartir Daerah Jawa Barat dalam perkemahan Raimuna memang tidak mudah. Sebelum ditetapkan menjadi peserta Raida Jabar 2017, Penegak dan Pandega harus melewati proses yang cukup panjang. Mulai dari seleksi di tingkat pangkalan, seleksi tingkat ranting, registrasi online, latihan-latihan hingga menyiapkan perlengkapan pribadi dan umpi untuk perkemahan selama 7 hari.

Sejak proses awal; fisik dan mental mereka diuji karena menghadapi Raida Jabar 2017 yang mengusung slogan “Bersaing atau Tenggelam” dengan jadwal kegiatan begitu padat tidak cukup hanya mengandalkan nyali. Harus didukung skill agar tidak tenggelam di arena bersaing.

Kontingen Banjarwangi siap Bersaing atau Tenggelam?

Raida Jabar 2017 Banjarwangi

Raimuna Daerah Jawa Barat XIII Tahun 2017 ini menjadi Raida paling istimewa bagi Kwartir Ranting Banjarwangi Cabang Garut. Bagaimana tidak, Kwartir Ranting Banjarwangi di bawah komando Kak Wawan Rusnawan, S.Pd., M.Pd., akan mengirimkan kontingen sebanyak 2 umpi. 1 umpi putra dan 1 umpi putri, dengan jumlah anggota masing-masing 10 orang. 20 orang Penegak ini berasal dari 4 sekolah di Kecamatan Banjarwangi, yaitu SMA Nusa Bangsa, SMK Insan Mandiri, MA Al-Intishar dan SMA Banjarwangi 1.

Berikut ini nama peserta Raida Jabar 2017 kontingen Banjarwangi:

Umpi Putra

  1. Irfan Maulana
  2. Asep Kamaludin
  3. Muhammad Mamduh
  4. Taufiqurahman
  5. Anggi
  6. Aris Febrian
  7. Pesa Jamika Putra
  8. Ajang Jejen Hidayat
  9. Ajid
  10. Asep Maulana

Umpi Putri

  1. Rika Malia
  2. Sri Mulyani
  3. Siti Aisyah
  4. Islah
  5. Nurlia
  6. April Yani
  7. Suci Nurwulandari
  8. Silvi Nurazijah
  9. Ira
  10. Hilda

Sebelum seleksi tingkat ranting, Kwarran Banjarwangi telah menyebar informasi dan undangan ke setiap pangkalan di Kecamatan Banjarwangi. Sehingga penetapan kontingen Banjarwangi untuk Raida Jabar 2017 dilakukan secara selektif dan terbuka. Sebuah proses yang luar biasa.

Kwarran Banjarwangi, mulai dari Ketua sampai kontingen telah sepakat mengusung slogan “Oyagkeun Raida Jabar 2017”. Artinya, untuk menjawab slogan Raida Jabar 2017 “Bersaing atau Tenggelam”, sikap Kwarran Banjarwangi jelas, “BERSAING”.

Tekad Kwarran Banjarwangi untuk bersaing di Raida Jabar 2017 bukan sekadar omong kosong. Motto Kwarran Banjarwangi, “Teuneung Ludeung Tandang Makalangan di Raida Jabar 2017” juga bukan basa-basi. Sudah dijawab dengan bukti. 1 peserta putra dari Banjarwangi, Taufiqurahman terpilih sebagai Jajaka mewakili Kwarcab Garut untuk bersaing dengan jajaka dari Kwarcab se Jawa Barat dalam ajang Scout Challenge di Raimuna Daerah Jawa Barat XIII.

Tidak mau kalah oleh putra, Penegak putri Kwarran Banjarwangi, Suci Nurwulandari terpilih menjadi perwakilan Kontingen Cabang Garut dalam ajang Jawara Race. Yaitu lomba ketangkasan dan ketangguhan fisik yang kegiatannya disebut-sebut mirip “Benteng Takesi”.

Raida Jabar 2017

Selain Taufiqurahman dan Suci Nurwulandari yang mewakili Koncab Garut dalam lomba bergengsi di Raida Jabar 2017, Kwarran Banjarwangi juga akan menampilkan konstruksi tenda konvensional 2 tingkat. Inovasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan dan ikon Kwarran Banjarwangi, tetapi menjadi kebanggan Kwarcab Garut. Waka Bina Muda Kwarcab Garut, Kak Ade Hendarsah di sela-sela kunjungannya ke Buper Pawitra pada acara Jambore dan Raimuna Ranting Banjarwangi (29/8) mengatakan, “Sepanjang ikut kegiatan Pramuka, saya baru melihat tenda dua tingkat. Ini yang saya bilang Pramuka Kekinian. Inovatif, hebat!”.

Tenda Raida Jabar 2017

Pernyataan Kak Ade memang benar. Untuk membuktikannya silakan Kakak cari di Google dengan kata kunci “tenda 2 tingkat”, tidak ditemukan artikel dan gambar tenda Pramuka dua tingkat selain milik Banjarwangi.

Pesan Untuk Peserta Raida Jabar 2017 Kontingen Banjarwangi

Ketua Kwarran Banjarwangi, Kak Wawan Rusnawan telah berpesan, “Silakan berekspresi, Banjarwangi harus selalu terdepan dan tidak boleh merasa rendah diri. Kita sama-sama Pramuka”. Kode keras dari Kak Wawan, bahwa Pramuka Banjarwangi hanya punya satu pilihan, “BERSAING”.

Banjarwangi Raida Jabar 2017

Sebagai Pramuka mania Banjarwangi, secara pribadi saya juga ingin berpesan pada Kakak-Kakak Penegak Banjarwangi.

Kakak sudah memutuskan untuk bersaing di Raida Jabar 2017. Sekali melangkah maka pantang balik kanan dengan risiko apapun karena menyerah adalah sebuah pengkhianatan. Beratnya proses yang telah dan masih akan Kakak jalani tak pernah boleh meruntuhkan tekadmu, Kakak telah memilih maju maka tumbuhkan keyakinan dan kobarkan semangat untuk mendidihkan darah yang mengalir di urat nadi.

Belajarlah walau lelah, berlatihlah walau letih. Di pundak Kakak ada ratusan keinginan Penegak Banjarwangi yang tak sampai menuju Raida Jabar 2017. Berangkatlah dengan niat yang lurus, tak boleh merasa rendah diri atau paling gagah. Kakak harus jadi juara tapi tak pernah boleh jumawa.

Melalui tulisan ini, saya juga sangat berterima kasih kepada Ketua dan jajaran pengurus Kwarran Banjarwangi yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk ikut belajar dalam proses persiapan menuju Raimuna Daerah Jawa Barat 2017. Saya mendapat pengalaman dan ilmu berharga dari kakak-kakak Pembina dan Penegak Banjarwangi yang punya semangat luar biasa.

Kak Wawan, Kak Atep, Kak Cecep Mulyana, Kak Utun, Kak Ende, Kak Heru, Kak Intan, Kak Ega, Kak Abdal Syukur, Kak Yokeu, Kak Agit dan Kak Asep jasa kakak-kakak abadi.

#OyagkeunRaidaJabar2017

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *