Home / Ilmu Sipil / Pemanfaatan Kayu Kelapa untuk Bahan Bangunan dan Furniture

Pemanfaatan Kayu Kelapa untuk Bahan Bangunan dan Furniture

Pemanfaatan Kayu Kelapa untuk Bahan Bangunan dan Furniture – Kayu kelapa sering disebut juga glugu. Minat masyarakat Indonesia terhadap kayu kelapa cukup besar, sehingga kayu ini termasuk jenis kayu yang cukup laris dipasaran.

Silakan baca: Inilah Jenis-Jenis Kayu yang Cepat Laku di Pasaran

Kayu kelapa biasanya tumbuh baik di dataran rendah dan udara panas, seperti di daerah pesisir pantai.

Di Indonesia, kebutuhan atau permintaan pasar terhadap jenis kayu kelapa ini sangatlah besar, sehingga kayu ini menjadi salah satu jenis kayu komersial yang banyak dicari dan diperjual-belikan.

Kayu kelapa dikenal sebagai jenis kayu yang bagus untuk bahan bangunan, karena kayu ini dikenal cukup kuat dan awet. Dari dulu, masyarakat Indonesia sering menggunakan kayu kelapa untuk membuat kuda-kuda (rangka) dan tiang atau pilar pada sebuah bangunan.

pemanfaatan kayu kelapa untuk bahan bangunan dan furniture

Selain kuat dan awet, kayu kelapa sering digunakan untuk bahan bangunan karena kayu ini pada umumnya kayu kelapa berukuran panjang, lurus tanpa ada bengkok. Jadi sangat cocok jika digunakan untuk membuat kuda-kuda atau pilar sebuah bangunan seperti rumah atau gudang yang membutuhkan tipe material yang panjang.

Pemanfaatkan kayu kelapa juga tidak terbatas pada pembuatan kuda-kuda dan pilar saja, namun dewsa ini kayu kelapa sering digunakan untuk bahan pembuatan aneka macam handycraft, furniture dan mebel.

Baca juga: 5 Jenis Kayu yang Baik Untuk Bahan Furniture

Kayu kelapa memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya. Ciri khas kayu kelapa ada pada pori-pori dan serat kayunya. Pori-pori yang tampak besar dan serat yang tampak jelas berjajar rapi membuat tampilan furniture kayu kelapa serasa membawa nuasa baru tidak seperti pakem furniture pada umumnya.

Futniture kayu kelapa terkesan lebih nyentrik dengan tampilan pori-pori dan serat yang tampak besar dan berjajar rapi.

Kayu kelapa juga sering diolah untuk membuat aneka produk bernilai seni tinggi, seperti digunakan sebagai bahan baku untuk membuat gazebo dan lantai kayu (parket).

Lantai kayu dari bahan kayu kelapa dibutuhkan perlakuan khusus, karena serat kayu kelapa cukup kasar. Jika tidak menggunakan teknik khusus bisa melukai kaki saat kita berjalan di atasnya.

Selain menghasilkan kualitas kayu yang baik untuk bahan bangunan rumah atau gedung, kelapa juga menghasilkan buah yang sering digunakan untuk bumbu masak dan pembuatan es kelapa muda, daunnya juga bisa digunakan untuk pembuatan sapu lidi. Jadi pohon kelapa ini memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Demikianlah pemanfaatan kayu kelapa untuk bahan bangunan dan furniture, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *