Home / Lifestyle / Pengertian CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX

Pengertian CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX

Pengertian CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX – Kata-kata gaul ini sering kita lihat di media sosial atau di forum-forum diskusi.

Kata CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX merupakan akronim dalam bahasa Inggris. Orang Indonesia kadang tidak memahami pengertian CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX sebenarnya, sehingga penempatan kata-kata gaul tersebut kurang tepat.

Meskipun CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX tidak penting-penting amat untuk dibahas, namun tidak ada salahnya kita tahu pengertiannya agar tidak salah kaprah dalam menggunakannya sehingga tidak jadi bahan tertawaan orang lain.

pengertian cmiiw, oot, lol, otw, hoax

Pengertian CMIIW

CMIIW adalah kata gaul dari bahasa Inggris yang merupakan kepanjangan dari correct me if I’m wrong. Kenapa I am wrong, tidak I wrong? Karena wrong merupakan adverbs atau kata sifat. Dalam bahasa Indonesia, CMIIW berarti betulkan jika saya salah. CMIIW biasanya ditulis setelah kita menulis komentar opini atau pendapat.

Contoh:

Menurut saya untuk menjadi orang sukses itu tidak harus punya ijazah, tapi orang-orang yang punya ijazah punya peluang besar untuk jadi orang sukses. CMIIW

Pengertian OOT

OOT adalah kepanjangan dari out of topic, artinya keluar dari pembahasan. Misalnya dalam sebuah obrolan tentang cara menghasilkan uang dari internet, tiba-tiba Anda memberikan komentar atau pertanyaan tentang jualan baju di pasar. Nah komentar Anda itu biasanya akan ditandai OOT.

Pengertian OTW

OTW adalah singkatan dari on the way. Dalam bahasa Indonesia artinya sedang di jalan atau sedang dalam perjalanan.

Misalnya:

Anda : Dimana bro? cepat udah telat nih!

Saya : OTW bro. Sebentar lagi sampai.

Pengertian LOL

LOL merupakan akronim dari lough out loud, artinya tertawa terbahak-bahak. stilah LOL berasal dari Usenet dan menjadi elemen umum bahasa gaul Internet.

Contoh:

Sis A: Aduh sis, kemarin saya salah masuk ke kamar ganti cowo.
Sis B: LOL…

Pengetian HOAX

Hoax sendiri bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti sendiri. Ada sumber yang menyebutkan bahwa hoax berasal dari sebuah film drama Amerika 2006 yang dibuat berdasarkan buku dengan judul “The Hoax” oleh Clifford Irving. Karena cerita film tersebut kebanyakan bohong, maka istilah hoax pun menjadi sering digunakan untuk sesuatu hal yang palsu atau bohong.
Menurut wikipedia, hoax berarti  :

“Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.”

Hoax dalam kamus oxford adalah :

Pronunciation:

/həʊks/

noun

a humorous or malicious deception:

the evidence had been planted as part of an elaborate hoax

[as modifier] :

a hoax 999 call

verb

[with object]

trick or deceive (someone)

Origins:

late 18th century (as a verb): probably a contraction of  hocus

Itulah pengertian CMIIW, OOT, OTW, LOL dan HOAX, semoga bermanfaat. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *