Home / Tips & Trik / Inilah 5 Tips Sukses Jualan di Facebook yang Jarang Diketahui

Inilah 5 Tips Sukses Jualan di Facebook yang Jarang Diketahui

Bila pemakaiannya tepat, Facebook bisa menjadi tempat promosi produk barang dan jasa yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, mengingat jumlah pengguna Facebook angkanya sangat luar biasa. Mulai remaja hingga orang tua rata-rata memiliki akun Facebook, bahkan anak-anak di bawah umur pun mengakali kebijakan Facebook dengan menambahkan umur saat registrasi, sehingga mereka bisa memiliki akun Facebook seperti orang dewasa.

Jika diibaratkan ke dalam dunia nyata, Facebook merupakan tempat berkumpulnya orang-orang dari segala umur, golongan, jenis kelamin, ekonomi, minat dan sebagainya. Kita jualan di tengah kerumunan itu bisa laku keras, namun juga bisa sebaliknya.

tips sukses jualan di facebook
Image: entrepreneur.com

Tips sukses jualan di Facebook

Seperti sudah disebutkan tadi, Facebook merupakan kerumunan orang. Meskipun berada di ruang yang sama, namun belum tentu saling kenal. Berikut ini tips agar sukses jualan di facebook:

1. Jalin komunikasi personal yang baik

Jangan berharap produk laku dijual di Facebook kalau Anda belum kenal dengan teman Anda. Anda tahu siapa orang yang ditambahkan menjadi teman di Facebook? Kalau belum, dia juga sama tidak kenal Anda. Lalu Anda langsung jualan di kronologi, apakah dia akan percaya dan beli begitu saja? Coba tanya pada diri Anda sendiri.

Oleh sebab itu, lebih baik add teman secara bertahap, tambahkan 1 teman lalu berkenalan dan jalin silaturahmi yang baik dan begitu seterusnya sampai Anda punya banyak kenalan baru.

Baca: Modus Penipuan via Facebook

2. Ciptakan brand image diri atau produk Anda

Dalam berdagang, pencitraan itu penting. Calon pembeli harus punya kesan baik terhadap diri Anda dan produk yang Anda tawarkan. Tunjukan bahwa diri Anda merupakan orang yang ahli dan profesional sehingga produk yang dijual merupakan produk unggulan, bukan produk barang atau jasa murahan.

3. Gunakan bahasa yang baik dan benar dalam promosi

Selain foto barang atau jasa, yang pertama kali dilihat klien adalah caption atau kalimat yang menerangkan gambar tersebut. Upayakan penulisan kata-kata ini sesuai ejaan yang disempurnakan. Kalau menggunakan bahasa ‘gaul’, penggunaan huruf dan tanda bacanya jangan sampai salah.

Hal ini penting karena calon pembeli akan menilai kalimat yang Anda tulis sebagai gambaran diri Anda.

4. Hindari iklan SPAM

SPAM adalah pesan yang tidak diinginkan, misalnya Anda sedang bicara tentang ‘apa’, tiba-tiba saya masuk di komentar dengan menulis promosi. Tidak kenal, tidak permisi, promosi, tidak nyambung lagi.. Itu namanya out of topic (OOT), alih-alih mau dapat pembeli eh malah dicaci dan jadi bahan cemoohan.

Ini paling umum terjadi. Orang jualan ‘nyepam’ di mana-mana. Padahal sebetulnya, hampir kebanyakan orang benci terhadap SPAM. Sehingga pesan SPAM tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap penjualan, justru meninggalkan kesan buruk terhadap Anda.

5. Creative posting

Postingnya jangan cuma iklan barang/jasa, variasikan dengan tips-tips atau postingan menarik agar teman Facebook Anda tertarik. Lebih bagus lagi kalau materi postingan ada hubungannya dengan produk yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda mau jualan kaus, sebaiknya tidak posting gambar kaus melulu, tapi coba buat postingan tips memilih bahan kaus yang bagus, cara merawat kaus agar tahan lama atau apa saja yang ada hubungannya dengan produk Anda.

Orang yang memiliki ketertarikan terhadap kaus, akan merapat, bertanya dan menjalin kominikasi dengan Anda. Mereka akan merasa menemukan Anda sebagai solusi.

Demikianlah 5 tips sukses jualan di Facebook yang bisa saya bagikan pagi ini. Tambahan, selain 5 tips di atas, 1 hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah do’a. Semoga tips bisnis online ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook, Klik Kalau Mau!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *