Home / Traveling / Info Terbaru Curug Ngebul 2 Kolam Banjarwangi Garut

Info Terbaru Curug Ngebul 2 Kolam Banjarwangi Garut

Curug Ngebul merupakan harta karun bagi Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Betapa tidak, Curug ini adalah objek wisata alam pertama yang berhasil dikembangkan di Banjarwangi. Yang menarik, di kawasan objek wisata Banjarwangi ini tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun, namun menyimpan potensi alam luar biasa yang dapat memanjakan para penggemar olahraga petualangan.

Sampai tulisan ini dimuat, spot yang dikembangkan baru sebatas air terjun, agro wisata dan penataan arena perkemahan. Selesai itu, penanggungjawab objek wisata Curug Ngebul, H. Hidayat dibantu anak-anak Jamparing berencana akan membuat arena motocross adventure, rock climbing dan wahana outbond.

Keindahan dan Daya Tarik Wisata Curug Ngebul

Curug Ngebul terdiri atas dua tahap. Air terjun pertama tingginya kurang lebih 30 meter ditampung dalam kolam pertama, kemudian air terjun kedua tingginya sekitar 5 meter dan ditampung lagi di kolam kedua selanjutnya mengalir melalui sungai kecil ke hilir.

curug-ngebul
Pemandangan Curug Ngebul dari bawah sungai

Air terjun pertama memang cukup deras sehingga menghasilkan percikan air (Basa Sunda: Kebul), kolamnya pun cukup dalam sehingga pengunjung tidak disarankan mandi di curug pertama ini. Jika ingin basah-bahasan, sebaiknya mandi di curug kedua. Aliran airnya bening dan tidak terlalu deras, kolamnya pun dangkal.

Lanskap Curug Ngebul Banjarwangi
Lanskap Curug Ngebul Banjarwangi

Curug Ngebul berada di kawasan hutan, di sekelilingnya terdapat tebing-tebing batu yang rimbun oleh pepohonan dan semak belukar. Tebing-tebing batu inilah yang kemudian akan dikembangkan untuk rock climbing. Tingkat kesulitannya pun bervariasi. Ada tebing alam untuk pemanjat profesonal, ada juga tebing untuk fun climbing.

Camping ground terletak di jalan menuju curug, sementara untuk arena motocross akan dipusatkan di puncak bukit yang lokasinya tidak jauh dari tempat parkir motor para pengunjung Curug Ngebul.

Hawa di sini sejuk, kalau sudah sore berubah menjadi dingin. Kabut tipis yang menyelimuti wilayah curug membuat suasana semakin betah. Pas banget buat bersantai melepas lelah akibat padatnya aktifitas sehari-hari.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Harga tiket masuk Curug Ngebul update terbaru September 2016 adalah Rp. 5.000 per orang ditambah parkir motor Rp. 3.000. Tempat parkir motor di sini aman. Jika ada spion atau sparepart yang hilang di lokasi parkir, pengelola menjamin akan menggantinya.

Tempat parkir wisata Curug Ngebul
Tempat parkir wisata Curug Ngebul

Sedangkan untuk mobil, sementara belum sampai ke lokasi. Di ujung jalan PNPM sudah disediakan lahan yang dapat menampung sekitar 6 mobil. Mobil sendiri sementara ini belum dikenakan tarif parkir karena fasilitasnya masih dibenahi, meskipun begitu pengelola tetap menjamin keamanan kendaraan. Mobil hanya perlu membayar portal Rp. 5.000 di pertigaan jalan Patrol. Konon portal ini sudah ada sebelum Curug Ngebul dibuka.

Tarif camping saat ini Rp. 50.000 per tenda. Jika tertarik camping di lokasi ini Anda tak perlu takut karena warga dari perkampungan terdekat siap menemani malam Anda. Mereka biasanya menginap di warung dekat curug.

Fasilitas Penunjang

warung-di-curug-ngebul
Warung di lokasi wisata Curug Ngebul
warung-curug-ngebul
Warung-warung di kawasan Curug Ngebul

Fasilitas penunjang wisata di Curug Ngebul sudah lebih baik dibandingkan saat louncing pada 21 Juni 2016. Di Curug Ngebul sekarang sudah tersedia tempat parkir, warung-warung makanan, shelter, WC umum dan mushola.

Rute & Transfortasi Menuju Lokasi

jalan-ke-curug-ngebul
Ujung jalan menuju Curug Ngebul

Dari Bandung, Bekasi, Jakarta, Tasikmalaya atau kota-kota lainnya silakan naik bus jurusan terminal Guntur Garut. Dari terminal Guntur kemudian naik elf jurusan Garut – Singajaya dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Setelah sampai di pertigaan Cigugur (gapura Selamat Datang di Kecamatan Banjarwangi), Anda bilang ke kenek atau sopir elf minta diturunkan di Rest Area Laksana Kampung Patrol.  Ongkos dari terminal Guntur ke kampung Patrol Rp. 20.000 (max Rp. 30 ribu).

Kalau membawa kendaraan pribadi, dari Maktal lurus ikuti arah jalan ke Pantai Santolo. Di kampung Cigugur (sebelum Batu Tumpang) terdapat pertigaan, ambil jalur kiri. Ikuti jalan itu, setelah kurang lebih 30 menit Anda akan menemukan Rest Area Laksana di sebelah kanan.

Di Rest Area itu Anda bisa rehat sejenak sambil menikmati teh panas atau sarapan. Menunya istimewa dan menggugah selera, harganya pun standar. Dari Rest Area maju lagi sekitar 200 meter, di situ terdapat persimpangan jalan ke arah kanan dengan ditandai adanya warung di seberah jalan. Jalannya sudah dirabat cukup baik oleh PNPM Mandiri Perdesaan, namun menjelang lokasi curug masih berbatu dan sebagian lagi masih tanah. Ini juga menjadi salah satu prioritas yang akan dibenahi oleh pengelola.

Waktu tempuh dari persimpangan jalan raya ke tempat parkir sekitar 10 – 15 menit berkendara. Di setiap pertigaan sudah dipasang plang petunjuk arah.

Dari semua dokumentasi yang diposting di sini terlihat sepi pengunjung, jangan heran karena saya sengaja datang sore sekitar jam 16.oo WIB. Tujuannya agar bisa melihat keindahan alam secara utuh.

Lokasi dan Infomasi Paket Wisata

Curug Ngebul berada di Kampung Gunungtanjung Desa Tanjungjaya Kecamatan Banjarwangi. Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi, teman (guide), penjemputan ke terminal atau paket wisata Curug Ngebul plus Wisata Banjarwangi silakan hubungi saya via laman Kontak atau facebook. Selain Curug Ngebul, Banjarwangi juga menawarkan wisata minat khusus yaitu River Tubing Bojong.

Bila Anda mengambil paket Wisata Banjarwangi yang saya dan teman-teman Jamparing tawarkan, Anda akan didrop dari terminal Guntur, welcome drink di Rest Area Laksana, river tubing Bojong, wisata Curug + camping ceria, makan malam nasi liwet, api unggun, games dan sarapan pagi di Vila Laksana Patrol.

*** Jamparing merupakan organisasi pemuda pecinta alam di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut yang derdiri pada tahun 2011. Selain aktif di daerah, Jamparing juga sering bergabung dalam kegiatan yang dilaksanakan teman-teman KPGBS dan komunitas pecinta alam lainnya.

Itulah info terbaru seputar Curug Ngebul Banjarwangi, Garut. Semoga bermanfaat, selamat berlibur!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. kang, ada no kontaknya ? mau tanya2 tg paket wisata river tubing sareng nusanesna … hatur nuhun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *