Home / Blogging / Ngeblog di Kantor, Boleh Atau Tidak Ya?

Ngeblog di Kantor, Boleh Atau Tidak Ya?

Ngeblog di kantor sensasinya pasti beda banget dengan ngeblog di rumah. Meskipun saya sendiri belum punya kantor buat ngeblog dan saya bukan orang kantoran, tapi saya dapat membayangkan bagaimana suka dukanya ngeblog di kantor.

Artikel ini sebetulnya dalam rangka latihan SEO bareng yang dirilis di blog Juragancipir.com pada 20 Januari 2016, dan keywordnya berlaku hingga 27 Januari 2016 jam 12.00 WIB. Keyword latihan SEO bareng minggu ini yaitu “Ngeblog di Kantor”. Keyword latihan SEO minggu depan, akan ditentukan oleh pemenang (Top 1 GOOGLE.CO.ID).

Ngeblog di Kantor

Baik, kembali ke topik pembahasan yaitu tentang ngeblog di kantor, boleh atau tidak?

Kalau menurut pendapat saya, ngeblog di kantor itu bisa boleh, namun bisa juga tidak. Oke, saya coba berikan alasannya satu per satu.

>> Ngeblog di kantor boleh

Kita boleh-boleh saja ngeblog di kantor apabila:

  1. Kantor itu merupakan kantor blogger atau kantor milik kita
  2. Kalau di kantor tidak sedang banyak pekerjaan
  3. Kalau fasilitas yang digunakan bukan inventaris kantor
  4. Kalau ngeblog di kantor tidak mengganggu aktifitas dan produktifitas pekerjaan pokok kita

>> Ngeblog di kantor tidak boleh

Kita tidak boleh ngeblog di kantor, kalau:

  1. Kantor tempat kita bekerja bukan kantor khusus blogger atau kantornya bukan milik kita. Artinya status kita di situ sebagai karyawan yang dibayar oleh pemilik perusahaan untuk bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang mereka berikan, bukan untuk mengurus blog milik pribadi.
  2. Meskipun kantor itu milik kita, tapi kalau pekerjaan sedang menumpuk dan harus diselesaikan dalam waktu segera, jelas kita tidak boleh ngeblog di kantor. Alih-alih ingin melepas kejenuhan, malah akan menimbulkan masalah besar.
  3. Kita tidak boleh ngeblog di kantor kalau fasilitas yang digunakan merupakan inventaris perusahaan. Mungkin teman-teman masih ingat dengan Umat bin Khatab, sahabat Rasulullah saw yang mematikan lampu di rumahnya karena beliau tak ingin menggunakan fasilitas negara untuk keperluan pribadinya.
  4. Kalau kita masih ngantor, baik di perusahaan pribadi maupun di perusahaan milik orang lain berarti kita belum menjadi blogger full time. Artinya blogging bukanlah pekerjaan pokok. Kalau begitu, blogging jangan sampai mengganggu aktifitas pokok atau menghalangi produktifitas kinerja kita.

Selain itu, ngeblog di kantor juga ada suka dukanya lho!

Ini dia suka duka ngeblog di kantor:

>> Sukanya ngeblog di kantor:

Sukanya blogging di tempat kerja, antara lain:

  1. Jika di kantor tersedia Wi-Fi gratis, maka kita bisa menikmati fasilitas internet gratis dengan kecepatan loading yang baik karena perusahaan atau instansi pemerintah biasanya membeli quota internet yang cukup besar.
  2. Waktu istirahat bekerja bisa dimanfaatkan untuk membuat artikel atau membalas komentar-komentar pembaca. Sehingga pekerjaan ngeblog di rumah sedikit terselesaikan.

>> Dukanya ngeblog di kantor:

Jangan salah, ngeblog di kantor juga banyak tidak enaknya, Misalnya:

  1. Kurang konsentrasi karena pikiran terbagi dengan pekerjaan kantor.
  2. Komputer kantor mungkin sewaktu-waktu akan digunakan oleh orang lain, kalau kita logout email atau dasbor blog cukup beresiko juga.
  3. Ngeblog dengan jaringan internet yang sama dengan pengguna lain, cukup beresiko terhadap iklan AdSense. Untuk point 3 ini silakan koreksi jika saya salah.

Baca juga : 5 Bahaya ngeblog di kantor yang harus diwaspadai

Kesimpulan:

Blogging membutuhkan waktu dan tempat yang nyaman, ngebloglah dimana kita bisa blogging dengan nyaman, tidak merugikan orang lain dan tidak beresiko apapun.

Itulah pendapat saya, teman-teman mungkin punya pendapat yang berbeda tentang boleh atau tidaknya ngeblog di kantor. Silakan share pendapat kalian pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tapi maaf ya, templatenya cuma support FB comment.

Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *