Home / Blogging / Lupakan SEO, Ini Kunci Sukses Ngeblog Yang Sebenarnya

Lupakan SEO, Ini Kunci Sukses Ngeblog Yang Sebenarnya

Kunci sukses ngeblog itu bukan SEO. Baru mulai ngeblog sudah dihadapkan dengan SEO yang rumit dan bikin pusing akibatnya blogging jadi mandeg. Hasilnya jalan di tempat, SEO tidak tercapai blog pun kosong melompong. Tidak mau kan seperti itu? Ayo lupakan SEO.

Baca : Meningkatkan Trafik Blog Tanpa SEO, Begini Caranya

Sebelum dilupakan, mari kita sedikit berkenalan dengan SEO.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization, yaitu optimasi situs web/ blog di mesin pencari. Tujuan SEO adalah untuk menempatkan situs web di halaman 1 (page one) pada search engine result page (SERP) atau halaman hasil pencarian agar situs web/ blog tersebut ramai pengunjung. Ujung-ujungnya duit.

Kenapa ujung-ujungnya duit?

Karena website/ blog yang ramai pengunjung akan mudah dimonetisasi (menghasilkan uang), baik dari penjualan produk, PPC Google AdSense, afilate marketing atau monetisasi lainnya.

Silakan baca: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratisan

Dalam praktiknya, SEO terbagi dua yaitu SEO onpage dan SEO off page. SEO onpage adalah optimasi situs web/ blog dari dalam situs itu sendiri. Contohnya menggunakan kata kunci yang banyak dicari, mengatur penempatan dan kerapatan kata kunci, optimasi gambar melalui title dan alt tag, meta deskripsi dan lain-lain.

Saya jelaskan sedikit mengenai kata kunci (keyword). Kata kunci adalah kata yang digunakan pengguna saat mencari artikel di mesin pencari Google, Yahoo!, dll.

kunci sukses ngeblog

Keyword pada artikel ini adalah: Kunci Sukses Ngeblog

Cara menempatkan kata kunci dalam artikel agar tampil di halaman 1 adalah:

  • Simpan keyword di judul. Lihat, kata Kunci Sukses Ngeblog saya tulis di judul.
  • Simpan pada paragraf pertama dan sebar pada tubuh artikel secara natural.
  • Simpan kata kunci pada meta deskripsi. Untuk WordPress aktifkan plugin SEO by Yoast, untuk blogger aktifkan tag meta deskripsi pada setelan > referensi penelusuran.
  • Simpan kata kunci pada penajukan seperti H1, H2 atau H3.
  • Buat persamaan kata kunci, misalnya kunci sukses ngeblog, blogger sukses, berhasil ngeblog, dll.
  • Optimasi gambar postingan dengan menuliskan kata kunci pada title tag dan alt tag. Di WordPress ada setelah selesai upload gambar, di Blogspot klik propertis pada gambar.
  • Tulis kata kunci di Tag (WordPress)
  • Keyword density (kerapatan kata kunci) 1 – 2% dari jumlah kata. Ingat, kata! bukan karakter atau suku kata.

Sedangkan SEO off page adalah optimasi situs dari luar. Contoh SEO off page adalah backlink. Backlink yaitu link balik dari situs lain ke situs yang dioptimasi, misalnya link pada URL name komentar, signatur forum atau share artikel ke media sosial (Facebook, Google Plus dan Twitter).

Cara membuat backlink yang mudah, silakan berkomentar di artikel ini. Masukkan URL blog atau URL artikel Anda di kolom website. Besok balik lagi ke sini, kalau komentar sudah dimoderasi coba klik nama Anda, pasti akan menuju ke blog Anda.

Komentarnya jangan asal-asalan, basa basi atau cuma satu dua kata agar pembaca lain tertarik dengan tulisan Anda dan penasaran untuk melihat blog Anda.

Kunci sukses ngeblog bukan SEO, lalu apa?

SEO memang penting, tapi yang lebih penting adalah konten dan konsisten. Coba tengok website berita, mereka menulis konten tidak memakai teori SEO, tapi visitornya ratusan ribu per hari. Tidak heran, karena website berita mampu posting puluhan artikel unik dan original setiap harinya.

Intinya, kunci sukses ngeblog adalah menulis konten original sebanyak-banyaknya secara rutin lalu promosikan blog Anda dengan cara blogwalking, share ke media sosial, submit ke viva log atau pasang iklan di Facebook Ads. Lihat hipwee, artikel mereka tidak SEO tapi pembacanya ribuan.

Sekali lagi, bila Anda menganggap SEO itu ribet, lupakan dulu SEO. Saya juga suka tidak ngerti kalau ditanya backlinknya dofollow atau nofollow? bikin bakclink edu di mana? Saya bilang tidak. Saya cuma nulis.

Kunci sukses ngeblog adalah menulis konten yang unik dan original setiap hari, sudah titik! Insya Allah kita akan jadi blogger sukses.

Repot ngurusin SEO dan backlink kalau blognya minim konten percuma. Ibarat mau jualan, sibuk promosi tapi gak punya barang kan aneh. Kurang promosi juga kalau barangnya lengkap dan bagus, nanti juga viral. Dengan sendirinya pengunjung akan membantu mempromosikan konten kita ke teman-temannya di media sosial.

Lebih hebat lagi, kalau rajin nulis dibantu SEO. Wah mantab!

Apa patokan orang disebut blogger sukses?

Kalau menurut saya ini tidak ada standar khusus. Namun biasanya orang disebut blogger sukses kalau dia sudah punya banyak pembaca dan sudah bisa menghasilkan sesuatu dari blognya itu. Sesuatu itu bisa macam-macam, tergantung tujuan dia ngeblog apa. Ingin cari uang? ya sesuatunya uang. Mau banyak pembaca? ya sesuatunya ribuan pembaca.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kunci sukses ngeblog yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

4 comments

  1. Imam Munandar

    sangat sangat sangat setuju !!!!

  2. Memang konten yang berkualitas sangat penting,, tapi menurut saya lebih baik lagi apabila ditambah seo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *