Home / Review / Cinta Produk Lokal? Ayo Kerja Nyata Bersama MatahariMall.com Aja!

Cinta Produk Lokal? Ayo Kerja Nyata Bersama MatahariMall.com Aja!

Pernah dengar lagunya Koes Plus yang berjudul Kolam Susu? Dalam lagu itu tanah air kita diibaratkan tanah surga sehingga tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Artinya Indonesia memang sangat subur dan punya kekayaan alam yang melimpah.

Susah sih buat nyari negara yang kaya seperti Indonesia, sampai negara asing pun banyak yang tertarik berinvestasi di negara kita. Hebatnya lagi, Indonesia punya banyak produk lokal yang go internasional padahal pembuatannya manual dan menggunakan bahan alam seperti batik, tenun, kerajinan kulit, wayang dan lan-lain. Di Google juga banyak info tentang produk-produk asli Indonesia yang mendunia dan disangka buatan luar negeri.

Jadi enggak ada alasan lagi buat kita untuk tidak bangga dengan Indonesia. Sudah sepantasnya kita mencintai dan menggunakan produk-produk bangsa sendiri. Orang luar negeri aja beli produk Indonesia, masa kita enggak.

Cinta produk lokal merupakan suatu keniscayaan bagi warga negara Indonesia. Sekarang bukan zamannya lagi banyak bicara teori, “Cinta Produk Lokal” sejatinya bukan sekadar slogan atau untuk pencitraan belaka, melainkan harus dibuktikan. Misalnya dengan membeli dan menggunakan produk-produk Indonesia.

Dilansir Antara, Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah mengatakan bahwa mencintai dan menggunakan produk dalam negeri merupakan suatu keharusan. Bila tidak, Indonesia tidak akan maju karena industri bangsa kita tidak akan mampu bersaing di segmen besar maupun menengah.

Menurut hemat saya, memakai produk buatan Indonesia merupakan salah satu bukti konkrit bahwa kita mencintai negeri ini. “NKRI harga mati” memang sudah tidak bisa ditawar lagi, tetapi pekikan itu saja belum cukup untuk membangun kembali rasa nasionalisme yang semakin memudar. Indonesia butuh kerja nyata, sebagaimana tersurat dalam logo HUT ke-71 RI, “71 Tahun Indonesia Kerja Nyata”.

Cinta Produk Lokal Ayo Kerja Nyata Bersama MatahariMallcom Aja
Source: www.setneg.go.id

Pada 17 Agustus 2016 lalu, seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-71 dengan mengusung tema “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional  Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera.

Tepat di hari ulang tahun kemerdekaan ke-71, Owi dan Butet berhasil mempersembahkan medali emas dari cabang bulu tangkis pada Olimpiade Rio 2016 sehingga sang Merah Putih berkibar di Brazil diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disaksikan oleh ratusan juta pasang mata dari berbagai belahan negara di seluruh dunia. Prestasi ini membuat Indonesia bangga.

Saya juga ingin mengajak Anda flashback ke bulan April 2016 lalu, Kemendag menggelar jalan sehat sebagai rangkaian dari perayaan Hari Konsumen Nasional. Dalam kegiatan tersebut, dilansir liputan6, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Syahrul Mamma mengatakan, Hari Konsumen Nasional tahun ini mengangkat tema Gerakan Konsumen Cerdas Mandiri dan Cinta Produk dalam Negeri.

Lagi-lagi Cinta Produk Dalam Negeri. Oleh sebab itu, sebagai warga negara yang baik marilah kita cintai dan gunakan produk lokal dan mulai kerja nyata agar Indonesia Bangga.

Bikin Indonesia Bangga bersama Matahari Mall
Matahari Mall Sapa UMKM Makassar Lewat Program Edukasi JOA via news.babe.co.id

Pemerintah telah beberapa kali menyeru untuk mencintai produk dalam negeri. Namun masih banyak masyarakat kita yang menggunakan produk luar negeri, terutama fashion dengan alasan prestige.

Manfaat Mencintai Produk Lokal

Padahal menggunakan produk lokal banyak manfaatnya lho! Apa saja sih manfaat cinta produk dalam negeri? Berikut ini rangkuman yang saya kutip dari anaklazimplg.wordpress.com.

  • Produksi dalam negri meningkat
  • Menambah besar skala usaha dalam negri
  • Menambah jumlah investasi di Indonesia dan meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan
  • Mengurangi angka kemiskinan dan angka kriminalitas
  • Menambah jumlah pendapatan nasional
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pusat Perbelanjaan Produk-Produk Lokal

Pertanyaannya sekarang, di mana kita bisa mendapatkan produk lokal?

Dari Sabang sampai Merauke banyak UMKM yang mampu menghasilkan produk-produk lokal kualitas global. Namun agak susah bagi kita kalau harus mendatangi UMKM satu per satu atau harus mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan dari Sabang sampai Merauke.

Solusinya adalah menggunakan teknologi canggih. Yap, belanja online! Untuk tempat belanja online yang paling recomended adalah MatahariMall.com aja!

Cinta Produk Lokal Ayo Kerja Nyata Bersama MatahariMallcom
Source: MatahariMall.com

Kenapa MatahariMall.com?

Pertanyaan yang sangat cerdas. Baik, saya akan coba jelaskan kenapa memilih MatahariMall.com. Cekidot!

=> Situs Belanja Online No. #1 dan Terbesar di Indonesia

MatahariMall.com adalah situs belanja online No. #1 dan terbesar di Indonesia yang menawarkan ratusan ribu produk. Anda bisa pilih produk apapun tanpa harus takut tertipu, secara MatahariMall bukan toko online abal-abal.

=> Kemudahan & Kenyamanan Bertransaksi

Transaksi di MatahariMall.com sangat aman dan mudah. Pembayarannya bisa transfer antar bank, kartu kredit dengan cicilan 0%, O2O (Online-to-Offline), COD (Cash On Delivery), dan metode lainnya.

=> Sistem Belanja Online to Offline (O2O)

MatahariMall.com punya sistem belanja Online to Offline (O2O) yang tidak dimiliki toko online manapun. Dengan O2O Anda dapat membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di ratusan lokasi di seluruh Indonesia.

=> Spesial Promo Belanja Murah

Hanya MatahariMall.com yang selalu memberikan penawaran spesial. Tiap hari pasti ada discon gede-gedean.

Anda juga bisa langsung mendapatkan voucher belanja online murah secara gratis saat mendaftar.

Ayo Kerja Nyata Bersama MatahariMall.com Aja!

Cinta Produk Lokal Ayo Kerja Nyata Bersama MatahariMall Aja
Source: MatahariMall.com

Apa sih hubungannya Cinta Produk Lokal, Kerja Nyata dan MatahariMall.com?

Oke. Begini, MatariMall.com merupakan situs belanja online No. #1 dan terbesar di Indonesia. MatahariMall.com menyediakan ratusan ribu pilihan produk dengan harga terbaik dari segala kebutuhan.

Sebagai salah satu ecommerce lokal, MatahariMall.com bisa menjadi salah satu alternatif berjualan para UMKM dan dapat menjadi sarana penyebaran penjualan yang sudah menyasar ke hampir 97% kota di Indonesia (sumber: Merdeka.com).

Kerja nyatanya apa?

MatahariMall.com bukan sekadar situs belanja online No. #1 dan terbesar di Indonesia, Matahari Mall memiliki program Jual Online Aja! dan Affiliate Aja!

1) Jual Online Aja (JOA) Bersama Matahari Mall

Kerja nyata MatahariMall.com memang bukan omong kosong. MatahariMall.com memiliki program Jual Online Aja (JOA) yang dibagi menjadi tiga, yakni edukasi, inkubasi dan promosi.

Dilansir Merdeka.com, program Jual Online Aja (JOA) MatahariMall.com yang diinisasi pada November 2015 telah mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal untuk berjualan secara online. JOA juga sudah diperkenalkan melalui agenda roadshow seminar dan workshop yang bertemakan “Go Online for Better UKM”.

JOA Matahari Mall
Ruby Adityawarman selaku SME Development Manager, ayo majukan UKM! via twitter.com

Kota-kota yang sudah tersentuh program JOA antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Tangerang, Medan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Lampung, Solo, Cirebon, Malang, Palembang, Balikpapan, Manado, Cirebon, Magelang, Bogor dan Bekasi (sumber: Beritasatu.com). Pada pertengahan Agustus 2016 ini, MatahariMall.com juga singgah ke Garut, kota tercinta tempat lahir beta. He..

Di Kabupaten Garut sendiri memang banyak UMKM yang menghasilkan produk lokal kualitas global, seperti aneka kerajinan kulit Sukaregang, akar wangi, dodol dan produk lainnya.

Dengan adanya program JOA, para pelaku UMKM tidak perlu bingung menjual produknya karena bisa berjualan di MatahariMall.com. Jualan Anda akan semakin laris karena MatahariMall.com sudah punya ratusan ribu pengunjung setiap harinya dan didukung oleh sistem transaksi yang modern.

So, kalau UKM Anda mau cepat berkembang, jual online aja di MatahariMall.com.

2) MatahariMall.com Affiliate Aja! (MMAAja)

Selain Program JOA yang telah sukses membawa lebih dari 510 UKM yang berjualan produk asli buatan sendiri dengan lebih dari 2500 SKU yang dilisting di laman MatahariMall.com (source), masih ada satu lagi yang bisa Anda lakukan bersama Matahari Mall, yakni Matahari Mall Affiliate Aja!

MatahariMall Affiliate Program adalah kesempatan emas bagi para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya. Cara kerjanya hanya menawarkan produk-produk MatahariMall.com melalui banner atau textlink. So, bila Anda punya blog (website), jangan dianggurin, segera daftar affiliate MatahariMall.com agar blog Anda bisa menghasilkan pasive income.

Baca juga: Cara Daftar Affiliate MatahariMall.com, Lengkap!

Gathering Blogger Garut Mataharimall
Blogger Sharing oleh mastah Jimmy Ahyari

Sebuah kehormatan, pada tanggal 12 Agustus 2016 kemarin saya mendapat undangan dari MatahariMall.com untuk mengikuti acara Gathering Smart Income Through Affiliate Marketing di Kampung Sampireun Garut.

Acaranya seru banget, saya bisa bertemu dengan teman-teman sesama blogger Garut, menimba ilmu dari SEO expert MatahariMall.com dan nambah ilmu buat monetisasi blog lewat affiliate marketing. Terima kasih MatahariMall.com!

Cara Kerja MatahariMall Affiliate Program

Program affiliasi sebetulnya termasuk cara paling mudah menghasilkan uang dari blog. Syaratnya pun tidak ribet, yakni punya blog aktif lalu registrasi Affiliate MatahariMall.com gratis.

Berikut ini step by step cara kerja MatahariMall Affiliate Program:

Cara kerja matahari mall affiliate aja
Source: MatahariMall.com

Agar banyak pengunjung yang membeli produk MatahariMall.com dari banner/ textlink affiliate Anda, yaa Anda harus rajin posting artikel yang berguna dan relevan dengan produk yang ditawarkan, kemudian sisipkan link referal ke MatahariMall.com.

Pentingkah mengikuti program affiliasi di MatahariMall? Simak ini…

Alasan Mengikuti MatahariMall Affiliate Program

a. Gratis Biaya Pendaftaran

Pendaftaran affiliate MatahariMall.com 100% gratis jadi Anda bisa dapat uang tanpa harus keluar modal.

b. Komisi + Bonus Menarik

Komisinya gede, yaitu 3%-10%, kecuali motor dan mobil 1%.

c. Cookie 30 hari

Cookie akan disimpan hingga 30 hari setelah mengklik banner atau link referal di website Anda. Misalnya, si A mengeklik link referal di website Anda namun saat itu si A tidak membeli produk apapun di MatahariMall.com. Beberapa hari kemudian si A membeli produk di Matahari Mall (baik masuk langsung lewat URL, iklan AdSense atau Facebook Ads), maka Anda tetap mendapat komisi affiliate.

d. Dashboard Mudah Digunakan

Dashboardnya mudah digunakan dan dilengkapi tutorial yang mudah dipahami.

e. Dukungan Profesional

Ada pertanyaan? Anda dapat menghubungi tim MatahariMall.com 5 hari dalam seminggu mulai hari Senin sampai Jumat pukul 08:00 – 17:00.

f. Laporan Instan

Komisi affiliasi dapat dipantau selama 24 jam dan transparan.

g. Media Promosi Variatif

Anda bisa promosi menggunakan textlink, deeplink atau banner dengan berbagai design dan ukuran yang sesuai dengan kondisi blog Anda.

h. Non-Stop Promo

Setiap hari ada promo, jadi Anda bisa lebih percaya diri menawarkan produk MatahariMall.com.

i. Komisi Cepat Cair

Ini yang bikin kita senang. Komisi bisa cair tanggal 15 setiap bulannya dengan jumlah penarikan minimal Rp 250.000. Jika ada sebagian pesanan yang dibatalkan, pihak MatahariMall tetap membayarkan komisi sesuai dengan laporan pada dashboard MatahariMall Affiliate Program. Enak banget, tak ada resiko sama sekali.

Biasanya ada 1 hal yang sering ditanyakan oleh para blogger, terutama publisher Google AdSense. Apakah program affiliate boleh disandingkan dengan Google AdSense? Jabawannya singkat saja, boleh & aman asal produknya bukan barang terlarang dan pasang bannernya tidak berlebihan. Cara menyiasatinya adalah dengan membuat review dan menebar textlink referal dalam artikel-artikel yang relevan dengan produk.

Sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya ingin mengajak Anda untuk membuat Indonesia bangga. Caranya sederhana, cintai dan gunakan produk-produk dalam negeri. Tak usah bingung nyari produknya di mana, beli aja di MatahariMall.com, semua ada semua belanja!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

6 comments

  1. Beli lagi Indonesia…. Cintai produk kita.. Mantap kang inspirasina.. Di sharing langkah2na janten affiliaterna matahari kumaha wae tah.. Diantos ulasanna..

  2. Sangat bagus program afiliasinya sehingga memberikan peluang pada seorang internet mrketing untuk ikut berkontribusi pngenalan trhdp msyarkat lokal untuk mencintai produk2 lokal yaitu produk indonesia..

    • Husni Cahya Gumilar

      Yap, bener banget. Affiliate MatahariMall bisa ngasih beberapa manfaat sekaligus: passive income untuk blogger, meningkatkan UMKM, mendorong kita untuk menggunakan produk lokal dan masih banyak lagi.

  3. Uhuiiii, keren nih juara, selamat yaaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *