Home / Blogging / Nganggur? Ngeblog Aja!

Nganggur? Ngeblog Aja!

Halo, selamat pagi pembaca setia blog Husnicahyagumilar.com! Bekalangan ini saya memang jarang posting di blog ini, karena ada sedikit kesibukan di dunia nyata. Postingan kali ini bukan post penting, tapi cuma obrolan ringan sambil mengisi hari libur akhir pekan.

Ngomong-ngomong liburan, jujur saja sebetulnya setiap hari saya selalu libur karena saya seorang pengangguran. Setiap pagi orang-orang kan biasanya berangkat kerja, kalau saya tidak. Saya cuma duduk-duduk aja di depan laptop sambil minum teh manis hangat, pake celana kolor atau disarung kaya anak yang baru disudat.

nganggur happy blogging aja

Meskipun sebetulnya saya tidak nganggur-nganggur amat, tapi sekarang waktu saya banyak yang kurang produktif. Jadi kalau ada yang nanya kemana aja? saya jawab di rumah aja, nganggur.

Rumah saya di kampung, berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Garut. Dari jalan raya ke rumah pun cukup jauh, jaraknya kurang lebih 100 m. Belum ada jalur telepon rumah, sinyal 3G pun masih sulit sehingga kalau mau online saya harus pasang kabel pemanjang USB. Pokoknya kampung banget!

Oh iya, saya ini salah satu pengagum Anies Baswedan, lho! Ungkapan beliau yang masih saya ingat adalah “lahir boleh di mana saja, tapi cita-cita harus di langit”. Kata-kata itu biasa, tapi bagi saya sangat luar biasa..

Bicara tentang cita-cita, dulu waktu masih duduk di bangku SMP saya juga punya cita-cita. Cita-cita saya waktu itu ingin menjadi tentara, atau kalau tidak, ingin kerja kantoran pake jas pake dasi. hehe

Dua-duanya gagal diraih, sekarang saya ingin jadi pengangguran yang tetap berpenghasilan melebihi gaji presiden. Jadi penganggurannya sudah, tetap berpenghasilan iya, tapi belum melebihi gaji presiden. hihi

Bagaimana bisa pengangguran tetap berpenghasilan?

Bisa! Karena rejeki itu Allah yang ngatur. Pekerjaan bukan satu-satunya sumber rejeki, melainkan hanya sebagai perantara.

Nih saya kasih tahu, supaya meskipun Anda nganggur tapi tetap berpenghasilan.

#1. Buat Blog

Langkah pertama, buatlah blog. Boleh menggunakan flatform gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com, atau langsung blog berbayar dengan CMS WordPress.org. Tapi kalau nantinya Anda mau main AdSense, sebaiknya tidak menggunakan flatform WordPress.com karena WordPress.com tidak mendukung iklan AdSense. Gunakanlah blogspot.com (Blogger.com) atau WordPress.org.

Kalau tak tahu cara buatnya, buka aja http://jasakudeveloper.com.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog antara lain memilih nama domain yang bagus dan menentukan niche (topik) yang akan dibahas. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan niche yang banyak dicari pengguna internet.

#2. Desain & Optimasi Blog

Setelah selesai membuat blog, langkah selanjutnya adalah mendesain dan mengoptimasi blog. Desain blog tak usah ramai dengan pernak-pernik ini itu. Sederhana saja, yang penting pembaca merasa nyaman dan performanya (kecepatan) baik. Gunakanlah template yang simple, fast loading dan user friendly kemudian update artikel sebanyak-banyaknya agar blog punya banyak pengunjung.

Baca juga: Cara Mendapat 1000 Pengunjung per Hari Untuk Blog Baru

#3. Monetisasi Blog

Tahap berikutnya adalah monetisasi blog atau mengolah blog agar menghasilkan uang. Ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog, salah duanya adalah Google AdSense dan Affiliate.

Dengan Google AdSense dan Affiliate saja Anda sudah bisa menghasilkan uang setiap bulan dari blog. Untuk bisa bergabung di Google AdSense, blog Anda tidak boleh memposting konten yang melanggar hak cipta, download software/ MP3, tidak mengandung unsur SARA, perjudian, pornografi dan/atau konten yang mengandung ujaran kebencian.

Google AdSense memang cukup ketat dalam menerima lamaran blogger, namun jika sudah diterima menjadi publisher AdSense, Anda dapat menerima gaji bulanan bila penghasilan mencapai minimal $100. Cara mendapat $100 per bulan cukup mudah, tingkatkan saja pengunjung blog sebanyak-banyaknya.

Selain Google AdSense, ada cara yang lebih mudah yaitu program afiliasi (affiliate). Afiliasi itu kerjanya cuma nawarin barang orang lain melalui banner atau link referal di blog. Jika ada pembaca yang membeli produk melalui link yang kita berikan, maka kita akan dapat komisi dari penjual.

Nah, buat teman-teman yang masih belum punya pekerjaan tetap jangan panik, ngeblog aja!, insya Allah Anda akan tetap punya penghasilan.

Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

4 comments

  1. …..nganggur tapi tetap menghasilkan uang, Uang dari pay Out adsense ….besar, iya kan mas..?

  2. Jadi blogger itu membantu program pemerintah juga lho.. Meminimalisir angka pengangguran yg semakin merajandela. Hehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *