Home / Blogging / 4 Faktor Utama yang Menentukan Tinggi Rendahnya Trafik Blog

4 Faktor Utama yang Menentukan Tinggi Rendahnya Trafik Blog

Faktor penentu tinggi rendahnya trafik blog memang banyak sekali, namun pada kesempatan ini saya akan coba membahas 4 faktor saja yang paling utama.

Faktor-faktor utama yang mempengaruhi sedikit banyaknya visitor blog yang akan saya uraikan di bawah ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi. Kebetulan, saya mengelola beberapa blog dengan niche berbeda-beda, masing-masing blog ternyata tidak memiliki rasio jumlah artikel : visitor yang sama meskipun jumlah artikelnya sama.

faktor penentu tinggi rendahnya trafik blog

Setelah dipelajari, yang mempengaruhi tinggi rendahnya trafik blog sedikitnya ada 4 faktor, yaitu sebagai berikut:

1. Volume Pencarian

Saya pernah menulis artikel yang tema dan timingnya tepat, sehingga dalam satu hari dari 1 artikel saja bisa mendatangkan ribuan visitor. Misalnya, ketika sedang MOS/MOPD, saya buat artikel tentang teka-teki MOS/MOPD. Itu untuk keyword musiman, sedangkan untuk keyword abadi saya memilih tema tempat wisata. Pencarian informasi tentang tempat wisata ternyata cukup stabil dan lebih banyak daripada topik tentang blogging.

Jadi, intinya untuk memperoleh jumlah pengunjung blog yang banyak, seorang blogger harus mampu mengikuti ‘permintaan pasar’. Kalau kita hanya mengikuti keinginan pribadi, akibatnya blog akan sepi pengunjung. Tidak sedikit blog yang berisi ribuan artikel tapi jumlah visitornya tidak sebanyak jumlah artikel yang dimilikinya.

2. Indexing Mesin Pencari

Indexing mesin pencari juga merupakan faktor penentu tinggi rendahnya trafik blog. Volume pencarian tinggi dan artikel bagus pun kalau belum diindex mesin pencari (misalnya: Google, Yahoo!, Bing, dll), maka blog/situs/website tersebut tidak akan ditemukan oleh pembaca.

Agar artikel cepat terindex Google, teman-teman bisa mempercepat pengindexan dengan cara submit artikel ke Google Console.

3. Posisi Blog di Mesin Pencari

Faktor penentu berikutnya adalah posisi artikel blog di halaman hasil pencarian (SERP). Artikel yang muncul di halaman pertama cenderung mendapat klik lebih banyak ketimbang artkel yang berada di halaman 2 dan seterusnya.

Yang menentukan posisi blog di halaman hasil pencarian juga banyak banyak faktornya, di antaranya yang paling berpengaruh adalah kualitas konten, SEO onpage dan SEO offpage.

4. Kwantitas konten

Terakhir, faktor penentu tinggi rendahnya trafik blog adalah kwantitas konten dalam blog tersebut. Blog yang memiliki konten lebih banyak tidak dijamin akan memiliki banyak visitor, tapi punya peluang lebih besar.

Kita bisa menggunakan faktor kali untuk hal ini, misalnya jika blog bisa mendatangkan 100 visitor dari 50 artikel, maka untuk mendapatkan 1.000 visitor kita harus menyediakan sedikitnya 500 artikel, dan seterusnya. Angka-angka ini hanya contoh, pada kenyataannya rasio bisa lebih tinggi bisa juga lebih kecil.

Sebagai informasi, trafik blog bukan hanya visitor, tapi juga termasuk page view per visit dan komentar pembaca. Intinya trafik blog merupakan keseluruhan aktifitas pembaca di dalam blog. CMIIW.

Selain faktor-faktor di atas, ada juga faktor lain yang mempengaruhi jumlah trafik blog seperti faktor kekuatan kompetitor, template yang digunakan, kualitas server hosting, pemilihan keyword, susunan kata dalam judul artikel dan sebagainya.

Itulah faktor utama yang menentukan tinggi rendahnya trafik blog, semoga bermanfaat!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

4 comments

  1. Analisanya bermanfaat kang, sebagai penggiat konten textual (blogging) tentu saja harus akrab dengan riset-meriset. Ntah itu kata kunci, kondisi blog, target pembaca dan lainnya. Saya pribadi masih sedang mendalaminya kang. Salam sukses

    • Husni Cahya Gumilar

      Terima kasih Bang Ali..
      Khusus niche blogging kita sering memberi tips bagi orang lain, sementara kita sulit meningkatkan trafik niche blogging..
      Hasil riset kecil-kecilan niche blogging kurang cocok untuk komersil..
      Semoga kita bisa belajar bareng, salam sukses!

  2. Sandi Maulana

    Bener sekali gan,, dititi inilah kreativitas seorang blogger diuji, terutama kreativitas dalam pembuatan artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *