Home / Bisnis / Menilik Peluang Bisnis Barang Rongsokan Yang Menggiurkan

Menilik Peluang Bisnis Barang Rongsokan Yang Menggiurkan

Peluang Bisnis Rongsokan –  Barang-barang bekas rumah tangga biasanya suka dibakar atau dibuang begitu saja, karena dianggap sebagai limbah kotor yang menjijikan. Namun, barang-barang rongsokan tersebut ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi yang jarang kita disadari.

Untuk memulai bisnis rongsokan bisa dimulai dengan modal kecil. Anda bisa mengumpulkan barang-barang bekas di rumah sendiri dan membeli barang rongsokan dari tetangga, lalu dijual ke pengepul. Lama kelamaan, tetangga Anda akan datang sendiri menjual barang rongsokan ke tempat Anda.

Bisnis rongsokan ini cukup menjanjikan, namun jarang dilirik sebab bisnis rongsokan ini sering dianggap sebagai usaha murahan dan identik dengan profesi yang kurang dihargai. Oleh karena itu, modal utama untuk memulai bisnis rongsokan adalah kemauan dan tekad yang kuat. Jarangnya peminat, justru menjadi peluang besar untuk cepat meraih sukses.

Sebenarnya, tidak ada pekerjaan yang hina selama itu tidak mencuri dan tidak merugikan orang lain. Jual beli barang yang tidak dilarang oleh agama dan undang-undang adalah pekerjaan halal.

peluang bisnis barang rongsokan

Sebagai contoh bahwa bisnis rongsokan bisa sukses besar, jika Anda tinggal di daerah Garut, Anda bisa lihat IP, sebuah perusahaan rongsokan yang beralamat di jalan Pembangunan (Astana Girang) Garut. Pada tahun 2001, saat saya masih duduk di bangku SMA, IP sudah memiliki beberapa unit truk fuso yang kerjanya khusus mengangkut barang-barang rongsokan dan beberapa unit angkot yang beroperasi di daerah Garut. Sekarang mereka sudah melebarkan sayap dengan membuka showroom mobil. IP ini hanya satu dari sekian banyak perusahaan rongsokan yang sukses besar.

Barang-barang bekas yang laku dijual antara lain kertas, plastik, besi dan barang-barang logam lainnya. Jika Anda tertarik untuk melirik bisnis rongsokan, Anda bisa mendatangi penampung rongsokan terbesar di kota Anda untuk menanyakan detil harga masing-masing barang bekas yang mereka terima. Anda juga bisa meminta saran dan nasihat pada pemilik atau pegawai yang ada di sana tentang cara memulai bisnis rongsokan.

Kendala yang harus dihadapi ketika terjun ke bisnis barang bekas ini adalah membutuhkan tempat yang lumayan luas untuk penampungan sementara. Jika Anda memiliki areal kosong yang lumayan luas, bisnis rongsokan ini layak dipertimbangkan.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar
Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *