Curug Muara Jaya, Tempat Wisata Alam Nan Indah di Majalengka

Curug Muara Jaya merupakan tempat wisata alam yang sangat indah di Majalengka. Curug ini berada pada aliran sungai Muara Jaya di lereng Gunung Ciremai yang juga di kenal dengan sebutan Curug Apuy. Curug ini merupakan air terjun bertingkat. Pada tingkat curug pertama yaitu jatuh pada ketinggian 60 m pada dinding tebing batu. Sementara tingkat curug kedua memiliki aliran air yang  tingginya hanya 13 meter dan berupa undakan. Jadi jumlah ketinggian curug muarajaya  atau curug Apuy keseluruhannya  sekitar 73 m.

Lokasi Curug Muara Jaya (Curug Apuy)

Tempat wisata Curug Muara Jaya berada di Majalengka, tepatnya di kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat. Jarak dari kota Majalengka sendiri sekitar 21 km. Jika menggunakan sepeda motor maka  jarak  akan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 40-60 menit tergantung pengemudinya.

Rute dan Transportasi Menuju Curug Muara Jaya

Untuk menempuh ke tempat wisata curug bisa dengan menggunakan kendaraan bermotor dan mobil pribadi, jik sudah berada dikota Majalengka, rute menuju maja yakni kota kecil sebagai  pusat sayuran di Majalengka, lalu dilanjutkan ke desa Arga Lingga.

Jalan menuju ke area Curug Muara Jaya cukup sempit, naik turun dan berkelok  maka dari itu selalu berhati-hati ketika mengendarai kendaraan baik motor maupun mobil. Dari tempat parkir pengunjung akan berjalan sekitar 300 m untuk mencapai Curug Muara Jaya dan akan menuruni anak tangga tetapi jangan hawatir karena tersedia tempat untuk beristirahat apabila kelelahan di perjalanan  dan tersedia juga warung-warung warga sekitar.

Curug Muara Jaya Majalengka

Fasilitas/ Wahana Permainan

Curug Muara Jaya memiliki fasilitas yang memadai yaitu area parkir, toilet, musola, kantin, warung-warung makanan ringan juga minuman ringan untuk memanjakan perut pengunjung, tempat bermain untuk anak anak, juga tempat berkemah, pendopo dan bale pertemuan.

Harga Tiket Masuk Curug Muara Jaya

Untuk masuk ke kawasan objek wisata, para pengunjung diharuskan membeli tiket masuk. Harga tiket masuk Curug Muara Jaya ini sekitar Rp. 6000 rupiah per orang untuk dewasa, untuk anak kecil Rp. 3000  dan biaya parkir kendaraan  motor Rp. 2.000. Dan jika ingin berkemah di camping ground yang berada tidak jauh dari air terjun, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 3.500 per orang.

Harga tiket dan harga parkir mungkin akan mengalami perubahan sesuai kebijakan pengelola.

Kegiatan yang dapat dilakukan

Selain menikmati indahnya Curug Muara Jaya yang memukau dan dinginnya air terjun, di sini juga dapat merasakan udara yang sejuk dengan hamparan sayur mayur dan pohon Kesemek yang menjadi daya tarik bagi peminat wisata alam lainnya.

Kawasan ini merupakan jalur alternatif pendakian ke puncak Gunung Ciremai. Kita dapat melakukan perkemahan, pepohonan sekitar yang rindang membuat suasana berkemah menjadi lebih seru.

Demikianlah ulasan singkat objek wisata Curug Muara Jaya Majalengka, selamat berlibur!

By: Sa’adah Ze

Discussion

  1. Kang Aef

Leave a Reply

*