Home / Review / Memasarkan Produk UMKM Dengan Website Profesional Agar Tembus Pasar Nasional

Memasarkan Produk UMKM Dengan Website Profesional Agar Tembus Pasar Nasional

Masih ingat ketika dulu sekitar tahun 2005 saya memasarkan produk barang dan jasa dengan cara menempelkan famflet di tempat-tempat umum, di angkot dan membagikannya ke orang-orang yang lewat. Juga masih melekat di ingatan ketika singgah dari warung ke warung untuk menawarkan produk UMKM milik orang tua.

Memasarkan produk barang atau jasa lewat famflet dan brosur ketika itu memang tergolong cara paling efektif. Namun kurang efisien dari segi biaya, waktu dan jangkauan. Famflet yang kita bagikan kadang dibuang begitu saja.

Lain dulu lain sekarang. Kini zaman sudah berubah. Memasarkan produk, baik barang maupun jasa, bisa dilakukan dari kantor atau sambil ngeteh dari rumah. Dengan bantuan teknologi yang bernama internet, komunikasi jadi tak terbatas oleh ruang dan waktu. Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Teknologi internet yang dulu tidak pernah terbayangkan, sekarang bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan masyarakat dari pusat kota hingga ke pelosok desa. Komputer dan smartphone yang dulu dianggap barang mewah, kini sudah menjadi lumrah.

cara-memasarkan-produk-umkm
Source image

Dengan adanya telepon pintar, tarif internet murah dan berbagai aplikasi media sosial, orang-orang (termasuk saya) jadi ketergantungan terhadap gadget. Mulai bangun tidur sampai tidur lagi hampir tak bisa lepas dari gadget. Orang bela-belain beli kuota internet agar tidak ketinggalan update.

Disadari atau tidak, perilaku masyarakat modern telah berubah. Online menjadi gaya hidup, bahkan menjadi kebutuhan. Orang berkomunikasi dan mencari informasi cukup lewat handphone. Begitu pula dengan kebiasaan berbelanja, masyarakat sekarang lebih suka berbelanja secara online.

Mengamati fenomena sosial masyakat seperti yang saya gambarkan barusan, telah menginspirasi banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk memasarkan produknya lewat media online. Ada yang menjual produknya lewat Facebook, Instagram, marketplace, maupun membuat website sendiri.

Website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama ada koneksi dengan jaringan internet. Dalam website itu sendiri terdapat dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Jenis website yang cocok untuk berjualan adalah onlineshop atau toko online. Dengan sistem yang canggih, toko online bisa melayani pelanggan saat kita sedang tidur sekalipun.

Sebelum membuat website sendiri, Anda harus mempunyai domain dan hosting. 

Baca juga: Kenali Apa Itu Blog dan Manfaatkan Fitur dari Cloud Hosting

Apa itu domain dan hosting?

Jika diibaratkan pada rumah, domain ibarat alamat rumah. Misalnya Jl. Soekarno Hatta No. 100 Bandung. Sedangkan hosting adalah bangunan rumah itu sendiri. Punya alamat tapi tak punya rumah kita tak bisa menyimpan apa-apa, sebaliknya punya rumah tapi tak punya alamat akan sulit untuk ditemukan orang bahkan tidak mungkin ada rumah yang tanpa alamat.

Domain dan hosting sifatnya sewa, akan aktif selamanya jika diperpanjang setiap tahun. Periodisasi sewa bermacam-macam, ada yang per bulan, triwulan, semester dan tahunan.

Tempat daftar domain dan sewa hosting murah

Tak usah sewa hosting dan domain jauh-jauh dari vendor luar negeri, di Indonesia juga banyak vendor berkualitas yang harganya jauh lebih murah, salah satunya adalah DomaiNesia.

cara-membuat-website-dan-memasarkan-produk-umkm

DomaiNesia adalah provider lokal yang melayani pendaftaran domain dan sewa hosting murah. Kalau dalam analogi alamat dan rumah tadi, maka DomaiNesia merupakan perusahaan pengembang perumahan.

DomaiNesia sudah melayani puluhan ribu pelanggan baik dari dalam maupun luar negeri selama 7 tahun. Tidak heran jika pelayanan dan kualitas server DomaiNesia selalu memuaskan. Silakan buktikan sendiri, kreasikan dan ciptakan websitemu dengan DomaiNesia.

Memasarkan Produk UMKM Lewat Website Toko Online

Website merupakan media pemasaran produk UMKM yang paling booming dan direkomendasikan.

Membuat toko online bukan merupakan hal yang sulit, Anda bisa bikin sendiri dengan mempelajari tutorial cara membuat website dari internet.

Melalui toko online profesional dengan top level domain (com), Anda bisa menjangkau pembeli lebih banyak dari berbagai pelosok negeri. Bahkan bisa juga mendapat pesanan barang dari luar negeri.

Selain itu, jualan di toko online juga hemat biaya karena tidak perlu sewa gedung dan gaji karyawan. Cukup mengeluarkan modal beberapa ratus ribu saja per tahun untuk sewa domain dan hosting plus pembelian tema premium. Sedangkan pengiriman barang bisa menggunakan jasa kurir terpercaya.

Berikut ini tips mempopulerkan website bisnis Anda:

Tips agar website cepat populer

Ada banyak cara mempopulerkan website (toko online), baik cara gratis maupun berbayar. Cara gratis misalnya rajin membuat postingan yang mengulas produk UMKM Anda, membuat tips-tips perawatan produk, blog walkingshare produk toko online kita ke media sosial dan bikin lapak di marketplace.

Sedangkan cara berbayar yaitu memasang iklan, misalnya di Facebook AdsGoogle AdWords, banner di website orang lain, mengadakan lomba blog, endors, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Memasarkan produk UMKM yang paling efektif dan efisien saat ini adalah melalui website atau toko online. Biayanya murah dan bisa menjangkau calon pembeli di seluruh penjuru nusantara bahkan sampai ke manca negara. Untuk membuat website profesional, kita harus memiliki domain dan hosting. Di Indonesia banyak vendor terpercaya, salah satunya adalah DomaiNesia yang menawarkan layanan registasai domain dan sewa hosting murah.

Kreasikan dan ciptakan websitemu dengan DomaiNesia

Baiklah sobat, saya kira uraian singkat tentang tips memasarkan produk UMKM dengan website profesional sudah cukup. Jika artikel ini bermanfaat, silakan share ke teman Anda agar produk lokal tidak kalah bersaing oleh produk asing.

Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

One comment

  1. Solusi Website Bandung

    Artikel yang sangat informatif, lanjutkan! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *