Home / Kesehatan / Kentut (Buang Angin), Nikmat yang Sering Terlupakan

Kentut (Buang Angin), Nikmat yang Sering Terlupakan

Kentut (Buang Angin), Nikmat yang Sering Terlupakan – Manusia mana yang tidak suka kentut? Maksud saya bukan suka menghirup baunya, tapi melakukan buang angin. Buang angin itu nikmat sekali lho! Kalau tidak percaya kentut itu nikmat, coba tahan kentut seharian (anjuran ini jangan dilaksanakan!).

Kentut atau Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut dan biasanya berbau busuk.

Kentut sering menjadi pertanda kalau seseorang kelebihan makan makanan tertentu, ingin buang air besar, menderita konstipasi atau sembelit, mengalami efek samping obat-obatan tertentu atau sedang masuk angin.

Kentut disebabkan oleh faktor kandungan dalam makanan yaitu udara yang tertelan, makan terburu-buru (apalagi tanpa dikunyah), meminum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah), sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut.

kentut nikmat yang terlupakan

Bahaya menahan kentut bagi kesehatan:

Bahaya menahan kentut antara lain perut kembung, berkurangnya nafsu makan, kram pada perut, wasir, terjadi pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar, terjadi peradangan peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi dinding bagian dalam perut yang mencakup sebagian besar organ perut, kentut semakin berbau busuk, keracunan gas, memperparah kondisi sembelit, dan lain-lain.

Melihat bahaya menahan kentut sepertinya cukup serius, namun sayang sekali kita seringkali melupakan nikmatnya kentut, tidak bersyukur bisa kentut, bahkan tidak pernah menyadari bahwa kentut itu bagian dari dirinya.

Cara mengeluarkan kentut agar tidak ketahuan:

Meskipun kentut adalah kenikmatan yang harus kita syukuri, tapi kalau buang angin sembarangan bisa kena razia petugas kebersihan dan dapat menimbulkan polusi udara. Kalau anginnya berwarna seperti asap kebakaran hutan di Riau, mungkin tidak akan ada orang yang kentut sembarangan karena takut ketahuan.

Ada tips khusus buat Anda yang kebelet kentut ditempat umum agar tidak ketahuan? Silakan disimak!

  1. Tips pertama, silent alias diam-diam. Usahakan buang angin jangan sampai mengeluarkan suara “tut” atau “bleng”. Biasanya orang yang sedang mengatur keluarnya angin dari perut, mukanya gelisah dan duduknya tidak nyaman. Cara ini sebetulnya tidak elok, karena tiba-tiba ada bau tak sedap menyelinap di hidung orang.
  2. Tips kedua, kolaborasi. Jika sedang dalam ruangan kemudian kebelet kentut, anda bisa keluarkan itu kentut dengan suara nyaring. Agar tidak ketahuan, kolaborasikan dengan suara batuk, tapi ingat keluar suaranya harus bareng ya! Kalau tidak, Anda bisa menanggung malu. Untuk ini sepertinya Anda perlu berlatih dulu di rumah, hehe.
  3. Tips ketiga adalah tips paling aman dan sopan, yaitu “ngaleos” alias pergi sebentar untuk buang angin.

Yuk, kita syukuri nikmat kentut. Kalau sudah tidak bisa kentut, baru tahu rasa. Baca juga Buang Air Kecil yang Bisa Membuat Orang Masuk Neraka.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *