Home / Traveling / Mimpi Traveling Setinggi Langit Asia Menjadi Nyata

Mimpi Traveling Setinggi Langit Asia Menjadi Nyata

Traveling ke luar negeri naik pesawat terbang bukanlah sesuatu yang istimewa. Anggapan itu berlaku bagi sebagian orang yang punya kemampuan finansial dan sudah terbiasa bepergian menggunakan moda transportasi udara. Tapi tidak bagi saya yang berprofesi sebagai blogger dan guru honorer di sekolah swasta, traveling naik motor cicilan keliling kota Garut juga sudah mewah.

Saya adalah orang yang percaya pada pepatah “gantungkan mimpimu setinggi langit, suatu saat kau akan meraihnya”. Saya juga penyuka lagu Hidup Berawal Dari Mimpi milik Bondan Prakoso, cuplikan liriknya “tinggalkanlah gengsi, hidup berawal dari mimpi, gantungkan yang tinggi, agar semua terjadi”.

Oleh sebab itu, saya bermimpi untuk keliling Asia. Orang lain boleh tertawa terbahak-bahak mendengar mimpi saya karena terkesan muluk dan tak tahu diri. Tapi saya akan tetap menggantungkan mimpi itu di langit karena kalau bermimpi saja tidak berani apalagi berusaha? Suatu hari saya pasti jalan-jalan ke luar negeri.

Di sela-sela aktifitas blogging dan mengajar, saya memang suka traveling. Tapi masih di sekitaran Garut, karena di Garut sendiri banyak objek wisata menarik. Selain itu, biaya jalan-jalan di Garut cukup bersahabat dengan kantong blogger dan guru honorer.

Ini beberapa destinasi wisata populer di Garut yang pernah saya jelajahi.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

TWA Gunung Papandayan

Lokasinya ada di Kecamatan Cisurupan. Gunung ini menawarkan pemandangan eksotis dan fasilitas mewah. Tidak hanya orang Garut dan wisatawan domestik saja yang suka ke sini, wisatawan mancanegara pun sering mengunjungi Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray berada di 5 kecamatan yaitu kecamatan Cilawu, Bayongbong, Cigedug, Cikajang dan Banjarwangi. Gunung ini menyuguhkan view sunrise dan negeri di atas awan yang sangat menawan.

Gunung Guntur

Gunung Guntur

Gunung Guntur berlokasi di Kecamatan Tarogong Kaler, letaknya tidak jauh dari pusat kota. Jalur pendakian gunung ini berpasir dan berbatu sehingga disebut-sebut sebagai Mahameru-nya Kabupaten Garut.

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas terletak di Kecamatan Wanaraja. Kawah ini unik, airnya berwana putih maka disebut Talaga Bodas (danau putih).

Situ Bagendit

Situ Bagendit Banyuresmi

Situ Bagendit memiliki keterkaitan dengan cerita rakyat Garut yaitu Nyai Bagendit. Terletak di Kecamatan Banyuresmi, menawarkan kegiatan wisata rarakitan ke warung terapung di tengah danau.

Nangklak

Nangklak

Nangklak adalah objek wisata baru yang instagramable di Garut. Tempat rekreasi ini berlokasi di Kecamatan Cisurupan, sekitar 1 km sebelum Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Karacak Valley

Karacak Valley

Ini satu-satunya wisata alam di Kecamatan Garut Kota. Karacak Valley merupakan perkebunan pinus dan kopi yang disulap oleh warga setempat menjadi taman rekreasi dan tempat kemping.

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Di Garut selatan, tepatnya di Kecamatan Pamulihan terdapat curug indah bernama Curug Sanghyang Taraje. Menurut cerita rakyat yang beredar, air terjun ini digunakan sebagai tangga oleh Sangkuriang yang akan memetik bintang di kayangan untuk Dayang Sumbi.

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Garut bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia sehingga Garut memiliki pantai-pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Kecamatan Cikelet.

Rivertubing Cikaengan

Rivertubing Cikaengan

Ini tempat wisata di Garut selatan yang digemari para petualang. Saya merasakan sensasi luar biasa ketika mengarungi jeram-jeram sungai Cikaengan di Kecamatan Banjarwangi menggunakan ban dalam bekas dan papan selancar sungai.

Itu beberapa tempat wisata di Garut yang pernah saya jelajahi. Sebetulnya masih banyak, lain kali akan saya buat postingan khusus list tempat wisata di Garut. Kalau kamu mau traveling ke Garut, kamu bisa menggunakan kereta api atau pesawat terbang tujuan Bandung kemudian naik bus jurusan Garut.

Menjadi blogger dan guru honorer adalah pilihan hidup saya, jadi saya sangat cinta dengan profesi ini. Betapa tidak, saya bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan tanpa tanda jasa untuk mengisi kemerdekaan melalui dunia pendidikan. Walaupun penghasilannya belum cukup untuk mewujudkan mimpi keliling Asia, namun saya masih bisa jalan-jalan keliling Garut dan berkesempatan traveling ke Kuala Lumpur tanpa menjual kambing atau menggadaikan motor cicilan.

Berkat rahmat Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, sebentar lagi mimpi saya akan jadi kenyataan. Pada awal bulan Mei 2018 nanti saya akan terbang ke Malaysia menggunakan pesawat Air Asia rute penerbangan Bandung – Kuala Lumpur. Penerbangan ini adalah perjalanan pertama saya ke luar negeri, sekaligus akan jadi pengalaman pertama naik pesawat terbang. Jujur saja, seumur-umur saya belum pernah naik pesawat terbang.

Buat Paspor
Buat paspor

Mengutip lagi lirik lagu Hidup Berawal Dari Mimpi, ini bukan mimpi atau halusinasi, sebuah anugerah yang akan ku nikmati nanti, hasil kerja keras ku terbayarkan lunas.. tuntas.., melakoni jati diri sampe puas”.

Traveling pertama ke luar negeri ini sebetulnya lebih cepat dari yang direncanakan. Semula saya merencanakan liburan ke Kuala Lumpur bulan November 2018 biar ada waktu menabung untuk membeli tiket pesawat dan voucher hotel. Tapi JD.id mengubah rencana saya sehingga mimpi saya berlibur ke luar negeri akan segera terwujud.

Sedikit cerita, asal mula tahu JD.id saya melihat iklan di TV. Kebetulan waktu itu saya sedang mencari laptop baru buat blogging. Saya coba cari di JD.id karena katanya JD.id dijamin ori. Ternyata harganya lebih murah, deal saya beli di JD.id. Tiga hari kemudian barang sudah mendarat di rumah dengan mulus dan barangnya benar-benar ori.

JD.id ternyata tidak hanya menjual perabotan rumah tangga dan alat elektronik, tetapi tersedia juga tiket pesawat murah. Harga tiket pesawat di JD Flight murah dan banyak diskon sehingga rencana liburan ke destinasi impian akan cepat terwujud.

JD Flight

Untuk pemesanan tiket pesawat murah di JD Flight, silakan buka laman http://flight.jd.id atau unduh aplikasinya di Play Store. Kamu tinggal pilih tujuan penerbangan, tanggal penerbangan dan jumlah penumpang lalu klik Cari Tiket. Selanjutnya pilih pesawat penerbangan pergi, penerbangan pulang, booking lalu bayar. Sudah, begitu saja. Kamu sudah dapat tiket pesawat online. Pesan tiket di JD Flight bikin liburan impianmu menjadi kenyataan.

JD Hotel

Sedangkan untuk booking hotel di JD Hotel, caranya silakan buka laman https://m.jd.id/hotel/ pilih kota destinasi, pilih tanggal check in dan tanggal check out serta jumlah tamu/kamar lalu klik Cari. Selanjutnya JD Hotel akan menampilkan tarif hotel idaman, kamu tinggal pilih hotel yang pas, pesan kamar lalu bayar.

JD Promo

Saya tidak punya teman yang pernah traveling ke Kuala Lumpur, jadi info transportasi dan destinasi di sana saya cari di Google. Destinasi yang akan saya kunjungi selama 3 hari di Kuala Lumpur nanti yaitu Petronas Twin Tower, Menara KL, Petaling Street, Batu Caves, Bukit Bintang, Jalan Alor, Genting Highland dan Masjid Jamek.

Setelah dari Kuala Lumpur, destinasi impian saya berikutnya adalah Singapura. Impian kamu ke mana?

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

2 comments

  1. Saya belum pernah ke Garut, Mas…Baca artikel ini bisa jadi referensi kalau berkunjung ke sana nanti kemana saja..:)
    Btw, apapun profesinya berhak bermimpi setinggi-tingginya. Semoga dimudahkan dan dilancarkan-Nya ya…Aamiin

    • Iya mba, silakan dicoba. Garut kota kecil, tapi cukup banyak tempat wisata alamnya.
      Siap mba, aamiin.. terima kasih do’anya. Semoga mba Dian Restu juga senantiasa lancar dalam segala urusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *