Home / Bisnis / Peluang Usaha Jasa Pengetikan, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Peluang Usaha Jasa Pengetikan, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Peluang usaha jasa pengetikan – Bagi Anda yang memiliki banyak menghabiskan waktu senggang di rumah, ada baiknya memanfaatkan waktu luang tersebut untuk menghasilkan uang tambahan. Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba, salah satunya adalah membuka usaha jasa pengetikan.

Modal usaha jasa pengetikan ini cukup dengan 1 unit komputer, 1 unit printer ditambah sejumlah kertas dan stock tinta printer yang nilai modalnya relatif kecil. Harga komputer dan printer sendiri memang agak mahal, tapi kalau peralatan tersebut sudah ada di rumah, Anda tinggal memasang banner terima jasa pengetikan & print out di depan rumah.

peluang usaha jasa pengetikan

Langkah memulai usaha jasa pengetikan di rumah

  1. Untuk memulai usaha jasa pengetikan di rumah, langkah pertama adalah mempersiapkan 1 unit komputer dan 1 unit printer lengkap dengan stock tintanya serta kertas F4, A4 dan Letter, masing-masing cukup 1 rim dulu.
  2. Buatlah banner ukuran 1 x 1 m di depan rumah Anda yang berisi terima jasa pengetikan, print out, service komputer dan jasa lainnya yang berhubungan dengan jasa pengetikan.
  3. Memasang stiker di tempat-tempat strategis di sekitar rumah Anda.
  4. Selain melayani jasa pengetikan offline di rumah, Anda juga bisa menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia dengan cara melayani jasa pengetikan online. Tawarkan jasa Anda melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Toko Online atau Forum-Forum Jual Beli Online.

Catatan: Lakukan promosi sesuai dengan kemampuan pekerjaan Anda. Jika dalam sehari Anda mampu mengetik 50 lembar dan order sudah mendekati jumlah tersebut, sebaiknya jangan promosi terlalu gencar sebab pekerjaan akan terbengkalai, dan akhirnya pelanggan kecewa.

Baca juga : Cara Mengetik Dengan Suara di Komputer

Jika pelanggan Anda sudah banyak dan kemampuan Anda terbatas, Anda bisa menambah unit komputer dan meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan order jasa pengetikan.

Keuntungan usaha jasa pengetikan

Keuntungan jasa pengetikan cukup menggiurkan, harga jasa pengetikan untuk jenis teks/naskah biasa bisa mencapai Rp. 2.000,- per lembar, sedangkan pengetikan tabel biasanya lebih mahal. Sementara biaya modalnya tidak lebih dari Rp. 500 per lembar. Modal tersebut sudah termasuk kertas, tinta dan biaya listrik.

Berarti Anda sudah bisa memperoleh keuntungan Rp. 1.500 per lembar. Jika per hari mendapat order 30 lembar, maka dapat diperoleh keuntungan bersih sekitar Rp. 45 ribu per hari.

Kalau sudah terlatih, pengetikan teks 30 lembar tidak akan memakan waktu lama. Maksimal 3 jam pekerjaan sudah selesai. Baca: Cara Cepat Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Demikianlah ulasan tentang peluang usaha jasa pengetikan di rumah, selamat mencoba semoga berhasil!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar
Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

One comment

  1. kalau untuk sekarang mungkin lebih tepatnya jasa penulisan artikel kalau cuma pengettikan lebih banyak yang punya laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *