Home / Review / Membuat Video Digital Marketing yang Viral di Media Sosial

Membuat Video Digital Marketing yang Viral di Media Sosial

Bisnis jaman sekarang kuncinya ada pada digital marketing, sedangkan kunci sukses digital marketing sendiri adalah konten promosi. Agar kita dapat membuat konten promosi yang efektif tentunya harus banyak belajar dan sering berlatih.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman membuat tools promosi yang menarik dan viral di media sosial sehingga dapat menjangkau target lebih luas. Selain itu, saya juga ingin mengajak Anda untuk belajar membuat konten promosi berupa video yang mampu mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan closing.

Namun sebelum itu, mari kita pahami dulu apa itu digital marketing, media digital marketing yang murah meriah dan kelebihan digital marketing dibandingkan conventional marketing.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan (wikipedia).

Yang termasuk media digital antara lain website, media sosial, televisi, radio dan berbagai media digital lainnya. Seperti kita ketahui bahwa promosi di televisi dan radio membutuhkan biaya lumayan besar, apalagi jika usaha kita berskala kecil dan baru dimulai.

Solusinya adalah memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram atau twitter dan blog atau website. Bukan murah lagi, media digital ini bisa kita gunakan secara cuma-cuma. Modalnya cuma komputer atau smartphone dan quota internet.

Digital marketing memiliki kelebihan dibandingkan conventional marketing atau pemasaran offline. Pemasaran lewat media digital ini dapat mengefektifkan kinerja pemasaran, menghemat biaya, bisa menjangkau pasar yang sangat luas dan dapat melayani konsumen dari berbagai belahan dunia nonstop 24 jam.

Share your digital marketing stories
Sumber: homepage http://www.abah.co.id

Tools promosi yang menarik dan viral di media sosial

Promotion tools atau alat promosi yang sering digunakan untuk memasarkan produk, menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong seperti dilansir gomarketingstrategic.com adalah:

  1. Periklanan
  2. Penjualan personal
  3. Pemasaran langsung
  4. Promosi penjualan
  5. Hubungan masyarakat dan publisitas

Nah, dari 5 alat promosi penjualan tersebut saya kemas ke dalam sebuah alat promosi digital marketing berupa video atraktif berdurasi 2 sampai 3 menit yang kemudian dibagikan ke media sosial.

Saya memilih video sebagai alat promosi di media sosial karena video itu mewakili segalanya; teks, gambar dan suara. Pertimbangan lainnya karena biasanya orang-orang males baca konten promosi yang panjang di facebook.

Melalui video kita bisa memberikan ilustrasi singkat dan atraktif mengenai produk, portofolio, harga promosi, testimoni pelanggan dan respon publik terhadap produk kita.

Tantangannya adalah menarik minat orang untuk nonton video kita dan mengkamuflase iklan sehingga mereka mau membagikan video promosi kita tanpa diminta atau diiming-imingi hadiah apapun.

Trik ini memang tidak berdampak langsung pada volume penjualan, namun sangat berpengaruh pada popularitas merek, personal branding dan kepercayaan calon konsumen pada kita.

Bagaimana triknya agar orang-orang mau menonton dan membagikan video kita di media sosial?

Pertama, jangan buat teman di medsos ilfil.

Kedua, jangan membuat postingan, komentar dan pesan SPAM.

Ketiga, jangan membabi buta menandai teman.

Keempat, jangan scam atau tipu-tipu.

Kelima, jangan posting video p*rn*.

Selain lima “jangan” di atas, yang saya lakukan adalah:

Pertama, mengunggah video ke facebook dengan topik yang bervariasi dan ada kaitannya dengan produk yang saya tawarkan. Sekali-kali mengunggah film pendek buatan sendiri.

Kedua, membuat dan mengunggah video-video positif dan menginspirasi.

Ketiga, menulis caption singkat namun cukup bikin penasaran dan menyisipkan nomor kontak dalam video.

Keempat, membangun personal branding  sebelum produk branding. Analoginya kita tahu bahwa tidak semua lagu dari group band terkenal itu bagus, tapi hampir setiap lagu yang mereka laris karena bandnya sudah terkenal.

Kelima, melibatkan teman-teman dalam video.

Itu semua saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

Berikut ini beberapa screenshot contoh video yang sudah saya upload ke facebook:

Video Promosi Digital Marketing 6

Video Promosi Digital Marketing 2 Video Promosi Digital Marketing 3 Video Promosi Digital Marketing 4 Video Promosi Digital Marketing 5

Membuat konten promosi

Video promosi di media sosial saja tentu tak cukup untuk meningkatkan popularitas bisnis kita. Akan lebih baik lagi jika kita punya website portofolio yang berisi konten promosi berupa deskripsi, review dan disertai gambar-gambar menarik.

Membuat konten promosi yang efektif dan interaktif memang bukan sesuatu yang mudah. Kita harus terus belajar, sering berlatih, sharing bareng teman-teman dan jangan sungkan untuk meminta tanggapan mereka. Yang terpenting jangan menutup diri terhadap kritik tetapi terus perbaiki setiap kekurangan.

Untuk memperoleh hasil memuaskan dari promosi pemasaran digital, kita harus membuat konten promosi yang mantap luar biasa. Bagus jika kita bisa membuatnya sendiri, namun jika waktu Anda terbatas maka solusi terbaik adalah menggunakan jasa social media marketing pihak ketiga yang berpengalaman.

Untuk itu saya merekomendasikan jasa social media marketing Jakarta dari dari PT. Abah Karya Maya yang bisa diakses melalui website http://abah.co.id. Abah merupakan perusahaan yang bergerak dalam dunia digital marketing, khususnya jasa blog post campaign, jasa social media, jasa penulis artikel murah dan offline marketing campaign yang berkualitas dan terpercaya hingga kini.

Dengan menggunakan jasa ABAH Digital Marketing Specialist, maka Anda tak perlu ribet membuat konten promosi yang berkualitas karena tim berpengalaman dari Abah akan membantu proses pekerjaan perusahaan Anda yang membutuhkan keahlian spesifik dalam bidang digital marketing secara berkesinambungan.

ABAH Digital Marketing Specialist

Kesimpulan, jangan ragu untuk membuat video promosi yang unik agar mendapat respon yang baik dari penonton. Unggahlah secara berkala antara video promosi dan video inspiratif lainnya di akun media social Anda.

Ingat, bisnis yang sukses di era digital adalah mereka yang sukses menjalankan digital marketing. Dan kunci sukses digital marketing adalah konten promosi. Gunakanlah jasa sosial media Abah untuk hasil yang lebih maksimal.

Demikianlah, semoga sharing sedikit pengalaman saya ini dapat bermanfaat. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *