Makna Salam Sejajar Dalam Olahraga Riverboarding

Salam sejajar sudah mendunia. Pecinta olahraga riverboarding di seluruh dunia memiliki salam khas untuk saling menyapa, yaitu Salam Sejajar! sambil menekukkan siku tangan kanan di depan dada. Salam sejajar sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Indonesia. Tentunya ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita selaku warga negara Indonesia.

Menurut catatan sejarah, kejuaraan riverboarding tingkat dunia atau Riverboarding World Championship (RWF) pertama kali digelar di Indonesia, tepatnya di kawasan DAS Citarum, Kampung Bantar Caringin, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada 6-10 November 2013.

Kejuaraan tersebut mempertandingkan empat lomba, yaitu kategori slalom, boardercross, freestyle surfing, dan endurocross dan diikuti oleh 42 atlet dari 10 negara termasuk Prancis, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Selandia Baru, Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, Kosta Rika, Guatemala, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Makna Salam Sejajar

Salam sejajar yang mendunia

Makna salam sejajar, menurut Ketua Pelaksana RWF sekaligus produsen pertama papan selancar sungai di Indonesia, Rahim Asyik Budi Santoso seperti dilansir inilah.com adalah semua pecinta riverboarding itu sejajar dengan air. Saat berselancar di sungai posisi peselancar rata dengan air.

Selain itu, salam sejajar juga bermakna tidak ada gap antara senior dan junior. Menurut Rahim, di Indonesia salam sejajar maknanya sama seperti Salam Rimba atau Salam Lestari yang dikenal di kalangan pecinta alam dan pendaki gunung.

Baca juga: Serunya Selancar Sungai di Cikaengan Banjarwangi

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa makna salam sejajar BUKAN sama rata sama rasa, melainkan sejajarnya wajah dan tubuh peselancar dengan permukaan air serta saling menghargai dan mengayomi antara senior dan junior.

Discussion

Leave a Reply

*