Cara Mudah Mengetahui Propagasi DNS Sudah Selesai Atau Belum

Bagi teman-teman blogger yang sedang atau sudah memindahkan server hosting antar cPanel dari server lama ke server baru pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah propagasi DNS. Namun setelah mengganti NS di member area registrar lama ke NS server baru, kadang kita butuh kepastian apakah proses propagasi DNS sudah berhasil atau belum?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya akan sedikit jelaskan dulu apa itu DNS dan propagasi DNS, siapa tahu ada teman-teman yang butuh informasi mengenai pengertian DNS dan propagasi DNS.

propagasi DNS sudah selesai atau belum

Pengertian DNS

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya Internet.

DNS (Domain Name System) juga memiliki arti untuk mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik dalam suatu jaringan Internet yang menggunakan bantuan sistem protokol internet adress untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan begitu juga sebaliknya.

DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia.

Pengertian propagasi DNS

Informasi yang menyangkut letak suatu homepage/domain tercatat pada tabel DNS atau nama server. Record ini diperbarui setiap Internet Service Provider (ISP) untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan atau tambahan informasi pada lokasi homepage tersebut. Perubahan dari record tersebut yang dinamakan propagasi.

Proses pindah server hosting antar cPanel

Langkah-langkah pindah server hosting antar cPanel adalah:

1. Download full backup data di cPanel server lama

2. Ekspor database di php my admin pada cPanel server lama ke komputer

3. Buat addon domain di cpanel server baru

4. Upload data full backup dari server lama ke cPanel server baru (polder zip poin 1)

5. Impor database di php my admin dari komputer (file poin 2)

6. Edit nama database, nama user dan password di wp-config.php server baru

7. Login ke member area registrar domain

8. Ganti nama server dari default ke nama server hosting baru (contoh untuk DNS MetroWorldHost adalah dns1.mwh.asia dan dns2.mwh.asia).

9. Tunggu sampai proses propagasi DNS selesai. Web Anda masih bisa diakses, namun databasenya masih terkait ke database lama di cPanel server lama.

Propagasi DNS biasanya memakan  waktu selama 24-72 jam. Selama periode propagasi ini, ada kemungkinan bahwa pengunjung yang ingin mengunjungi situs anda akan masuk pada site lain (situs anda yang baru di server baru atau yang lama di server sebelumnya). Setelah ini semua proses perpindahan telah selesai dan informasi telah lengkap maka proses transfer telah selesai.

Setelah itu domain anda akan segera dapat diakses. Biasanya hal ini terjadi apabila anda mengubah nameserver pada domain anda sehingga membutuhkan proses.

Cara mengetahui propagasi DNS sudah selesai atau belum (tanpa tool)

Trik yang saya share ini adalah cara paling mudah dan tidak perlu tool untuk mengetahui apakah propagasi sudah berhasil atau belum.

Caranya adalah buat file txt dimana Anda menemukan wp-config pada cPanel lama, misalnya tes.txt, lalu edit isinya. Misalnya: “blog ini masih dihostingkan di server lama”.

Kemudian buat lagi file txt dimana Anda menemukan wp-config.php pada cPanel server baru dengan nama file yang sama yaitu tes.txt, lalau edit isinya menjadi “blog ini sudah pindah server” atau terserah Anda.

Untuk mengecek propagasi DNS sudah selesai atau belum, Anda tinggal mengetik http://namadomain.com/tes.txt di browser. File yang muncul, yang mana?

Atau bisa juga membuat file .txt di salah satu cPanel saja, mau di server lama atau server baru. Nanti hasilnya akan kelihatan dari http://namadomain.com/tes.txt.

Mudah kan?

Baca juga : Kabar Gembira! MetroWorldHost.com Membuka Program Sponsorship Untuk Blogger Indonesia

Selamat mencoba, semoga pindah servernya berhasil.

Discussion

  1. dewi

Leave a Reply

*