Home / Komputer / Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected dengan Mudah

Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected dengan Mudah

Penyebab dan cara memperbaiki flashdisk write protected dengan mudah– Apakah Anda pernah mengalami kejadian tidak bisa menyimpan file di flashdisk? Tentu bikin jengkel, bukan?

Nah, sekarang saya akan berbagi cara memperbaiki flashdisk yang write protected, agar jika flasdisk Anda tidak bisa digunakan untuk menyimpan file apapun, Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Sebelum lanjut ke pembahasan cara memperbaiki flashdisk write protected, sebaiknya kita mengetahui dulu apa saja flashdisk write protected.

penyebab dan cara memperbaiki flashdisk write protected

Penyebab flashdisk write protected

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan flashdisk write protected, di antaranya:

  • Flashdisk tersebut punya switch write protection.

Silakan cek apakah flashdisk yang Anda gunakan menggunakan tombol seperti ini atau tidak? Jika ada switch, coba pindahkan posisi switchnya lalu coba lagi simpan file ke flashdisk tersebut.

  • Sengaja dikunci dengan aplikasi tertentu.

Bisa saja flashdisk sengaja dikunci menggunakan aplikasi, tujuannya agar flashdisk aman dari perubahan karena tidak bisa diisi.

  • Terkena virus

Penyebab flashdisk write protected bisa juga karena terkena virus yang mampu mengunci flash disk, dengan demikian kita akan kesulitan menghapus virus tersebut.

  • Cara pemakaian yang salah

Kesalahan yang sering terjadi adalah melepas atau mencabut flasdisk dari port USD ketika file masih dibaca oleh sistem komputer. Akibat fatal dari mencabut flasdisk tanpa menekan tombol Safely Remove Hardware and Eject Media adalah flashdisk menjadi write protected atau bisa rusak total dan tidak bisa digunakan lagi.

Jika masih melakukan kebiasaan di atas, Anda bisa menghindarinya supaya terhindar dari resiko flashdisk write protected atau kerusakan total.

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang write protected adalah:

  1. Lakukan pengecekan apakah flashdisk dilengkapi dengan switch untuk mengaktifkan mode write protected atau tidak. Jika ada, pindahkan posisi switchnya.
  2. Coba bersihkan flashdisk dari virus dengan antivirus versi terbaru, karena ada virus yang menyebabkan flashdisk terkunci.
  3. Jangan biarkan flashdisk dalam kondisi penuh. Flashdisk yang penuh bisa saja mengakibatkan flasdisk menjadi write protected.
  4. Pastikan yang write protected adalah flashdisk-nya bukan file atau folder. Jika yang terkunci file atau folder, coba klik kanan pada nama filenya -> properties, lalu hilangkan centang pada opsi Read Only.
  5. Jika cara semua cara sudah dilakukan, tapi flashdisk masih tetap terkunci. Coba perbaiki dengan tool diskpart.exe yang merupakan tool bawaan Windows untuk mengelola partisi.

Caranya :

    • Masuk ke Command Prompt. Ketik ‘cmd’ di search tombol start.
    • Setelah muncul jendela Command Prompt. Ketik ‘diskpart’ lalu tekan Enter. Lalu ketik lagi ‘list disk’. Diskpart akan menampilkan semua disk yang terhubung dengan status online. Pilih disk yang bermasalah tadi dengan mengetik ‘select disk n’. Ganti ‘n’ dengan nomor disk seperti yang ada dalam list. Kalau sudah muncul ‘Disk n is now the selected disk.’? silakan ketik ‘attributes disk clear readonly’ lalu tekan tombol enter.
    • Untuk keluar dari diskpart dan cmd, ketik ‘exit’.
  1. Jika dengan tool diskpart tidak juga bisa memperbaiki flashdisk write protected, coba dengan utak-atik registry. Caranya ketik regedit pada search start lalu tekan enter.
    • Setelah regedit.exe terbuka, silakan masuk ke:
      1. HKEY_LOCAL_MACHINE
      2. SYSTEM
      3. CurrentControlSet
      4. Control
      5. StorageDevicePolicies
    • Silakan amati apakah key StorageDevicePolicies ini ada atau tidak. Jika tidak ada, Anda bisa buat sendiri dengan klik kanan pada Control, New, Key. Masukkan key tadi. Lalu di dalamnya buat DWORD value dan beri nama WriteProtect. Klik kanan pada WriteProtect, Modify, set nilainya menjadi ‘0’
    • Jika key StorageDevicePolicies sudah ada, ubah nilai WriteProtect di StorageDevicePolicies itu bernilai ‘0’ untuk menghilangkan proteksi penulisan terhadap flashdisk Anda.
    • Tutup Regedit, lepaskan flashdisk lalu coba lagi.

Itulah penyebab dan cara memperbaiki flashdisk write protected dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa, baca juga Cara Memperbaiki Hardisk Rusak, Corrupt atau Tidak Terbaca. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *