Home / Traveling / Gua Cibongas Singajaya, Objek Wisata Petualangan Bernilai Sejarah di Ujung Selatan Kabupaten Garut

Gua Cibongas Singajaya, Objek Wisata Petualangan Bernilai Sejarah di Ujung Selatan Kabupaten Garut

Gua Cibongas sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Gua ini merupakan objek wisata minat khusus yang masih terjaga dan terawat dengan baik. Lubang masuk Gua Cibongas sepintas mirip dengan Gua Jomblang di Jogjakarta. Untuk dapat menyusurinya, kita harus turun dengan menggunakan bantuan tali atau lebih dikenal dengan istilah rapelling.

Di dalam Gua Cibongas terdapat stalagmit dan stalagtit yang sudah berumur ratusan tahun, cahaya headlamp yang menerobos ke dalam gua dan menyinari air yang mengalir di stalagmit dan stalagtit menghasilkan pantulan cahaya berkilauan.

gua-cibongas-singajaya-garut

Di dalam gua juga terdapat saluran air dan ruangan berdiameter 10 meter persegi dan beberapa ruangan lain yang dihubungkan dengan lorong sempit selebar 0,25 m panjang 0,75 m.

gua-cibongas

Lokasi dan Akses Menuju Gua Cibongas

Gua ini dinamakan Gua Cibongas karena terletak di Kampung Cibongas Desa Cigintung Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Waktu tempuh dari ibukota Kabupaten Garut sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi, kalau menggunakan kendaraan umum bisa 2,5 hingga 3 jam.

Untuk menuju lokasi Gua Cibongas, dari terminal Guntur Garut ikuti jalan ke arah Pantai Santolo Pameungpeuk. Setelah lewat pasar Cikajang, tepatnya sebelum Batu Tumpang terdapat pertigaan. Di situ terdapat gapura “Selamat Datang di Kecamatan Banjarwangi”. Ikuti jalur itu (arah kiri) sampai ke terminal Singajaya. Perjalanan dilanjutkan sekitar 15 menuju lokasi Gua Cibongas.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari Jakarta atau Bandung naik bus jurusan Terminal Guntur Garut. Kemudian naik elf jurusan Singajaya, berhenti di terminal Singajaya. Dari situ Anda bisa naik ojek sampai ke lokasi gua.

Kondisi jalan dari terminal Guntur sampai ke Cigugur baik dan lebar. Dari pertigaan Cigugur ke Singajaya jalannya berkelok-belok dan naik turun. Jika membawa kendaraan pribadi Anda harus ekstra hati-hati, terutama saat melintasi tikungan karena jalannya sempit.

gua-cibongas-singajaya

Karena aksesnya yang lumayan jauh dari pusat kota, Gua Cibongas jarang dikunjungi para petualang. Namun hal ini tidak menyurutkan minat kru acara petualangan di salah satu TV swasta, “Gadis Petualang” untuk syuting di Gua Cibongas. Pada April 2012, si “Gadis Petualang” ditemani oleh sesepuh Unit SAR Kwarcab Garut dan KPA Jamparing melakukan ekspedisi sekaligus syuting di gua tersebut.

Harga Tiket

Gua Cibongas memang belum dikelola secara maksinal, sehingga retribusi masih bersifat sukarela dan dibayarkan kepada juru kunci (kuncen). Yang terbilang mahal adalah sewa peralatan rapelling dan perlengkapan caving. Pengunjung yang bukan profesional juga harus ditemani oleh guide yang paham tidak hanya rapelling, tetapi juga tahu kondisi di dalam gua.

Dari Jakarta atau Bandung jauh-jauh ke Singajaya cuma dapat susur gua? Oh, tentu tidak!

Sekitar 10 kilometer sebelum Gua Cibongas, terdapat objek wisata Curug Ngebul 2 Kolam dan River Tubing Bojong Kecamatan Banjarwangi.

Nah, untuk dapat menikmati tiga objek wisata ini sekaligus butuh waktu sedikitnya 2 hari 1 malam. Tertarik? Yuk ikut aja paket wisata Banjarwangi Adventure 2D1N; Tubing Bojong, Camping CN2K & Caving Gua Cibongas, pasti seru dan menantang!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *