Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Islami / Lafadz Niat Puasa Ramadhan Untuk Harian dan Sebulan Penuh, Lengkap Dengan Artinya

Lafadz Niat Puasa Ramadhan Untuk Harian dan Sebulan Penuh, Lengkap Dengan Artinya

Niat Puasa Ramadhan harian dan sebulan penuh – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia untuk menyambut tibanya bulan suci yang penuh rahmat, berkah dan ampunan.

Baca: Penetapan Awal Puasa Ramadhan 1437 H

Hukum menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah wajib bagi orang-orang yang beriman. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa” (Q.S al-Baqoroh:183).

Dari ayat tersebut di atas jelas bahwa setiap muslim yang beriman wajib menunaikan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh agar menjadi manusia yang bertaqwa, yaitu orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala sesuatu yang dilarang-Nya.

Nabi Muhammad SAW, bersabda:

“Jika engkau mendengar Allah berfirman: Wahai orang-orang yang beriman, maka pasang pendengaran baik-baik karena padanya (pasti terdapat) kebaikan yang diperintahkan atau keburukan yang akan dilarang.” (riwayat Ibnu Abi Hatim dalam Tafsirnya dan Abu Nu’aim dalam Hilyatul Awliyaa’)

Jika selama bulan Ramadhan kita menjalankan amalan-amalan wajib dan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dengan sungguh-sungguh dan niat karena Allah SWT, maka kita akan meraih kemenangan, yaitu hari di mana segala dosa akan diampuni.

Salah satu dari sekian banyak amalan penting di bulan Ramadhan adalah niat puasa. Niat puasa harus semata-mata karena Allah SWT. Bila niat puasa karena selain Allah, maka puasanya akan sia-sia. Tidak ada yang diperoleh selain lapar dan dahaga. Rugi bukan?

Nah, oleh karena itu agar kita tidak termasuk pada golongan orang-orang yang rugi, mari kita mengawali ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini dengan niat yang benar dan menjalankan ibadah lainnya sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Pengertian Niat

Kata niat dalam bahasa Arab berarti mengingini sesuatu dan bertekad hati untuk mendapatkannya. Niat (Niyyatu) berarti kehendak atau (Alqosdu), yaitu yakinnya hati untuk melakukan sesuatu dan kuatnya kehendak untuk melakukannya tanpa ada keraguan.

Adapun perbuatan yang tidak disertai dengan niat, maka dianggap perbuatan orang yang lalai, tidak diakui, dan tidak ada sangkut pautnya dengan hukum syara’.

Apabila kita perhatikan lagi, maka kita dapati bahwa makna niat dalam puasa adalah keinginan secara umum (al-iradah al-kulli- yyah), dan hal ini merupakan makna niat secara umum. Sehingga, niat puasa dari malam hari tetap dianggap sah, dan niat puasa tidak disyaratkan harus berbarengan dengan awai memulai puasa, yaitu sewaktu menyingsingnya fajar. Sehingga kalau seandainya ada orang yang niat pada malam hari kemudian makan lalu puasa, maka sah puasanya.

(sumber: http://m.pustaka.abatasa.co.id/pustaka/detail//ilmu-fiqih/1052/hakikat-niat-atau-definisi-niat.html)

Lafadz Niat Puasa Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan untuk sebulan

Niat puasa ramadhan untuk sebulan

Nawaitu shauma sahri ramadhana Kullihi Lillahi ta’ala.

Artinya : “Sengaja aku berpuasa sebulan pada bulan Ramadan tahun ini kerana Allah Taala”

Niat Puasa Ramadhan Harian

niat puasa ramadhan untuk harian

Nawaitu shauma ghadin ‘an adai fardhi syahri ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’aalaa

Artinya: “Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala”

Do’a buka puasa

doa buka puasa

Allahumma lakasumtu wabika amantu ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamarrahiimiin.

Artinya: “Ya allah, untukmu aku berpuasa dan dengan rizqimu aku berbuka. Maha besar Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Demikianlah niat puasa Ramadhan untuk harian dan sebulan penuh semoga bermanfaat.  Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 H, semoga kita mampu melewati godaan-godaan selama berpuasa dan mampu menjalankan ketaatan sesuai perintah Allah dan anjuran Rasulullah. Aamiin.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*