Mengolah Blog Menjadi Mesin Uang dengan 6 Cara Sekaligus

Posted on

Saya ingin membocorkan info penting, bagaimana mengolah blog agar menjadi mesin uang dengan beberapa cara monetisasi sekaligus. Artinya menggabungkan cara-cara menghasilkan uang dari blog dalam satu blog. Mulai dari iklan Google AdSense hingga jualan. Mau tahu? Yuk simak, semoga nanti ada manfaat yang bisa Anda petik.

Sebelum dapat mengolah blog menjadi mesin uang, sebaiknya optimasi dulu blog Anda agar jumlah pengunjungnya cukup banyak dan stabil, minimal 1.000 visitor per hari.

Silakan baca: Cara meningkatkan pengunjung blog tanpa SEO

Seperti halnya bisnis offline, bisnis online juga pendapatannya terbagi dua, yaitu passive income dan active income. Blog bisa menjadi mesin passive income, artinya meskipun Anda tidak bekerja (mengurus blog) dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan, 2 bulan atau beberapa bulan, Anda tetap memperoleh penghasilan. Namun untuk memperoleh active income dari blog, mau tidak mau Anda harus mengurusnya.

Mengolah blog menjadi mesin uang
Source image

Baiklah, agar tidak bertele-tele dan bikin penasaran, langsung saja simak cara memonetisasi blog berikut ini:

Passive income

1. Iklan Google AdSense

Setelah full approve menjadi publisher Google AdSense, Anda bisa memasang iklan Google di blog kemudian tulisan Anda akan bekerja untuk Anda. Tulisan-tulisan itu akan menarik pembaca untuk mengunjungi blog Anda, dan dari sekian ribu pengunjung yang masuk biasanya ada 1-2% pengunjung yang mengeklik iklan. Penghasilan Anda akan mengalir setiap ada pengunjung yang mengeklik iklan.

Tarif per klik iklan AdSense rata-rata $ 0.05 atau sekitar Rp. 650,- (rate $1=Rp.13.000). Jika per hari rata-rata ada 100 klik maka Anda akan mendapat penghasilan Rp. 65.000 per hari. Penghasilan itu akan dibayarkan ke rekening bank Anda atau Western Union setiap tanggal 21 paling lambat tanggal 26 bulan berikutnya. Ambang batas minimal pembayaran adalah $100, jika belum mencapai $100 maka penghasilan akan diakumulasikan sampai mencapai ambang batas minimal.

Cara monetisasi ini saya kategorikan pada passive income karena saat Anda tidur pun selama ada pengunjung blog yang mengeklik iklan, Anda tetap akan dibayar. Semakin banyak pengunjung, maka semakin besar pula peluang Anda untuk meraup dollar. Jika ingin gajian tiap bulan, setidaknya Anda butuh 5.000 pengunjung organik (dari mesin pencari) setiap hari.

2. Affiliate marketing

Google AdSense bisa digabungkan dengan program afiliasi. Afiliasi ini cara kerjanya hanya menawarkan barang orang lain, baik melalui banner maupun link referal yang sudah disediakan oleh pemilik barang. Kita akan memperoleh penghasilan kalau ada pembeli yang masuk ke situs penjual melalui link referal atau mengeklik banner di blog kita.

Affiliate marketing juga termasuk kategori passive income. Meskipun Anda sedang liburan, selama ada pengunjung yang mengeklik banner atau link affiliasi lalu melakukan clossing dengan si penjual, maka Anda akan mendapat komisi dari penjual.

Tips agar mendapat passive income yang lumayan tiap bulan, buatlah review sebanyak-banyaknya tentang produk affiliasi yang ditawarkan di blog Anda.

Baca juga: Cara daftar program affiliasi MatahariMall.com

3. Blog post atau content placement

Blog post atau content placement adalah iklan dari pihak ketiga yang berupa tulisan (artikel) di mana di dalamnya terdapat link yang mengarah ke situs pengiklan. Syarat yang diajukan pengiklan biasanya trafik tinggi, konten unik dan menarik serta memiliki page autority (PA) dan domain authority (DA) level tertentu.

Untuk mendapatkan tawaran blog post atau content placement, Anda bisa membuat laman penawaran di blog Anda atau daftar di marketplace, misalnya iblogmarket.com. Jika ada yang tertarik memasang iklan, nanti mereka akan menghubungi Anda. Makanya di blog harus dicantumkan email atau nomor kontak yang aktif.

4. Iklan mandiri

Punya blog ramai pengunjung, selain bisa dimonetisasi dengan memasang iklan Google, affiliate marketing dan content placement, Anda juga bisa menjual slot iklan mandiri agar blog bisa menghasilkan uang. Iklan mandiri yang dimaksud adalah iklan dari perusahaan tertentu yang memasang banner di blog Anda.

Active income

1. Jual barang/ jasa

Di blog, Anda juga bisa menjual barang atau jasa. Sekarang ini banyak template WordPress yang multipurpose; bisa dibuat blogging dan toko online sekaligus. Namun untuk hal ini, Anda harus aktif atau terjun langsung untuk mengerjakan pesanan konsumen. Tanpa Anda kerjakan pesanan konsumen, Anda tidak akan mendapat uang.

Barang apa yang bisa dijual online? Barang apa saja yang penting bukan barang terlarang atau ilegal. Sedangkan jasa, Anda bisa menjual jasa sesuai skill Anda sendiri. Misalnya jasa penulis artikel, jasa pembuatan banner, jasa pengetikan online, jasa edit foto/video, dll.

2. Lomba blog atau kontes SEO

Selain dari cara-cara memonitisasi blog di atas, Anda bisa memanfaatkan blog untuk ikut serta dalam berbagai lomba blog dan kontes SEO. Selain dapat menambah koleksi konten, Anda juga berpeluang untuk mendapat hadiah menarik.

Demikianlah 6 cara mengolah blog agar bisa menghasilkan uang. 6 cara tadi bisa diterapkan sekaligus di blog Anda asal kontennya tidak melanggar kebijakan layanan Google AdSense. Dari 6 cara di atas, Google AdSense-lah yang menerapkan aturan paling ketat. Jadi jangan asal publish konten agar akun Google AdSense Anda tidak dibanned.

Bagaimana, Anda tertarik untuk membuat blog?

Selamat mencoba, semoga sukses!

Husni Cahya Gumilar
Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 thoughts on “Mengolah Blog Menjadi Mesin Uang dengan 6 Cara Sekaligus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *