Home / Komputer / Panduan Lengkap Cara Membuat Tabel pada Microsoft Word 2010

Panduan Lengkap Cara Membuat Tabel pada Microsoft Word 2010

Cara Membuat Tabel pada Microsoft Word 2010Halo teman-teman! Seperti kita ketahui bahwa Word merupakan aplikasi perkantoran yang sangat populer dan banyak dipakai baik oleh perorangan maupun kantor/instansi.

Aplikasi ini sangat membantu pekerjaan perkantoran seperti surat menyurat, proposal, tabel dan sebagainya. Microsoft Word bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get), artinya apa yang kita lihat di monitor (print preview), maka itulah hasil yang akan kita dapatkan saat dokument tersebut dicetak.

Oleh sebab itu, untuk memperoleh hasil yang rapi, kita harus melakukan setelan yang benar-benar rapi sebelum dokumen dicetak.

Microsoft Word ini include saat Anda meningstall Microsoft Office, biasanya bersamaan dengan Microsoft Excel, Power Point, Acces dan aplikasi perkantoran lainnya.

Biasanya, pekerjaan yang dianggap sulit oleh pengguna Microsoft Word adalah bekerja dengan tabel atau membuat tabel. Untuk tabel sederhana, mungkin tidak masalah. Tapi kalau format tabelnya rumit, harus menggabung beberapa cell, memecah cell, border dan lain sebagainya, bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.

Tidak heran, kalau jasa pengetikan tabel harganya lebih mahal dari jasa pengetikan teks biasa. Itu pengalaman saya dulu saat masih membuka jasa pengetikan, kalau sekarang tidak tahu.

Baiklah, kita mulai saja belajar cara membuat tabel pada Microsoft Word 2010. Untuk bahan praktek, saya akan kasih contoh seperti tabel di bawah.

cara membuat tabel word
Cara membuat tabel pada Microsoft Word 2010

1. Membuat Tabel

  • Klik menu Insert
  • Klik Table > Insert Table > Masukkan jumlah kolom dan baris (kolom ke samping, baris ke bawah). Untuk contoh di atas, isi number of columns = 7, number of rows = 6.
  • Klik OK

2. Menggabung sel (Merge Cells)

  • Blog sel yang akan digabung, untuk contoh tabel di atas silakan blok row 1 dan row 2 pada kolom 1 (untuk tahun).
  • Klik menu Layout (menu layout ini tidak akan muncul jika kursor tidak terletak di tabel)
  • Klik merge cells.

Silakan lakukan hal yang sama untuk sel kelas 7, kelas 8 dan kelas 9.

3. Memecah sel (Split cells)

  • Blok baris atau kolom yang akan dipecah, misalnya 1 kolom akan dibagi dua.
  • Klik menu Layout
  • Klik Split Cells
  • Silakan masukkan number of columns dan number of rows yang Anda inginkan

4. Shading (warna tabel)

Dalam contoh tabel di atas, terlihat warna kuning dan biru. Nah untuk memberi shading atau warna pada tabel caranya adalah blok sel tabel yang akan dishading, lalu ikon shading (pada menu Home). Lalu pilih warna yang tersedia sesuai kebutuhan.

cara membuat tabel pada microsoft word 2010
Cara membuat tabel pada Microsoft Word 2010

5. Cara mengatur border pada tabel

Border adalah garis pada tabel, kita bisa mengatur border seperti menebalkan garis table, mengubahnya menjadi titik-titik atau menghilangkan garis tabel. Caranya blok sel/tabel yang akan diatur bordernya, lalu klik icon bottom border (pada menu home) seperti gambar di bawah ini.

cara membuat tabel pada ms word 2010
Cara membuat tabel pada Microsoft Word 2010

Silakan klik salah satu setelan yang diinginkan, hasilnya akan terlihat seperti view yang Anda lihat pada icon tersebut. Misalnya bottom border, artinya garis tabel akan tampil di bawah saja, no border maka garis akan hilang saat dicetak, dll.

6. Perataan teks pada tabel

Perataan teks horisontal pada tabel sama seperti perataan teks biasa, yaitu rata kiri (align teks left), rata tengah (center), rata kanan (align teks right) dan rata kiri kanan (justify).

Untuk mengaturnya, blok sel yang akan diatur perataan teksnya, lalu pilih salah satu icon perataan teks yang biasa Anda gunakan. Atau bisa memakai short cut CTRL + L untuk rata kiri, CTRL + E untuk rata tengah, CTRL + R untuk rata kanan dan CTRL + J untuk rata kiri kanan.

Atau untuk melakukan setelan perataan horizontal dan vertikal sekaligus, Anda bisa masuk ke menu Laybout lalu pilih salah satu icon seperti pada gambar berikut ini.

cara membuat tabel word
Cara membuat tabel pada Microsoft Word 2010

7. Mengatur lebar kolom dan tinggi baris tabel

Untuk mengatur lebar kolom dan tinggi baris tabel, Anda bisa melakukannya secara manual dengan cara mengarahkan pointer mouse ke garis yang akan digeserkan, lalu drag mouse untuk menggeser garis tersebut sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Namun jika lebar kolom atau tinggi barisnya sama, Anda bisa mengaturnya dengan mengklik icon seperti gambar di bawah ini.

cara membuat tabel di word

Itulah tutorial cara membuat tabel pada Microsoft Word 2010. Semoga bermanfaat!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *