Home / Bahasa Indonesia / Memperhatikan atau Memerhatikan, Mana yang Benar?

Memperhatikan atau Memerhatikan, Mana yang Benar?

Kita sering mendengar dan membaca kata memperhatikan. Bahkan kita sendiri sering mengucapkan atau menulis kata memperhatikan. Namun ada juga orang yang mengucapkan dan menuliskan kata memerhatikan. Lalu mana yang benar, memperhatikan atau memerhatikan?

Pertanyaan yang terdengar sepele namun cukup membingungkan, bukan? Pembahasan tentang kata tersebut penting agar kita dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Memperhatikan atau memerhatikan

Dalam KBBI online, kamu TIDAK akan menemukan kata memperhatikan. Yang ada adalah memerhatikan. Artinya, kata yang benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah memerhatikan, BUKAN memperhatikan. Tidak terdapat huruf p setelah imbuhan mem-.

Me-mer-ha-ti-kan (kata kerja) artinya melihat lama dan teliti, mengamati atau menilik. Pengertian lainnya adalah merisaukan atau mengindahkan. Orang yang memerhatikan disebut pemerhati atau disebut juga pengamat. Sedangkan hal perbuatan memerhatikan disebut perhatian.

Kata memerhatikan berasal dari kata dasar perhati ditambah imbuhan, yaitu awalan mem- dan akhiran –kan, sehingga menjadi mem-perhati-kan.

Imbuhan mem- menghadapi kata yang dimulai huruf p, maka huruf p-nya dibuang. Beberapa contoh mem-p antara lain:

Mem-pukul =>> memukul

Mem-peluk =>> memeluk

Mem-periksa =>> memeriksa

Mem-paksa =>> memaksa

Mem-pikul =>> memikul

Mem-pindah-kan =>> memindahkan

dan lain-lain.

Setelah kamu membaca penjelasan di atas, sebaiknya kamu tak lagi mengucapkan atau menulis kata memperhatikan karena dalam KBBI yang benar adalah memerhatikan.

Demikianlah, semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *