Home / Bahasa Indonesia / Mengubah atau Merubah, Mana yang Benar?

Mengubah atau Merubah, Mana yang Benar?

Tahukah Anda mana kata yang benar, mengubah atau merubah? Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, marilah kita ketahui dulu kata dasar dari kata mengubah dan merubah.

Mengubah merupakan kata kerja (verb) yang berasal dari kata ubah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kata ubah adalah menjadi lain (berbeda) dari semula atau bertukar (berganti) menjadi sesuatu yang lain.

Kata mengubah sendiri artinya adalah menjadikan lain dari semula, menukar bentuk (warna, rupa, dan sebagainya) atau mengatur kembali.

Sedangkan merubah berasal dari kata rubah, yaitu binatang jenis anjing, bermoncong panjang, makanannya daging, ikan, dan sebagainya. Jadi merubah artinya adalah menjadi rubah.

Jika yang Anda makud adalah mengganti, menukar atau mengatur kembali, maka kata yang benar adalah mengubah, bukan merubah.

mengubah atau merubah

Contoh dalam kalimat:

1. Cara mengubah template Blogger menjadi responsive

2. Mari kita ubah visitor blog menjadi uang

Dari contoh nomor 1, berarti template blogger yang digunakan sebelumnya belum responsive. Sedangkan pada contoh nomor 2 berarti mengganti visitor blog menjadi penghasilan (uang).

Salah dalam menulis kata dapat menimbulkan pengertian yang salah pula. Meskipun pembaca dapat memaklumi bahwa kata merubah yang dimaksud penulis adalah mengubah, namun penulis terkesan kurang profesional yang tidak memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehingga tulisannya yang bermanfaat bisa diragukan kebenarannya gara-gara sedikit kesalahan  saja.

Sebagai blogger, saya sendiri sering melakukan kesalahan. Baik dalam menulis ejaan maupun dalam menempatkan tanda baca. Sebagai warga negara Indonesia, idealnya kita harus belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Demikianlah perbedaan kata mengubah dan merubah, semoga bermanfaat. Jangan lupa, baca juga: Cara Menempatkan Tanda Baca yang Benar, Cek di Sini!.

Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. Sepakat kang Husni, menurut saya pun demikian. Karena kata dasarnya “ubah” dalam KBBI maka yang tepat adalah “mengubah”.. Seperti contoh, “mengubah wajah kota Garut menjadi lebih ramah”. Terimakasih atas ilmu barunya kang. Keep support!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *