Home / Lifestyle / Inilah 3 Faktor Yang Bisa Mempengaruhi Rasa Percaya Diri Versi Ivan Gunawan

Inilah 3 Faktor Yang Bisa Mempengaruhi Rasa Percaya Diri Versi Ivan Gunawan

Percaya diri itu mudah diucapkan tapi sedikit sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya salah satu orang yang kurang percaya diri ketika bergaul atau berbicara di depan umum, karena saya sering beranggapan saya lahir di kampung, tak bisa apa-apa dan tak punya apa-apa.

Padahal kalau mengikuti kata Dr. Anies Baswedan, “lahir boleh di mana saja, tapi cita-cita harus di langit”. Jelas, meskipun lahir di kampung dan tinggal di bawah rumpun bambu, harus punya cita-cita yang tinggi, realistis dan tidak boleh minder atau rendah diri.

Islam mengajarkan rendah hati (tawadhu), bukan rendah diri (minder). Okelah, malam ini saya katakan “Saya mau dan harus punya sikap percaya diri. Selamat tinggal minder!”.

Pengertian percaya diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimiliki seseorang dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai tujuan dalam hidupnya. (Hakim, 2004:6). Pengertian kepercayaan diri dalam bahasa gaul harian, pede yang kita maksudkan adalah percaya diri. (etheses.uin-malang.ac.id)

Percaya diri dalam sikap positif dengan kadar yang wajar itu perlu, yang tidak baik adalah overconpidence atau percaya diri berlebihan sehingga menimbulkan sikap sombong dan takabur.

The overconfidence effect is a well-established bias in which a person’s subjective confidence in his or her judgments is reliably greater than the objective accuracy of those judgments, especially when confidence is relatively high. (wikipedia.org)

Inilah 3 Faktor Yang Bisa Mempengaruhi Rasa Percaya Diri Versi Ivan Gunawan
Ilustrasi Percaya Diri via theodysseyonline.com

Banyak faktor yang bisa membuat orang percaya diri. Menurut Ivan Gunawan, sedikit ada 3 faktor yang bisa menambah rasa percaya diri seseorang, yaitu:

1. Ilmu

Orang berilmu akan memiliki rasa percaya diri dibanding orang yang tidak berilmu. Contoh kecil, saat masih duduk di bangku sekolah, saya selalu memilih bangku paling belakang karena ‘takut’ ditanya atau disuruh ke depan oleh guru. Takut tersebut menandakan bahwa saya kurang percaya dengan kemampuan sendiri, merasa tidak bisa. Beda lagi dengan teman saya yang ingin selalu duduk di depan, dia merasa pede mampu menjawab dan mengerjakan tugas guru dengan baik.

Kenyataanya memang tidak semua murid yang duduk di bangku belakang karena minder, kecuali saya.

2. Pergaulan

Karena saya lahir dan besar di desa, saya terbiasa bergaul dengan wong cilik, petani dan pedagang kecil. Kalau berhadapan dengan orang-orang besar seperti pengusaha atau pejabat, saya sering merasa minder. Kata Ivan Gunawan, pergaulan seseorang akan sangat mempengaruhi rasa percaya diri. Orang yang terbiasa bergaul dengan orang-orang terkenal dan orang sukses, rasa percara dirinya akan bertambah.

3. Saldo

Memang bisa dirasakan, ketika dompet isinya cuma bon hutang, kita jadi minder padahal orang tidak tahu isi dompet kita berapa. Kata Ivan, orang yang isi dompetnya banyak, cara jalannya juga berbeda, lebih pede. Beda halnya dengan yang dompetnya tipis, jalannya aja nunduk.

Itulah 3 faktor yang bisa mempengaruhi rasa percaya diri versi Ivan Gunawan, semoga bermanfaat. Anda mau menambahkan? silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *