Desa Bojong, Objek Wisata River Tubing di Selatan Kabupaten Garut

River tubing atau body rafting yaitu menyusuri sungai dengan menggunakan tubing atau ban mobil berukuran besar sambil menikmati keindahan alam. Di Garut, objek wisata river tubing yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, bahkan ke luar kota, adalah Sungai Cimanuk.

Dilansir wewengkonsumedang.com, Sungai Cimanuk berhulu di kaki Gunung Papandayan Garut pada ketinggain kurang lebih 1.200 mdpl. Sungai ini mengalir ke timur laut sepanjang 180 km, melintasi bebrapa kabupaten yaitu Garut, Sumedang, Majalengka, Cirebon dan bermuara di laut Jawa Indramayu.

Semakin ke hilir, sungai Cimanuk semakin lebar. Itu sebabnya, pada abar ke-16 muara Sungai Cimanuk menjadi salah satu pelabuhan milik Kerajaan Sunda yang paling ramai.

river tubing di garut

River Tubing Bojong via tagsecond.com

Selain sungai Cimanuk, baru-baru ini telah dibuka wisata river tubing di Banjarwangi, yaitu Sungai Leuwi Paranje Desa Bojong dan sungai Cikaengan Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.

Baca juga: Tempat river tubing di Garut yang paling seru

Secara administratif, Desa Bojong berada di wilayah Kecamatan Banjarwangi, berjarak kurang lebih 2 km dari ibukota Kecamatan. Kontur alamnya berbukit, suasana alam masih asri dan masyarakatnya dikenal ramah.

Wisata river tubing Bojong digagas oleh Kepala Desa Bojong, Iman Mulyaman. Ia mulai mengembangkan wisata minat khusus ini pada pertengahan tahun 2016. Sebelum menjadi kepala desa, Iman dikenal sebagai pendaki gunung Jamparing dan KPGBS. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan yang digelar oleh komunitas-komunitas pendaki gunung.

Sejak dibuka, wisata river tubing Bojong langsung mendapat respon positif dari para penggiat alam bebas. Komunitas-komunitas pecinta alam dari Garut Kota telah beberapa kali meluncur ke lokasi untuk memacu adrenalin di Leuwi Paranje, Bojong.

Aliran sungai Leuwi Paranje tidak jauh dari pemukiman warga. Pemandangan alam di sekitar sungai sangat indah. Hamparan sawah dan rumah-rumah warga, ditambah dengan kesejukan udara akan membuat suasana batin Anda tenang dan nyaman.

gunung-Jampang-Jayabakti-Banjarwangi

View dari Puncak Gunung Jampang

Selain wisata river tubing, di Bojong juga terdapat Gunung Jampang, yaitu dataran tinggi tempat menyaksikan panorama matahari terbit. Jadi bagi Anda yang tertarik untuk mencoba keseruan body rafting Bojong, bisa sekalian berkemah di Gunung Jampang.

Akses Menuju Lokasi Desa Bojong

jalan menuju banjarwangi garut

Jalan Banjarwangi (via Garut) dilihat dari kebun pinggiran jalan via www.imgrum.net

Bagi Anda yang ingin mencoba river tubing Bojong, Kecamatan Banjarwangi, terdapat dua jalur yang bisa Anda tempuh:

1. Dari Terminal Guntur Garut, naik elf jurusan Garut-Singajaya (+ 2 jam), berhenti di pertigaan Panyusuhan (SMPN 1 Banjarwangi) + 500 meter setelah alun-alun Banjarwangi, dari situ dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke lokasi.

2. Dari arah Tasikmalaya selatan naik elf ke Singajaya (masih jarang) via Taraju. Dari Singajaya naik elf jurusan Garut, berhenti di pertigaan Panyusuhan (sebelum alun-alun Banjarwangi). Dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke lokasi.

Dari arah Garut, sebetulnya masih ada 1 jalur via Badega – Citadar, jalannya cukup bagus namun di jalur ini tidak terdapat angkutan umum.

Demikianlah informasi objek wisata river tubing Bojong, semoga bermanfaat!

Discussion

  1. kang aef
  2. Yuri
  3. Alia
  4. body rafting pangandaran

Leave a Reply

*