Home / Lifestyle / Melatih Kedisiplinan Anak Dengan Cara Kreatif dan Menyenangkan

Melatih Kedisiplinan Anak Dengan Cara Kreatif dan Menyenangkan

Melatih kedisiplinan anak sejak dini –  Melatih kedisiplinan anak memang butuh kesabaran dan harus dilakukan secara berkelanjutan. Namun, pada kenyataannya terkadang para orang tua merasa prustasi karena anaknya tidak suka merapikan peralatan bekas makan, selalu membiarkan mainannya berantakan begitu saja, atau selalu ribut dengan teman dan saudaranya.

Melatih kedisiplinan anak tidak bisa dilakukan hanya dengan menyuruh atau melarang anak melakukan sesuatu. Anak-anak adalah peniru ulung, dan jika diperintah, mereka cenderung melakukan hal sebaliknya.

Terlebih lagi, di era modern sekarang ini banyak pengaruh negatif dari media televisi dan internet. Saya merasa khawatir melihat perlakuan anak pada orang tua yang dipertontonkan dalam sinetron-sinetron zaman sekarang. Jauh sekali dari nilai-nilai moral.

Padahal dalam agama Islam diajarkan dengan jelas, jangankan membantah atau membentak orang tua, berkata uh pun termasuk perbuatan dosa.

Oleh sebab itu, sebelum anak kita tumbuh menjadi generasi gagal, mulai sekarang perbaikan harus segera dilakukan, mulai dari diri orang tua dan mulai dari hal-hal kecil. Perkenalkan nilai-nilai agama dan moral sejak dini, orang tua harus menjadi suri tauladan sekaligus menjadi idola bagi mereka.

Salah satu nilai yang bisa kita tanamkan pada anak sejak dini adalah melatih kedisiplinan. Untuk melatih anak agar bisa tetap disiplin, ada beberapa cara seru dan kreatif yang dilansir dari Parenting, Minggu, 25/10/2015, sebagai berikut:

Tips menanamkan disiplin pada anak

cara melatih kedisiplinan anak

1. Rapikan tempat tidur yang berantakan

Anak Anda tidak suka merapikan tempat tidur ketika bangun? Coba Anda rapikan tempat tidur mereka sambil menegur dengan kata-kata halus. Singkirkan seprai atau selimut dari tempat tidur mereka, jangan dipasang lagi.

Nanti malam anak Anda akan menanyakan kenapa seprai dan selimut tidak ada di kamar. Kita bisa menjawab dengan santai, kita kira mereka tidak membutuhkannya lagi karena dibiarkan berantakan.

Dengan demikian, anak-anak mulai berpikir untuk selalu merapikan tempat tidurnya.

2. Beri hukuman olah fisik

Jika anak Anda suka berkelahi atau jahil pada teman dan saudaranya, cobalah beri mereka hukuman olah fisik seperti push up, squat atau hal lainnya yang membuat mereka tidak nyaman.

Hukuman olah fisik ini tidak membahayakan, namun cukup memberikan efek lelah untuk mereka jika dilakukan secara berulang dan lebih baik daripada marah-marah atau melakukan kekerasan fisik pada mereka.

Namun sebaiknya tidak berlebihan menggunakan metode ini. Kelelahan otot pada anak akan memicu anak untuk mencari perhatian lebih dengan cara marah-marah dan berteriak.

3. Ubah pertengkaran menjadi suatu hal yang lucu

Namanya juga anak-anak, hal kecil pun bisa memicu pertengkaran. Jika anak-anak Anda berkelahi, hukumlah mereka secara adil. Anda bisa memberikan hukuman yang lucu dan mendidik, misalnya jika sang kakak dan sang adik berkelahi, suruhlah mereka berpelukan selama beberapa menit. Karena akan sangat susah mempertahankan marah kepada orang yang sedang memeluk anda.

Demikianlah tips melatih kedisiplinan anak yang kreatif dan menyenangkan. Baca juga Cara Melatih Anak Untuk Shalat 5 Waktu. Semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *