Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Bisnis / Pengertian COD, Inilah Definisi COD yang Sebenarnya

Pengertian COD, Inilah Definisi COD yang Sebenarnya

Pengertian COD – Isitlah COD sudah sangat populer di kalangan pebisnis online, bahkan kalangan masyarakat umum pun sering mendengar kata COD.

pengertian cod

Apakah COD itu?

COD adalah singkatan dari cash on delivery. Yaitu fasilitas layanan ekstra yang diberikan penjual kepada calon pembeli/ konsumen dalam melakukan transaksi jual beli dan pembayaran produk barang/jasa.

Pengertian COD yang sebenarnya adalah pemilik barang atau yang mewakilinya mengantarkan barang dagangannya ke alamat yang diberikan oleh konsumen. Misalnya ke rumah atau ke tempat kerja konsumen.

Contoh:

Saya seorang penjual produk sepatu dan memasang iklan di toko online, kemudian saya mencantumkan bahwa saya siap COD.

Maka ketika Anda tertarik membeli sepatu yang saya tawarkan, saya atau orang suruhan saya harus bersedia mengantar ke alamat Anda untuk menyerahkan sepatu tersebut sekaligus menerima pembayaran di tempat Anda.

Namun, pada kenyataanya sering terjadi kesalah pahaman mengenai pengertian COD. Pemahaman salah sebagian orang selama ini, COD sering diartikan ‘ketemuan’ antara penjual dan pembeli.

Ketemuan dengan mengantar itu beda.

Kalau ketemuan bisa dilakukan di mana saja, misalnya di tengah-tengah antara jarak kantor penjual dan rumah pembeli. Misalnya penjual di Jakarta, pembeli di Garut, bisa ketemuan di Bandung untuk melakukan transaksi jual beli.

Sedangkan mengantar, berarti si penjual akan mengantar barang ke alamat si pembeli, baik ke rumah atau ke tempat kerja di pembeli. Namun tidak menutup kemungkinan, si pembeli memberi alamat bukan alamat rumah atau alamat kantor, melainkan alamat untuk ketemuan.

Keuntungan membeli produk online dengan sistem COD

  • Sistem COD ini memberikan beberapa keuntungan bagi kedua belah pihak, diantaranya:
  • Pembeli tidak akan merasa tertipu dengan produk yang dibelinya.
  • Pembeli bisa memeriksa barang terlebih dahulu sebelum dibayar.
  • Apabila terdapat cacat atau tidak sesuai pesanan, pembeli bisa langsung komplen ke penjual.

Itulah definisi atau pengertian COD yang sebenarnya. Selalu hati-hati dalam membeli produk online, gunakan rekening bersama agar transaksi lebih terjamin. Semoga informasi ini bermanfaat.

Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*