Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Pramuka / Terungkap, Ini Alasannya Kenapa Topi Baret Pramuka Miring ke Kanan

Terungkap, Ini Alasannya Kenapa Topi Baret Pramuka Miring ke Kanan

Kenapa topi baret Pramuka miring ke kanan? – Sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar sampai sekarang, baru kali ini saya sadar bahwa topi baret Pramuka miring ke sebelah kanan. Sebelumnya memang tidak pernah peduli, juga tidak pernah memperhatikan letak emblem lambang Gerakan Pramuka yang dipasang di baret. Padahal saat masih sekolah dulu, baret Pramuka itu sering saya pakai.

Namun setelah melihat ada salah satu akun facebook yang menulis status mengapa baret Pramuka miring ke kanan, saya jadi ikut penasaran dan mencari tahu apa alasannya topi baret Gerakan Pramuka miring ke kanan. Kenapa tidak miring ke kiri?

kenapa baret pramuka miring ke kanan

Mengenai hal ini sebetulnya sudah saya kupas dalam postingan kemarin yang berjudul Apa Perbedaan Baret Miring ke Kanan dan Miring ke Kiri?

Dari beberapa informasi yang saya peroleh dari mbah Google, alasan topi baret Pramuka miring ke kanan adalah:

Baret yang lambangnya di sebelah kanan biasanya dipakai oleh Polisi Militer, sedangkan yang lambangnya di sebelah kiri biasa dipakai oleh tentara (TNI). Di Perancis polisi-tentara lambangnya di sebelah kanan kecuali pasukan marinir.

Baret yang miring ke kiri adalah baret yang dikenakan oleh pasukan yang memiliki tugas kemanan dan pengamanan serta penegakkan hukum seperti baret biru muda Polisi Militer (PM), baret biru tua milik Brimob, atau milik korps Reserse, emblemnya ada di sebelah kanan pemakai, dan posisi baret miring ke kiri.

Sedangkan yang miring ke kanan dipakai oleh pasukan siap tempur seperti baret merah pasukan Kopassus TNI AD, baret jingga Marinir TNI AL, baret oranye Paskhas TNI AU, baret hijau Infanteri, baret cokelat pasukan Artileri, baret hitam pasukan Kaveleri dan sebagainya. Baret-baret pasukan TNI tersebut, posisi emblem ada di kiri pemakai, dan miring ke kanan.

Lalu, Gerakan Pramuka mengacunya ke mana? ke pasukan pengamanan atau pasukan siap tempur? 

Menurut sejarah, dulunya Pramuka menjadi pasukan cadangan dalam pertempuran. Jadi Pramuka termasuk pasukan siap tempur seperti pasukan TNI. Oleh sebab itu, posisi baret Pramuka miring ke kanan.

Namun Anggota Gerakan Pramuka sendiri banyak yang belum tahu alasannya topi baret Pramuka miring ke kanan. Dan karena ketidak tahuannya, terutama pasukan siaga dan penggalang, ada yang menenakan topi baret Pramuka miring ke kiri.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Silakan bantu sebarkan!

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*