Home / Ilmu Sipil / Inilah Jenis-Jenis Kayu yang Cepat Laku di Pasaran

Inilah Jenis-Jenis Kayu yang Cepat Laku di Pasaran

Inilah jenis-jenis kayu yang cepat laku di pasaran – Kayu merupakan hasil hutan yang sangat potensial dan memberi banyak manfaat bagi manusia. Namun sayang sekali, manusia terlalu serakah dengan menebang kayu sembarangan bahkan membakar hutan secara membabi buta tanpa memikirkan nasib generasi yang akan datang.

Mestinya, jika kita ingin panen kayu, kita harus menanam pohon di kebun sendiri atau dikenal juga dengan hutan rakyat, bukan menebang kayu di hutan lindung atau hutan milik negara.

Menanam pohon termasuk investasi jangka menengah yang cukup menjanjikan. Dengan membeli bibit kayu sekitar Rp. 2.000 – Rp. 5.000 per pohon, uang garap dan pemupukan, maka dalam 5 tahun ke depan kita bisa panen kayu dengan harga sampai ratusan ribu rupiah.

Jika teman-teman memiliki tanah darat yang cukup luas yang akan ditanami kayu, atau berencana untuk membuka toko material kayu, ada baiknya mengetahui jenis-jenis kayu yang paling laku di pasaran.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis kayu yang memiliki nilai komersial, tapi tidak semua jenis kayu tersebut laris di pasaran. Faktor penentunya bukan hanya soal harga, tapi permintaan pasar. Meskipun harga kayu tersebut murah, jika permintaan pasar sedikit tetap saja kayu tersebut akan kurang laku.

jenis kayu paling laku di pasaran

Contohnya bisa kita lihat dari kayu jati dan kayu akasia. Jika dilihat dari sisi harga, kayu akasia lebih murah dari kayu jati. Tapi kayu yang paling laris di pasaran ternyata kayu jati yang harganya lebih mahal.

Menjual kayu jati jelas jauh lebih mudah daripada menjual kayu akasia yang notabene harganya jauh lebih murah dari kayu jati. Hal ini disebabkan oleh peminat kayu jati di pasaran lebih tinggi dibanding kayu akasia.

Apalagi jenis kayu tersebut ditawarkan di daerah-daerah sentra industri furniture seperti Jepara, pasti akan cepat terjual.

Jenis-jenis kayu paling cepat laku di pasaran

Beberapa jenis kayu yang paling cepat laku di pasaran antara lain:

1. Kayu jati

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang memiliki harga sangat mahal. Namun mahalnya kayu jati tidak mengurangi minat pembeli, karena jenis kayu yang satu ini terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan tahan lama.

Di daerah-daerah pusat industri furniture seperti Jepara, kayu jati sangat laris di pasaran. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya volume kayu jati yang dikirim ke daerah ini setiap harinya.

2. Kayu mahoni

Kayu mahoni juga tergolong jenis kayu yang cepat laku di pasaran. Permintaan pasar terhadap kayu mahoni lumayan tinggi. Kayu mahoni dikenal kuat dan awet. Selain itu, harganya lebih murah dari kayu jati.

3. Kayu sengon

Kayu sengon juga termasuk jenis kayu yang cepat laku di pasaran. Kayu ini biasanya dibutuhkan oleh pabrik-pabrik pembuatan triplek dan kayu lapis. Kebutuhan pabrik terhadap jenis kayu ini sangat banyak

4. Kayu jabon

Selain kayu sengon, kayu jabon juga sangat laris di pasaran. Kayu ini sangat dibutuhkan oleh pabrik-pabrik plywood. Kebutuhan pabrik terhadap jenis kayu ini juga sangat banyak sekali.

5. Kayu kelapa

Kayu kelapa tergolong jenis kayu yang cepat laku di pasaran. Jenis kayu ini biasanya dibutuhkan oleh para pemborong bangunan atau orang-orang yang sedang membangun sebuah bangunan (gedung). Harga kayu kelapa relatif lebih murah dari jenis-jenis kayu yang telah disebutkan di atas.

6. Kayu albasiah

Kayu albasiah merupakan produk hutan rakyat yang sangat laku di pasaran. Selain dibutuhkan oleh pabrik-pabrik plywood, jenis kayu ini biasanya dibutuhkan oleh perorangan untuk bahan bangunan seperti papan, kaso, papan begisting dan sebagainya. Harga kayu albasiah relatif lebih murah, masa panennya pun lebih singkat dibanding jenis-jenis kayu yang telah disebutkan di atas. Tidak heran kalau kayu albasiah merupakan jenis kayu yang paling banyak di tanam oleh masyarakat.

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis kayu yang paling cepat laku di pasaran, lihat juga : Cara Menghitung Kubikasi Kayu Balok dan Gelondongan Paling Mudah.

Semoga informasi ini bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *