Operasi Matematika Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel atau dikenal juga dengan nama Excel, merupakan aplikasi handal keluaran perusahaan software raksasa dari negeri Paman Sam, Microsoft. Excel ini masih saudaranya Mircosoft Word, Power Point, Acces, dll., dibawah rumpun Mircosoft Office yang beroperasi dalam sistem operasi (operating system) Windows.

Microsoft Excel ini merupakan spreedsheet yang terdiri atas row (baris) dan kolom (column). Baris pada Excel dinyatakan dalam angka, sedangkan kolom dinyatakan dalam huruf. Jumlah barisnya mencapai 1,048,576 baris, sedangkan jumlah kolomnya sampai huruf XFD (16.384) kolom.

Pertemuan antara kolom dan baris pada Excel disebut sel. Misalnya B9, artinya kolom B dan baris ke-9. Nama sel ini nantinya akan berguna saat menghitung atau menggunakan operasi matematika pada Excel.

Jumlah sheet default (bawaan) pada Microsoft Excel adalah 3 sheet, yaitu sheet 1, sheet 2 dan sheet 3. Nama sheet ini bisa direname (diganti) sesuai kebutuhan dengan cara klik kanan pada sheet, klik rename lalu ketik nama baru pengganti sheet 1, sheet 2 atau sheet 3.

operasi matematika pada microsoft excel

Microsoft Excel mampu mengerjakan penghitungan matematika dengan menampilkan hasil secara akurat, mulai dari rumus sederhana seperti tambah, kurang, kali dan bagi sampai rumus yang rumit dengan menggunakan logika, seperti if, sum, average, max, min, dan sebagainya.

Karena kemampuannya inilah, Microsoft Excel sering digunakan untuk membuat aplikasi berbasis excel, seperti aplikasi keuangan, aplikasi raport siswa, aplikasi koperasi dan lain-lain.

Bagaimana cara menjalankan operasi matematika pada Microsoft Excel?

Untuk menjalankan fungsi matematika sederhana, seperti tambah (+), kurang (-), bagi (:) dan kali (x) pada Microsoft Excel caranya sangat mudah.

Cara menyimpan rumus matematika pada Excel berbeda dengan cara menyimpan rumus matematika dalam buku tulis. Dalam buku biasanya ditulis 10 + 2 = 20, di Excel penulisannya terbalik menjadi =10+2 lalu tekan enter. Maka secara otomatis sistem akan menampilkan hasilnya.

Rumus matematika dasar pada Excel:

Penjumlahan =1+1

Pengurangan =1-1

Pembagian =1/1

Perkalian =1*1

Jika menjumlahkan, mengurangi, membagi atau mengalikan angka dalam dua sel yang berbeda, misalnya menjumlahkan angka pada sel A1 dengan sel B1, maka tulis rumus pada sel C1 =A1+B1. Maka hasil penjumlahan angka yang terdapat dalam sel A1 dan B1 akan muncul pada sel C1. Kalau angka dalam sel A1 atau B1 atau dalam sel kedua-duanya dirubah, maka otomatis hasil penjumlahan di sel C1 akan berubah.

Demikianlah operasi dasar matematika para Microsoft Excel, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*