Home / BPJS / Mendaftar BPJS Kesehatan Bagi yang Belum Punya KTP

Mendaftar BPJS Kesehatan Bagi yang Belum Punya KTP

Mendaftar BPJS Kesehatan Bagi yang Belum Punya KTP­ – Syarat pembuatan BPJS Kesehatan salah satunya adalah harus ada foto copy KTP, namun bagaimana jika Anda belum punya KTP?

Syarat untuk punya KTP adalah umur Anda harus di atas 17 tahun. Kalau merasa diri sudah masuk umur 17 tahun ke atas, sebaiknya Anda segera membuat KTP karena setiap warga negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun ke atas wajib memiliki kartu tanda penduduk.

Mendaftar BPJS Kesehatan Bagi yang Belum Punya KTP

Apakah bisa mendaftar BPJS Kesehatan tanpa KTP atau dengan KTP sementara?

Jawabannya BISA. Caranya, daftarkan calon peserta BPJS yang belum punya KTP atau berumur di bawah 17 tahun oleh kepala keluarga, misalnya oleh bapak atau ibu ke kantor BPJS terdekat.

Baca juga : Persyaratan dan Cara Daftar BPJS Kesehatan

Yang saya tahu, jika bapak atau ibu Anda mendaftar BPJS Kesehatan maka semua anggota keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga (termasuk yang belum punya KTP atau masih di bawah umur) harus menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Jika ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara online bagi yang belum punya KTP, caranya mudah sekali. Pada kolom isian NIK di form pendaftaran, isi dengan nomor induk keluarga (NIK) yang terdapat pada kartu keluarga.

Demikianlah cara mendaftar BPJS Kesehatan bagi yang belum punya KTP, semoga dapat memberi manfaat. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *