Home / Lifestyle / Jajanan Favorit Anak SD Tahun 90-an

Jajanan Favorit Anak SD Tahun 90-an

Teman-teman yang duduk di bangku Sekolah Dasar pada tahun 1990-an pasti masih ingat apa jajanan favorit kalian. Jajanan di sekolahan tahun 90-an dan tahun-tahun sebelumnya sangat beda jauh dengan jajanan zaman sekarang. Dulu jarang sekali jajanan dalam kemasan.

Meskipun jajanan anak SD tahun 1990-an terbilang kuno dan tradisional, namun sehat karena tidak mengandung zat pengawet atau pewarna tekstil seperti jajanan yang banyak beredar saat ini.

Namun hebatnya, meskipun tanpa pengawet, krupuk yang harganya cuma 50 rupiah mampu bertahan lama padahal tidak dibungkus plastik. Krupuk cuma ditusuk dengan tali bambu atau disimpan di dalam kaleng blek.

jajanan favorit anak SD tahun 90-an
Polling jajanan favorit anak SD tahun 90-an

Berdasarkan hasil polling jajanan favorit anak SD tahun 90-an yang saya lakukan di jejaring sosial Facebook beberapa waktu lalu, diperoleh hasil sebagai berikut.

Jajanan favorit anak SD tahun 90-an

  • Cangro. Singkatan dari kacang di jero dilumuri gula, rasanya manis.
  • Cimel adalah singkatan dari aci dan sambel.
  • Bala-bala, jajanan tradisional yang masih ada sampai sekarang.
  • Esrot adalah singkatan dari es diserot. Esrot adalah sejenis minuman yang dibungkus dalam plastik, namun tidak beku seperti es.
  • Cipuk yaitu aci dan krupuk yang terbuat dari tepung (aci) pohon aren.
  • Cireng, singkatan dari aci digoreng. Makanan ini masih ada sampai sekarang.
  • Comro adalah akronim dari oncom di jero, yaitu makanan yang terbuat dari parutan singkong dan oncom. Makanan tradisional ini sampai sekarang masih jadi makanan favorit orang Sunda.
  • Cilok adalah singkatan dari aci di colok, yaitu jenis jajanan anak tahun 90-an yang terbuat dari tepung aci berbentuk bulat, dilumuri bumbu kacang lalu ditusuk pakai lidi.
  • Krupuk adem ayem, merupakan krupuk murah meriah yang rasanya nikmat.
  • Esbonbon adalah jajanan sejenis permen.

Itu jajanan favorit anak SD tahun 90-an di tatar Sunda. Untuk daerah lain mungkin saja berbeda, tergantung ciri khas dan makanan tradisional masing-masing.

Jajanan zaman sekarang memang lebih modern dan dikemas dalam kemasan yang rapi dan menarik. Namun sayang, sebagian bahan-bahannya telah dicampur zat berbahaya oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar
Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *