Home / Blogging / Ngeblog Lewat Smartphone, Solusi Bagi Blogger Backpacker

Ngeblog Lewat Smartphone, Solusi Bagi Blogger Backpacker

Ngeblog lewat smartphone memang belum begitu populer di kalangan blogger, karena ngeblog lewat smartphone memiliki kesulitan tersendiri dibanding ngeblog lewat personal komputer (PC) atau ngeblog lewat laptop.

Sebelum melanjutkan pembicaraan tentang ngeblog lewat smartphone, kita cari tahu dulu apa itu smartphone? apakah perbedaan smartphone dengan android? apakah ngeblog via smartphone sama dengan ngeblog lewat android?

Smartphone adalah

Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Menurut Wikipedia, smartphone (ponsel cerdas) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.

Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

Perbedaan Smartphone dengan Android

Berdasarkan sumber yang diperoleh dari Yahoo!, disebutkan bahwa smartphone atau telepon pintar adalah istilah untuk telepon seluler yang memang pintar karena didukung sistem operasi layaknya komputer. Sistem operasi itu meliputi Android, Symbian, BB, iOS, Fire Fox, dll.

Sedangkan android adalah sistem operasi milik Google. Sistem operasi ini dipakai di Smartphone, Tablet, Kamera, Televisi, Kulkas, dll.

Smartphone = perangkat telepon alias handphone pintar.

Android = sistem operasi yang menggerakan smartphone tersebut.

Smartphone itu tubuh nya, android itu roh nya.

Jelas bukan?

Aplikasi Blogger di Android

Sebelum ngeblog via Smartphone, silakan install dulu aplikasi blogger untuk Android.

  • Buka smartphone Anda yang memakai sistem operasi Android
  • Buka aplikasi Play Store, lalu cari Blogger di kolom pencarian.
  • Klik aplikasi Blogger tersebut, lalu klik Pasang.
  • Tunggu proses download aplikasi Blogger untuk Android selesai.
  • Setelah selesai silakan tutup Play Store dan buka aplikasi Blogger di menu Applikasi yang ada di Smartphone Android Anda.

ngeblog lewat smartphone

Kesulitan ngeblog lewat Smartphone

Pada dasarnya blogging di smartphone itu sama dengan ngeblog di komputer/laptop. Namun menurut saya ngeblog lewat smartphone sedikit lebih sulit karena:

  • Keyboard smartphone tidak sebesar keyword laptop/komputer, sehingga mengetiknya agak sulit.
  • Meskipun ponsel cerdas ini dilengkapi fasilitas seperti komputer, namun tidak seleluasa mengetik di komputer. Sehingga tingkat kesalahan pengetika kemungkinan lebih besar dibanding mengetik di keyboard komputer/laptop.
  • Terganggu oleh SMS atau telepon yang masuk.
  • dan lain-lain.

Namun, ngeblog lewat smartphone juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki komputer atau laptop, yakni kita bisa blogging di mana saja. Meskipun laptop bisa dibawa seperti ponsel, tapi agak ribet karena harus pasang modem. Kalau smartphone tidak, kita tinggal mengaktifkan layanan internet saja.

Selain itu, enaknya ngeblog di smartphone juga bisa langsung update artikel (postingan) atau foto yang harus segera dipublish.

Melihat kelebihan dan kekurangan ngeblog lewat ponsel cerdas di atas, alat yang satu ini cocok untuk blogger backpacker atau jurnalis portal berita online. Bisa dibilang, smartphone merupakan solusi bagi blogger backpacker dan jurnalis.

Blogger backpacker bisa langsung mengupload foto-foto perjalanan ditambah sedikit keterangan. Sehingga dalam satu kali perjalanan dia bisa memposting beberapa judul supaya tidak lupa, nanti sepulang ke rumah tinggal melakukan perbaikan atau menambahkan agar tulisannya lebih lengkap dan maksimal.

Bahkan, jika melihat pesatnya perkembangan teknologi smartphone, ada kemungkinan ke depan jumlah blogger yang memakai smartphone sebagai media blogging akan lebih banyak dari blogger yang ngeblog di PC atau notebook.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *