Ketika Bumi Semakin Mengecil, 5 Profesi Baru Ini Bisa Menjadi Pilihan Anda

Saya tidak pernah membayangkan kalau bumi ini terus mengecil. Tapi itulah kenyataan yang sedang kita hadapi saat ini. Dengan hanya duduk manis di rumah, kita bisa ngobrol bertatap muka dengan teman di luar kota, bisa belanja barang-barang dari pusat perbelanjaan di Jakarta, bahkan kita bisa nonton sepak bola yang sedang berlangsung di Inggris. Betul?

Hmmm… Anda pasti sudah bisa menduga maksud saya.

Ya, bumi mengecil bukan berarti ukuran bumi ini berubah menjadi kecil. Melainkan kita bisa berinteraksi jarak jauh dan menyaksikan kejadian di belahan bumi mana pun secara langsung menggunakan fasilitas teknologi informasi  dan komunikasi. Kaca lopian di era digital adalah komputer, notebook dan smartphone yang terhubung ke internet.

Teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat canggih sehingga bumi seakan berada dalam genggaman.

Internet sudah hampir merata ke seluruh nusantara. Akibatnya, gaya hidup masyarakat Indonesia berubah drastis. Cara belajar, berbelanja, mencari jasa tukang, cari jodoh, menggalang dana, membeli tiket hotel, pesan makanan, pesan ojek dan apa pun dilakukan lewat ponsel pintar.

Dilansir Kompas.com, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan pada tahun 2016 penduduk Indonesia yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari mencapai 132,7 juta orang.

Jumlah ini hampir melampaui total penduduk Indonesia pada zaman H. Rhoma Irama masih muda. 🙂

Seratus tiga puluh lima juta

Penduduk Indonesia

Teridiri dari banyak suku bangsa

Itulah Indonesia

Data statistik hasil survey eMarketer menyebutkan, pada tahun 2016 jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 69,4 juta orang dan akan tembus sampai 103 juta pengguna pada tahun 2018.

statistik pengguna smartphone di indonesia

Sumber: Techinasia.com

Perkembangan teknologi digital ini berdampak pada pekerjaan sebagian penduduk Indonesia. Ada yang kehilangan profesi, ada juga yang menemukan profesi baru.

Apa saja profesi baru yang muncul di era teknologi informasi?

1. Admin media sosial

Lowongan kerja admin media sosial

Sumber: SERP Google.com

Kini banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial sebagai tool digital marketing. Bagi pelaku usaha akun media sosial bukan sekadar tempat eksis atau berinteraksi, melainkan sebagai lapak branding.

Perusahaan biasanya membutuhkan admin untuk mengelola akun media sosial. Misalnya membuat dan mengupload konten, menjawab pertanyaan-pertanyaan netizen dan banyak hal yang meliputi pemasaran online di media sosial. Saking pentingnya profesi ini, sampai ada situs yang memasang iklan di Google AdWords.

Profesi baru ini cocok bagi Anda yang pandai berkomunikasi, punya dasar sosial media marketing, membuat postingan interaktif, tekun, sabar dan hobi nongkrong di dunia maya.

2. Bisnis startup

Bisnis startup adalah istilah bagi bisnis rintisan di bidang digital. Banyak yang bisa ditawarkan di bisnis ini. Misalnya pembuatan website, aplkasi mobile, e-marketplace barang atau jasa, tiket hotel, periklanan dan sebagainya.

Bisnis startup termasuk bisnis digital paling populer di Indonesia saat ini. Bisnis ini juga memberikan peluang kerja baru yang menjanjikan penghasilan menggiurkan.

Ada tiga pilihan bagi Anda, jadi pelaku bisnis startup, bekerja di perusahaan startup atau penyedia jasa pembuatan website startup itu sendiri.

5 Profesi Baru di era bisnis digital

Sumber: Projects.co.id

Profesi pembuat website dan aplikasi startup sekarang banyak dicari di situs-situs freelancer. Harga jasa pembuatan sebuah aplikasi mobile atau website startup bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Tertarik menekuni profesi ini? Silakan ikuti program kursus website sampai bisa dan bersertifikat resmi di Dumet School.

3. Internet marketer

Profesi internet marketer

Sumber: SERP Google.com

Internet marketer adalah ahli pemasaran online. Internet marketer bertugas mempromosikan merek tertentu kepada calon konsumen tertarget di internet agar perusahaan mendapat konsumen dengan cepat dan mudah.

Untuk menjadi seorang internet marketer handal, Anda harus belajar digital marketing pada ahlinya. Profesi ini bisa dilakukan paruh waktu, sehingga seorang internet marketer bisa bekerja pada beberapa perusahaan sekaligus. Selain itu, dia juga bisa bekerja untuk dirinya sendiri.

4. Paid review

5 Profesi baru di abad online

Sumber: Projects.co.id

Perkembangan teknologi digital di Indonesia sangat pesat. Jumlah pengguna internet terus bertambah, sehingga para pelaku usaha serius menggeluti bisnis online. Jasa review sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis online untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari dan mendongkrak popularitas brand produk mereka.

Keahlian yang dibutuhkan oleh seorang penjual jasa review adalah kemampuan membuat tulisan yang dapat mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk tertentu.

Anda bisa mendapatkan job review di e-marketplace paid review, situs freelancer atau langsung menawarkannya di blog pribadi.

5. Buzzer dan Endorser

Profesi Buzzer & Endorser

Sumber: SocialBuzz.com

Buzzer dan endorser adalah profesi baru di era digital yang bertugas mempromosikan suatu produk atau memberikan citra positif tokoh politik tertentu lewat postingan-postingan di media sosial. Buzzer dan Endorser bisa bekerja di mana saja, dia tidak perlu datang ke kantor.

Tertarik menjadi buzzer atau Endorser? Milikilah dulu ribuan follower di akun media sosial.

Itulah 5 profesi baru yang muncul di era teknologi informasi dan komunikasi. Mana profesi pilihan Anda?

Saya hanya mengabarkan, pilihan ada di tangan Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Discussion

  1. SuamiBijak.com
  2. Amir Mahmud

Leave a Reply

*